Berminat Ikut Program Magang Luar Negeri? Ini Alur dan Syaratnya

PPLM merupakan sebuah program hasil kerja sama AIESEC Indonesia dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. PPMLN adalah program yang memfasilitasi sebuah bentuk pengalaman dalam praktik kerja dan belajar untuk generasi muda dalam mengembangkan pengetahuan akademik dan keahlian profesional di lingkungan kebudayaan luar.

Para pemuda menjalankan projek praktek magang dengan jenis perusahaan dan pekerjaan yang berbeda-beda di mana para peserta program dapat mengembangkan pengalaman professional selama bekerja pada perusahan perusahaan asing, untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Ini alur programnya

Promosi Program di Universitas

Promosi ini diadakan untuk mempromosikan PPMLN itu sendiri, dengan target peserta roadshow sesuai dengan syarat umum dari PPMLN.
Pendaftaran Peserta

Pendaftar melakukan pendaftaran secara Online dengan tata cara sebagai berikut: Pendaftar akan mendaftar sekaligus meng-upload berkas administrasi di aiesec.or.id sebagai jenjang pertama untuk mengikuti Program Magang Pemuda Luar Negeri, peserta akan dibimbing oleh komite lokal AIESEC setempat dalam tahapan ini. Kemudian, peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran secara otomatis.

Seleksi Peserta Tahap 1

Setelah lolos tahap seleksi administrasi, peserta akan melalui Seleksi Tahap 1, seleksi ini terdiri dari CV Screening, Student Review Board(SRB), dan Wawancara dalam berbahasa Inggris dengan komite lokal AIESEC secara online dan offline.

Persiapan Peserta untuk Seleksi Tahap

Peserta yang lolos Seleksi Tahap 1, akan dibimbing lebih dalam oleh komite lokal AIESEC setempat mengenai esensi dan output dari Program Magang Pemuda Luar Negeri, serta strategi dan teknik jitu dalam menghadapi Seleksi Tahap 2. Peserta magang juga akan menandatangani kontrak perjanjian yang berisi mengenai ketentuan berupa hak dan kewajiban dari peserta magang dan AIESEC.

Seleksi Peserta Tahap 2

Di tahap ini, peserta akan melalui Seleksi Tahap 2 yang berupa wawancara secara virtual dengan komite lokal AIESEC luar negeri dan perusahaan pilihan peserta magang.

Persiapan Keberangkatan

Bagi peserta yang lolos Seleksi Tahap 2, peserta diwajibkan untuk menyiapkan kebutuhan logistik sebelum keberangkatan (visa, tiket pesawat, asuransi kesehatan, dll) dan Kemenpora menanggung semua biaya persiapan logistic tersebut.

Seminar Persiapan dan Pelepasan Peserta oleh Kemenpora

Peserta wajib untuk mengikuti seminar persiapan yang akan diadakan selama beberapa hari berlokasi di Asrama Kemenpora Cibubur, semua biaya yang timbul akan ditanggung oleh Kemenpora.

Realisasi Program Magang

Peserta magang berangkat ke Negara tujuan tempat peserta diterima.

 Monitoring Program

Pihak AIESEC Indonesia akan secara rutin melakukan monitoring secara virtual dan berkunjung ke negara peserta magang yang sudah realisasi, sementara pihak Kemenpora juga akan melakukan monitoring secara langsung terhadap semua peserta magang dalam kurun waktu selama peserta magang di luar negeri.

Pemulangan Peserta Magang

Peserta magang yang sudah pulang ke tanah air akan dibimbing ke post-program yang dikoordinir oleh AIESEC Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Peserta tidak diperkenankan melanjutkan kontrak dengan perusahan magang di luar program ini, sebelum peserta mengikuti post-program.

Sumber:http://aiesec.or.id/ppmln-alur-dan-syarat/

 BBG  NEWS Prestasi Gemilang Atlet STKIP BBG di Pomnas 2017 BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Masuk Enam Atlet Perpani Kota Banda Aceh BBG  NEWS Malas Menulis, Kemelut Dunia Akademisi di Indonesia BBG  NEWS Prodi Penjaskesrek STKIP BBG Adakan Senam Jumat BBG  NEWS Ada Atlet STKIP BBG yang Tergabung dalam Kontingen Bapomi Aceh BBG  NEWS Sosiolog: Perguruan Tinggi Harus Utamakan Kualitas BBG  NEWS Kabar Gembira, Trans Koetaradja Layani Transportasi Mahasiswa STKIP BBG BBG  NEWS Optimis, Atlet STKIP BBG Mampu Mengukir Prestasi di Pomnas BBG  NEWS Harapan Prestasi di Tangan Generasi Baru BBG  NEWS Optimis, Mahasiswa Mandiri Mampu Menghadapi Tantangan Kuliah BBG  NEWS Prestasi Gemilang Atlet STKIP BBG di Pomnas 2017 BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Masuk Enam Atlet Perpani Kota Banda Aceh BBG  NEWS Malas Menulis, Kemelut Dunia Akademisi di Indonesia BBG  NEWS Prodi Penjaskesrek STKIP BBG Adakan Senam Jumat BBG  NEWS Ada Atlet STKIP BBG yang Tergabung dalam Kontingen Bapomi Aceh BBG  NEWS Sosiolog: Perguruan Tinggi Harus Utamakan Kualitas BBG  NEWS Kabar Gembira, Trans Koetaradja Layani Transportasi Mahasiswa STKIP BBG BBG  NEWS Optimis, Atlet STKIP BBG Mampu Mengukir Prestasi di Pomnas BBG  NEWS Harapan Prestasi di Tangan Generasi Baru BBG  NEWS Optimis, Mahasiswa Mandiri Mampu Menghadapi Tantangan Kuliah BBG  NEWS Prestasi Gemilang Atlet STKIP BBG di Pomnas 2017 BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Masuk Enam Atlet Perpani Kota Banda Aceh BBG  NEWS Malas Menulis, Kemelut Dunia Akademisi di Indonesia BBG  NEWS Prodi Penjaskesrek STKIP BBG Adakan Senam Jumat BBG  NEWS Ada Atlet STKIP BBG yang Tergabung dalam Kontingen Bapomi Aceh BBG  NEWS Sosiolog: Perguruan Tinggi Harus Utamakan Kualitas BBG  NEWS Kabar Gembira, Trans Koetaradja Layani Transportasi Mahasiswa STKIP BBG BBG  NEWS Optimis, Atlet STKIP BBG Mampu Mengukir Prestasi di Pomnas BBG  NEWS Harapan Prestasi di Tangan Generasi Baru BBG  NEWS Optimis, Mahasiswa Mandiri Mampu Menghadapi Tantangan Kuliah