10 keutamaan bulan muharram, pahala dan ampunan berlipat ganda

Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang penuh berkah dalam kalender Islam. Dalam bulan ini, terdapat sejumlah keutamaan dan amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 10 keutamaan bulan Muharram yang patut Anda ketahui. Dengan memahami keutamaan-keutamaan ini, Anda dapat memperoleh manfaat dan berkah yang lebih besar dari bulan ini.

1. Keutamaan Bulan Muharram sebagai Bulan Suci

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, bersama dengan Rajab, Dzul Qa’dah, dan Dzul Hijjah.

Dalam bulan ini, segala bentuk perbuatan yang dilarang oleh agama Islam menjadi lebih ditekankan untuk dihindari. Amalan kebaikan yang dilakukan pada bulan ini juga memiliki nilai pahala yang lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

2. Keutamaan Puasa di Hari Asyura

Salah satu keutamaan bulan Muharram yang terkenal adalah puasa di hari Asyura. Puasa ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan dimulai pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Puasa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu, mendapatkan pahala yang besar, serta mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

3. Keutamaan Mengamalkan Salat Tasbih

Salat Tasbih adalah salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Muharram. Salat ini dilakukan dengan cara membaca dzikir tasbih sebanyak 75 kali setiap rakaatnya. Dengan mengamalkan salat tasbih, kita dapat mendapatkan keutamaan berupa pengampunan dosa, keselamatan dari bencana, serta mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Keutamaan Berinfaq di Bulan Muharram

Salah satu keutamaan bulan Muharram adalah amalan berinfaq. Membantu sesama dan memberikan sedekah pada bulan ini memiliki nilai yang sangat besar. Setiap amalan kebaikan yang dilakukan pada bulan Muharram akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk dalam hal berinfaq. Infaq yang diberikan pada bulan ini dianggap memiliki keberkahan yang lebih daripada bulan-bulan lainnya.

Baca Juga :   Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan

2. Keutamaan Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Muharram. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan hubungan kita dengan kitab suci Allah SWT. Membaca Al-Quran pada bulan Muharram akan memberikan pahala yang besar, membersihkan hati, serta mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Keutamaan Berdoa dan Memohon Ampunan

Bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Dalam bulan ini, Allah SWT sangat dekat dengan hamba-Nya yang berdoa dengan ikhlas. Memohon ampunan dan berdoa pada bulan ini dapat menghapuskan dosa-dosa kita, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, serta mendapatkan berkah dalam kehidupan sehari-hari.

4. Keutamaan Melakukan Ibadah Haji dan Umrah

Bulan Muharram juga merupakan bulan yang baik untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Meskipun ibadah haji umumnya dilakukan pada bulan Dzul Hijjah, ibadah haji dan umrah pada bulan Muharram juga mendapatkan keutamaan yang besar. Melakukan ibadah haji dan umrah pada bulan ini akan memberikan pahala yang besar dan mendatangkan berkah dalam kehidupan kita.

5. Keutamaan Menjadi Lebih Ikhlas

Bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan ikhlas dalam beribadah. Kehadiran bulan Muharram mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT dan pentingnya beribadah dengan tulus ikhlas. Dengan meningkatkan ikhlas dalam beribadah pada bulan ini, kita dapat mendapatkan keutamaan berupa pahala yang besar, keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Keutamaan Mengingat Kematian

Bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan kematian. Merenungkan kematian dapat mengingatkan kita akan kefanaan dunia ini dan pentingnya mempersiapkan diri untuk akhirat. Dengan mengingat kematian pada bulan ini, kita dapat memperbaiki diri, meningkatkan amal ibadah, serta mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Amalan Bulan Puasa

7. Keutamaan Meningkatkan Kebaikan

Meningkatkan kebaikan adalah salah satu keutamaan bulan Muharram yang perlu kita perhatikan. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kebaikan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan meningkatkan kebaikan pada bulan Muharram, kita akan mendapatkan pahala yang besar, mendapatkan berkah dalam kehidupan sehari-hari, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

8. Keutamaan Memperbanyak Dzikir

Bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak dzikir. Dzikir adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan memperbanyak dzikir pada bulan ini, kita dapat mendapatkan keutamaan berupa pahala yang besar, kedamaian dalam hati, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

9. Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Membaca shalawat Nabi merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Muharram. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca shalawat Nabi pada bulan Muharram akan mendatangkan keutamaan berupa pahala yang besar, mendapatkan syafaat dari Nabi, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

10. Keutamaan Meningkatkan Iman dan Taqwa

Keutamaan terakhir yang perlu kita perhatikan dalam bulan Muharram adalah meningkatkan iman dan taqwa. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, meningkatkan iman, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan meningkatkan iman dan taqwa pada bulan ini, kita akan mendapatkan keutamaan berupa pahala yang besar, keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, serta mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Demikianlah 10 keutamaan bulan Muharram yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami dan mengamalkan keutamaan-keutamaan ini, kita dapat memperoleh manfaat dan berkah yang besar dari bulan suci ini. Mari kita manfaatkan bulan Muharram dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan pada bulan ini. Aamiin.

Baca Juga :   Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah

Originally posted 2024-01-17 19:14:00.