Bagaimana Mendapatkan Beasiswa Bank BTN: Tips dan Strategi Sukses


Bagaimana Mendapatkan Beasiswa Bank BTN: Tips dan Strategi Sukses

Beasiswa Bank BTN merupakan program bantuan pendidikan yang diberikan oleh Bank BTN kepada pelajar berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk tunai untuk membantu biaya pendidikan, seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, dan biaya hidup.

Program beasiswa ini sangat bermanfaat bagi pelajar karena dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan. Selain itu, beasiswa ini juga dapat memotivasi pelajar untuk terus berprestasi di bidang akademik. Beasiswa Bank BTN pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 dan hingga saat ini telah diberikan kepada ribuan pelajar di seluruh Indonesia.

Berikut adalah beberapa topik yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Syarat dan ketentuan beasiswa Bank BTN
  • Cara mendaftar beasiswa Bank BTN
  • Tips mendapatkan beasiswa Bank BTN

Beasiswa Bank BTN

Beasiswa Bank BTN merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada pelajar yang kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa ini sangat penting karena dapat membantu meringankan biaya pendidikan dan memotivasi pelajar untuk terus berprestasi.

  • Syarat dan ketentuan
  • Cara pendaftaran
  • Jenis beasiswa
  • Besaran beasiswa
  • Jangka waktu beasiswa
  • Tata cara pengajuan
  • Seleksi penerima
  • Kewajiban penerima
  • Sanksi pelanggaran
  • Pengaduan

Kesepuluh aspek tersebut merupakan hal-hal penting yang perlu diketahui oleh calon penerima beasiswa Bank BTN. Dengan memahami aspek-aspek tersebut, calon penerima dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Syarat dan ketentuan

Syarat dan ketentuan merupakan hal yang sangat penting dalam beasiswa Bank BTN. Setiap calon penerima beasiswa wajib untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank BTN. Jika tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, maka calon penerima beasiswa tidak akan dapat menerima beasiswa.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa Bank BTN adalah memiliki prestasi akademik yang baik. Calon penerima beasiswa harus memiliki nilai rata-rata minimal 80 pada semester sebelumnya. Selain itu, calon penerima beasiswa juga tidak boleh pernah melakukan pelanggaran disiplin selama berada di sekolah atau universitas.

Syarat dan ketentuan beasiswa Bank BTN juga mengatur tentang tata cara pengajuan beasiswa. Calon penerima beasiswa harus mengajukan beasiswa melalui website resmi Bank BTN. Calon penerima beasiswa juga harus melengkapi semua dokumen yang diperlukan, seperti transkrip nilai, surat keterangan tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin, dan surat rekomendasi dari sekolah atau universitas.

Memahami syarat dan ketentuan beasiswa Bank BTN sangat penting bagi calon penerima beasiswa. Dengan memahami syarat dan ketentuan beasiswa, calon penerima beasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Cara pendaftaran

Cara pendaftaran merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh calon penerima beasiswa Bank BTN. Dengan memahami cara pendaftaran, calon penerima beasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

  • Waktu pendaftaran

    Waktu pendaftaran beasiswa Bank BTN biasanya dibuka pada bulan Januari-Februari setiap tahunnya. Calon penerima beasiswa harus memperhatikan waktu pendaftaran agar tidak terlewat.

  • Persyaratan pendaftaran

    Sebelum mendaftar beasiswa Bank BTN, calon penerima beasiswa harus memastikan bahwa dirinya telah memenuhi persyaratan pendaftaran. Persyaratan pendaftaran dapat dilihat pada website resmi Bank BTN.

  • Dokumen pendaftaran

    Calon penerima beasiswa harus melengkapi dokumen pendaftaran yang diperlukan, seperti transkrip nilai, surat keterangan tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin, dan surat rekomendasi dari sekolah atau universitas.

  • Tata cara pendaftaran

    Calon penerima beasiswa harus mendaftar beasiswa melalui website resmi Bank BTN. Setelah mendaftar, calon penerima beasiswa akan mendapatkan nomor pendaftaran yang dapat digunakan untuk memantau status pendaftaran.

Memahami cara pendaftaran beasiswa Bank BTN sangat penting bagi calon penerima beasiswa. Dengan memahami cara pendaftaran, calon penerima beasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Jenis beasiswa

Jenis beasiswa merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Beasiswa Bank BTN memiliki berbagai jenis beasiswa yang dapat dipilih oleh calon penerima beasiswa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

  • Beasiswa prestasi

    Beasiswa prestasi diberikan kepada calon penerima beasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik. Calon penerima beasiswa harus memiliki nilai rata-rata minimal 80 pada semester sebelumnya.

  • Beasiswa kurang mampu

    Beasiswa kurang mampu diberikan kepada calon penerima beasiswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu. Calon penerima beasiswa harus dapat membuktikan kondisi ekonomi keluarganya dengan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa.

  • Beasiswa daerah tertinggal

    Beasiswa daerah tertinggal diberikan kepada calon penerima beasiswa yang berasal dari daerah tertinggal. Calon penerima beasiswa harus dapat membuktikan bahwa dirinya berasal dari daerah tertinggal dengan surat keterangan dari kepala daerah.

  • Beasiswa afirmasi

    Beasiswa afirmasi diberikan kepada calon penerima beasiswa dari kelompok tertentu, seperti penyandang disabilitas, perempuan, dan masyarakat adat. Calon penerima beasiswa harus dapat membuktikan bahwa dirinya termasuk dalam kelompok tertentu dengan surat keterangan dari lembaga terkait.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Beasiswa New Zealand untuk Pelajar Indonesia

Jenis beasiswa yang beragam ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi calon penerima beasiswa dari berbagai latar belakang untuk mendapatkan beasiswa Bank BTN. Dengan memahami jenis beasiswa yang tersedia, calon penerima beasiswa dapat memilih jenis beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Besaran beasiswa

Besaran beasiswa merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Besaran beasiswa yang diberikan oleh Bank BTN bervariasi tergantung pada jenis beasiswa dan tingkat pendidikan penerima beasiswa.

  • Besaran beasiswa prestasi

    Besaran beasiswa prestasi diberikan berdasarkan prestasi akademik penerima beasiswa. Semakin tinggi prestasi akademik penerima beasiswa, maka semakin besar pula besaran beasiswa yang akan diterima.

  • Besaran beasiswa kurang mampu

    Besaran beasiswa kurang mampu diberikan berdasarkan kondisi ekonomi keluarga penerima beasiswa. Semakin rendah kondisi ekonomi keluarga penerima beasiswa, maka semakin besar pula besaran beasiswa yang akan diterima.

  • Besaran beasiswa daerah tertinggal

    Besaran beasiswa daerah tertinggal diberikan berdasarkan daerah asal penerima beasiswa. Semakin tertinggal daerah asal penerima beasiswa, maka semakin besar pula besaran beasiswa yang akan diterima.

  • Besaran beasiswa afirmasi

    Besaran beasiswa afirmasi diberikan berdasarkan kelompok tertentu yang menjadi penerima beasiswa. Semakin rentan kelompok penerima beasiswa, maka semakin besar pula besaran beasiswa yang akan diterima.

Besaran beasiswa yang diberikan oleh Bank BTN cukup besar dan dapat membantu meringankan biaya pendidikan penerima beasiswa. Selain itu, besaran beasiswa yang diberikan juga adil dan sesuai dengan kebutuhan penerima beasiswa.

Jangka waktu beasiswa

Jangka waktu beasiswa merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Jangka waktu beasiswa menentukan berapa lama penerima beasiswa akan menerima bantuan biaya pendidikan dari Bank BTN.

  • Masa studi

    Jangka waktu beasiswa biasanya disesuaikan dengan masa studi penerima beasiswa. Untuk program sarjana, jangka waktu beasiswa biasanya 4 tahun, sedangkan untuk program magister dan doktoral biasanya 2 tahun.

  • Prestasi akademik

    Jangka waktu beasiswa juga dapat dipengaruhi oleh prestasi akademik penerima beasiswa. Jika penerima beasiswa memiliki prestasi akademik yang baik, maka jangka waktu beasiswa dapat diperpanjang.

  • Pelanggaran disiplin

    Pelanggaran disiplin dapat menyebabkan jangka waktu beasiswa dihentikan. Oleh karena itu, penerima beasiswa harus selalu menjaga sikap dan perilaku yang baik selama menerima beasiswa.

  • Kebutuhan khusus

    Bagi penerima beasiswa yang memiliki kebutuhan khusus, seperti penyandang disabilitas, jangka waktu beasiswa dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memahami jangka waktu beasiswa, penerima beasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memanfaatkan beasiswa secara optimal. Jangka waktu beasiswa yang jelas dan transparan juga dapat membantu penerima beasiswa dalam mengatur keuangan dan pendidikan mereka.

Tata cara pengajuan

Tata cara pengajuan merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Calon penerima beasiswa harus memperhatikan tata cara pengajuan agar dapat mengajukan beasiswa dengan baik dan benar.

  • Persyaratan

    Calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Bank BTN. Persyaratan tersebut meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus sesuai dengan jenis beasiswa yang dipilih.

  • Dokumen

    Calon penerima beasiswa harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti transkrip nilai, surat keterangan tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin, dan surat rekomendasi dari sekolah atau universitas.

  • Waktu pendaftaran

    Calon penerima beasiswa harus memperhatikan waktu pendaftaran beasiswa. Pendaftaran beasiswa biasanya dibuka pada bulan Januari-Februari setiap tahunnya.

  • Cara pendaftaran

    Calon penerima beasiswa dapat mendaftar beasiswa melalui website resmi Bank BTN. Calon penerima beasiswa harus mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

Dengan memahami tata cara pengajuan beasiswa Bank BTN, calon penerima beasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Seleksi penerima

Seleksi penerima merupakan tahap penting dalam proses pemberian beasiswa Bank BTN. Seleksi penerima dilakukan untuk memastikan bahwa beasiswa diberikan kepada calon penerima yang benar-benar layak dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

  • Kriteria seleksi

    Kriteria seleksi beasiswa Bank BTN meliputi prestasi akademik, kondisi ekonomi keluarga, daerah asal, dan kelompok tertentu (seperti penyandang disabilitas, perempuan, dan masyarakat adat). Calon penerima beasiswa harus memenuhi kriteria seleksi yang telah ditetapkan agar dapat lolos seleksi.

  • Proses seleksi

    Proses seleksi beasiswa Bank BTN dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan seleksi akhir. Calon penerima beasiswa yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap seleksi wawancara. Calon penerima beasiswa yang lolos seleksi wawancara akan melanjutkan ke tahap seleksi akhir.

  • Tim seleksi

    Tim seleksi beasiswa Bank BTN terdiri dari perwakilan dari Bank BTN, akademisi, dan masyarakat. Tim seleksi bertugas untuk menilai kelengkapan dokumen, prestasi akademik, kondisi ekonomi keluarga, daerah asal, dan kelompok tertentu dari calon penerima beasiswa.

  • Pengumuman hasil seleksi

    Pengumuman hasil seleksi beasiswa Bank BTN dilakukan melalui website resmi Bank BTN. Calon penerima beasiswa yang lolos seleksi akan diumumkan pada waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga :   Beasiswa Pilot Kemenhub: Panduan Lengkap Meraih Cita-citamu!

Seleksi penerima beasiswa Bank BTN dilakukan secara objektif dan transparan. Seleksi penerima dilakukan untuk memastikan bahwa beasiswa diberikan kepada calon penerima yang benar-benar layak dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Dengan demikian, beasiswa Bank BTN dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat yang optimal bagi penerima beasiswa.

Kewajiban penerima

Kewajiban penerima merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Kewajiban penerima mengatur tentang hak dan kewajiban penerima beasiswa selama menerima beasiswa. Kewajiban penerima ditetapkan untuk memastikan bahwa penerima beasiswa memanfaatkan beasiswa dengan baik dan sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa.

Kewajiban penerima beasiswa Bank BTN meliputi kewajiban untuk:

  • Menggunakan beasiswa sesuai dengan peruntukannya, yaitu untuk biaya pendidikan.
  • Menjaga prestasi akademik yang baik selama menerima beasiswa.
  • Menjaga sikap dan perilaku yang baik selama menerima beasiswa.
  • Melaporkan penggunaan beasiswa secara berkala kepada Bank BTN.

Kewajiban penerima beasiswa Bank BTN sangat penting untuk ditaati. Penerima beasiswa yang tidak memenuhi kewajibannya dapat dikenakan sanksi, seperti pencabutan beasiswa. Oleh karena itu, penerima beasiswa harus memahami dan mematuhi kewajibannya dengan baik.

Dengan memahami kewajiban penerima beasiswa Bank BTN, penerima beasiswa dapat memanfaatkan beasiswa dengan baik dan sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa. Selain itu, penerima beasiswa juga dapat terhindar dari sanksi yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Sanksi pelanggaran

Sanksi pelanggaran merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Sanksi pelanggaran mengatur tentang hukuman yang akan diberikan kepada penerima beasiswa yang melanggar kewajibannya. Sanksi pelanggaran ditetapkan untuk memastikan bahwa penerima beasiswa memanfaatkan beasiswa dengan baik dan sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa.

Sanksi pelanggaran dalam beasiswa Bank BTN dapat berupa teguran lisan, teguran tertulis, pembekuan beasiswa, atau pencabutan beasiswa. Jenis sanksi yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh penerima beasiswa. Penerima beasiswa yang melakukan pelanggaran berat, seperti menggunakan beasiswa untuk keperluan pribadi atau melakukan tindakan kriminal, dapat dikenakan sanksi pencabutan beasiswa.

Penerapan sanksi pelanggaran dalam beasiswa Bank BTN sangat penting untuk menjaga kredibilitas dan keberlangsungan program beasiswa. Sanksi pelanggaran memberikan efek jera bagi penerima beasiswa agar tidak melakukan pelanggaran. Selain itu, sanksi pelanggaran juga dapat memberikan pembelajaran bagi penerima beasiswa tentang pentingnya mematuhi kewajiban dan peraturan yang berlaku.

Dengan memahami sanksi pelanggaran dalam beasiswa Bank BTN, penerima beasiswa dapat memanfaatkan beasiswa dengan baik dan sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa. Selain itu, penerima beasiswa juga dapat terhindar dari sanksi yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Pengaduan

Pengaduan merupakan salah satu aspek penting dalam beasiswa Bank BTN. Pengaduan berfungsi sebagai mekanisme bagi penerima beasiswa atau pihak lain untuk menyampaikan keluhan atau keberatan terkait dengan penyelenggaraan beasiswa.

Pengaduan dapat diajukan jika penerima beasiswa atau pihak lain menemukan adanya ketidaksesuaian atau penyimpangan dalam proses pemberian beasiswa. Misalnya, penerima beasiswa dapat mengajukan pengaduan jika beasiswa yang diterima tidak sesuai dengan ketentuan, atau jika penerima beasiswa merasa dirugikan oleh tindakan panitia beasiswa.

Penyampaian pengaduan dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti surat, email, atau datang langsung ke kantor Bank BTN. Pengaduan yang disampaikan akan ditindaklanjuti oleh pihak Bank BTN dan akan diberikan tanggapan atau solusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengaduan merupakan komponen penting dalam beasiswa Bank BTN karena memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa atau pihak lain untuk menyampaikan keluhan atau keberatan terkait dengan penyelenggaraan beasiswa. Dengan adanya pengaduan, pihak Bank BTN dapat melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan beasiswa.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Beasiswa Bank BTN

FAQ berikut akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai Beasiswa Bank BTN, termasuk persyaratan, proses pendaftaran, dan hak serta kewajiban penerima beasiswa.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Beasiswa Bidik Misi

Pertanyaan 1: Apa saja persyaratan untuk mendaftar Beasiswa Bank BTN?
Persyaratan umum Beasiswa Bank BTN meliputi:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pelajar atau mahasiswa aktif
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Selain itu, ada juga persyaratan khusus sesuai dengan jenis beasiswa yang dipilih.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendaftar Beasiswa Bank BTN?
Pendaftaran Beasiswa Bank BTN dilakukan secara online melalui website resmi Bank BTN. Calon penerima beasiswa harus melengkapi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

Pertanyaan 3: Kapan batas waktu pendaftaran Beasiswa Bank BTN?
Batas waktu pendaftaran Beasiswa Bank BTN bervariasi setiap tahunnya. Calon penerima beasiswa disarankan untuk selalu mengecek informasi terbaru di website resmi Bank BTN.

Pertanyaan 4: Apa saja manfaat yang akan diterima oleh penerima Beasiswa Bank BTN?
Manfaat yang akan diterima oleh penerima Beasiswa Bank BTN meliputi:

  1. Bantuan biaya pendidikan seperti biaya pendaftaran, SPP, dan biaya hidup
  2. Pelatihan dan pengembangan diri
  3. Akses ke jaringan profesional Bank BTN

Pertanyaan 5: Apa saja kewajiban yang harus dipenuhi oleh penerima Beasiswa Bank BTN?
Kewajiban yang harus dipenuhi oleh penerima Beasiswa Bank BTN antara lain:

  1. Menggunakan beasiswa sesuai dengan peruntukannya
  2. Menjaga prestasi akademik yang baik
  3. Menjaga sikap dan perilaku yang baik
  4. Melaporkan penggunaan beasiswa secara berkala kepada Bank BTN

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengatasi jika terjadi masalah atau kendala terkait Beasiswa Bank BTN?
Jika terjadi masalah atau kendala terkait Beasiswa Bank BTN, penerima beasiswa dapat menghubungi pihak Bank BTN melalui email atau telepon yang tertera pada website resmi Bank BTN.

FAQ di atas memberikan gambaran umum tentang Beasiswa Bank BTN, mulai dari persyaratan, proses pendaftaran, manfaat, hingga kewajiban penerima beasiswa. Untuk informasi lebih detail, silakan kunjungi website resmi Bank BTN.

Selanjutnya, kita akan membahas tips dan strategi agar berhasil mendapatkan Beasiswa Bank BTN. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, peluang Anda untuk mendapatkan beasiswa akan semakin besar.

TIPS Mendapatkan Beasiswa Bank BTN

Tips berikut akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan Beasiswa Bank BTN.

Tip 1: Pahami Persyaratan dan Ketentuan

Pelajari dengan cermat persyaratan dan ketentuan Beasiswa Bank BTN. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Tip 2: Tunjukkan Prestasi Akademik yang Unggul

Nilai akademik yang baik merupakan faktor penting dalam seleksi Beasiswa Bank BTN. Jaga prestasi akademik Anda dan sertakan transkrip nilai yang menunjukkan pencapaian Anda.

Tip 3: Tulis Esai yang Menarik dan Bermakna

Esai yang Anda tulis dalam formulir pendaftaran beasiswa harus menarik, bermakna, dan menunjukkan motivasi Anda untuk mendapatkan beasiswa.

Tip 4: Dapatkan Rekomendasi yang Kuat

Minta rekomendasi dari guru, dosen, atau tokoh masyarakat yang mengenal Anda dengan baik dan dapat memberikan penilaian positif tentang karakter dan kemampuan Anda.

Tip 5: Perhatikan Batas Waktu Pendaftaran

Hindari mendaftar di saat-saat terakhir. Berikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan dokumen dan melengkapi formulir pendaftaran secara cermat.

Tip 6: Persiapkan Diri untuk Seleksi Wawancara

Jika Anda lolos seleksi administrasi, bersiaplah untuk mengikuti seleksi wawancara. Latihlah jawaban Anda dan tunjukkan kepercayaan diri serta antusiasme Anda terhadap beasiswa.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan Beasiswa Bank BTN. Ingatlah bahwa beasiswa ini bukan hanya tentang mendapatkan bantuan finansial, tetapi juga tentang kesempatan untuk mengembangkan potensi dan berkontribusi pada masyarakat.

Selanjutnya, kita akan membahas topik penting lainnya yang terkait dengan Beasiswa Bank BTN, yaitu cara mempertahankan beasiswa. Dengan memahami tips dan strategi yang akan dibahas, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat mempertahankan beasiswa selama masa studi Anda.

Kesimpulan

Beasiswa Bank BTN merupakan program bantuan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan diri dan berkontribusi kepada masyarakat. Untuk mendapatkan beasiswa ini, diperlukan persiapan yang matang, mulai dari memenuhi persyaratan, menunjukkan prestasi akademik yang unggul, hingga mempersiapkan diri untuk seleksi wawancara.

Setelah mendapatkan beasiswa, penerima beasiswa memiliki kewajiban untuk menggunakan beasiswa sesuai dengan peruntukannya, menjaga prestasi akademik, dan menjaga sikap dan perilaku yang baik. Dengan mematuhi kewajiban tersebut, penerima beasiswa dapat mempertahankan beasiswa selama masa studi dan memanfaatkan beasiswa secara optimal.