Panduan Lengkap Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember, Universitas Islam Unggulan


Panduan Lengkap Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember, Universitas Islam Unggulan

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii (STDIIS) Jember adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. STDIIS Jember didirikan pada tahun 2005 oleh Yayasan Dirasat Islamiyah Imam Syafii.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, STDIIS Jember memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. STDIIS Jember menawarkan berbagai program studi, seperti Tafsir Hadis, Pendidikan Agama Islam, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Pembentukan STDIIS Jember dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya pendidikan tinggi Islam di tengah masyarakat. STDIIS Jember hadir sebagai wadah untuk memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

  • Pendidikan
  • Penelitian
  • Pengabdian Masyarakat
  • Dakwah
  • Keilmuan
  • Keagamaan
  • Moral
  • Etika
  • Karakter
  • Kepemimpinan

Kesepuluh aspek tersebut saling berkaitan dan mendukung satu sama lain, sehingga Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember dapat menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing.

Pendidikan

Pendidikan merupakan komponen krusial dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember. Pendidikan di STDIIS Jember tidak hanya berfokus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan pengembangan potensi mahasiswa secara menyeluruh. STDIIS Jember memiliki komitmen kuat untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan jiwa kepemimpinan yang tinggi.

STDIIS Jember menyediakan berbagai program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Program-program tersebut antara lain:

  • Pendidikan Agama Islam
  • Tafsir Hadis
  • Manajemen Pendidikan Islam

Selain program pendidikan formal, STDIIS Jember juga menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri untuk mahasiswa. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

  • Kajian Islam
  • Latihan kepemimpinan
  • Pengabdian masyarakat

Dengan memadukan pendidikan formal dan kegiatan ekstrakurikuler, STDIIS Jember berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan komprehensif bagi mahasiswanya. STDIIS Jember percaya bahwa lulusan yang dihasilkan akan menjadi individu-individu yang memiliki kompetensi akademik yang mumpuni, berakhlak mulia, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, sehingga mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan bangsa.

Penelitian

Penelitian merupakan salah satu komponen penting dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Penelitian menjadi dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

STDIIS Jember memiliki komitmen yang kuat untuk menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di berbagai bidang ilmu, seperti Tafsir Hadis, Pendidikan Agama Islam, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Beberapa contoh penelitian yang telah dilakukan di STDIIS Jember antara lain:

  • Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa
  • Metode Pembelajaran Tafsir Hadis yang Efektif
  • Model Manajemen Pendidikan Islam yang Berbasis Pesantren

Hasil-hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional dan internasional, serta dipresentasikan dalam berbagai konferensi ilmiah. Selain itu, hasil penelitian juga digunakan sebagai bahan pengembangan kurikulum dan pembelajaran di STDIIS Jember.

Penelitian di STDIIS Jember memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. Penelitian-penelitian tersebut memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan Islam di Indonesia.

Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu komponen penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping pendidikan dan penelitian. Pengabdian masyarakat merupakan wujud nyata kontribusi perguruan tinggi dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.

  • Kegiatan Sosial

    Kegiatan sosial merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh STDIIS Jember. Kegiatan ini dapat berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti sembako, pakaian, atau layanan kesehatan gratis.

  • Penyuluhan dan Pembinaan

    STDIIS Jember juga melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dan pembinaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat di berbagai bidang, seperti keagamaan, kesehatan, dan pendidikan.

  • Pengembangan Masyarakat

    STDIIS Jember turut serta dalam pengembangan masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan infrastruktur, dan pelestarian lingkungan hidup.

  • Dakwah dan Keagamaan

    Sebagai lembaga pendidikan Islam, STDIIS Jember juga memiliki peran dalam bidang dakwah dan keagamaan. STDIIS Jember menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti pengajian, ceramah, dan pelatihan keagamaan.

Baca Juga :   Pelajari Ilmu Ekonomi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kasih Bangsa, Universitas Terbaik untuk Masa Depan Anda!

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh STDIIS Jember memiliki dampak yang positif bagi masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun keagamaan.

Dakwah

Dakwah memegang peranan penting dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Dakwah merupakan sarana untuk menyebarkan ajaran Islam dan nilai-nilai luhur sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

  • Penyampaian Ajaran Islam

    Melalui kegiatan dakwah, STDIIS Jember menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat luas, baik melalui ceramah, pengajian, maupun kajian Islam.

  • Pembinaan Akhlak

    Dakwah juga menjadi sarana untuk membina akhlak masyarakat. STDIIS Jember menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan akhlak dan moral masyarakat, seperti pelatihan kepemimpinan, pembinaan remaja, dan pembinaan keluarga.

  • Pemberdayaan Masyarakat

    STDIIS Jember juga melakukan dakwah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun pendidikan.

  • Kerukunan Umat Beragama

    Dakwah juga menjadi sarana untuk membangun kerukunan umat beragama. STDIIS Jember menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memupuk toleransi dan saling menghormati antarumat beragama.

Kegiatan dakwah yang dilakukan oleh STDIIS Jember memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan edukasi, pembinaan, dan pemberdayaan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Keilmuan

Keilmuan merupakan aspek fundamental dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Keilmuan menjadi landasan utama dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

STDIIS Jember memiliki komitmen yang kuat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keilmuan yang mumpuni di bidang agama Islam. Hal ini tercermin dalam kurikulum pendidikan yang komprehensif dan berbasis pada sumber-sumber keislaman yang otentik.

Selain itu, STDIIS Jember juga menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah, seperti seminar, konferensi, dan penelitian, untuk mendorong pengembangan keilmuan di kalangan dosen dan mahasiswa. Kegiatan-kegiatan ini memberikan wadah bagi sivitas akademika untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan memperdalam keilmuan mereka.

Lulusan STDIIS Jember diharapkan menjadi individu-individu yang memiliki keilmuan yang luas dan mendalam, sehingga mampu menjadi pemimpin-pemimpin yang berintelektual, berakhlak mulia, dan memiliki wawasan keislaman yang komprehensif. Dengan demikian, mereka dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan umat dan bangsa.

Keagamaan

Keagamaan merupakan aspek penting dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Hal ini sejalan dengan visi STDIIS Jember untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi Islam yang unggul dan berakhlak mulia.

  • Pendidikan Agama
    STDIIS Jember menyelenggarakan pendidikan agama yang komprehensif, meliputi aqidah, ibadah, muamalah, dan akhlak. Pendidikan agama ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam.
  • Pembinaan Rohani
    STDIIS Jember menyelenggarakan berbagai kegiatan pembinaan rohani, seperti pengajian, kajian kitab, dan pelatihan kepemimpinan Islam. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa yang berakhlak mulia dan memiliki kepribadian Islam yang kuat.
  • Pengabdian Masyarakat
    STDIIS Jember mendorong mahasiswa untuk aktif dalam pengabdian masyarakat, seperti kegiatan dakwah, pelayanan sosial, dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya berkontribusi positif kepada masyarakat.
  • Dakwah dan Pengembangan Masyarakat
    STDIIS Jember berperan aktif dalam dakwah dan pengembangan masyarakat. STDIIS Jember menyelenggarakan berbagai kegiatan dakwah, seperti ceramah, pengajian, dan pelatihan dai. Selain itu, STDIIS Jember juga terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan masyarakat, seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Aspek keagamaan di STDIIS Jember tidak hanya terbatas pada kegiatan formal, tetapi juga terintegrasi dalam seluruh aspek kehidupan kampus. STDIIS Jember berupaya menciptakan lingkungan kampus yang kondusif untuk pengembangan spiritual mahasiswa. Lulusan STDIIS Jember diharapkan menjadi individu-individu yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan kepribadian Islam yang kuat, sehingga dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang berintegritas dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Moral

Moral merupakan aspek penting dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Hal ini sejalan dengan visi STDIIS Jember untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi Islam yang unggul dan berakhlak mulia.

Baca Juga :   Panduan Lengkap: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Universitas Terbaik untuk Pendidikan Ekonomi

  • Integritas

    Integritas merupakan sikap jujur, tulus, dan konsisten dalam berpikir, berkata, dan bertindak. Integritas menjadi landasan utama dalam membangun karakter mahasiswa yang berakhlak mulia dan dapat dipercaya.

  • Tanggung Jawab

    Tanggung jawab merupakan kesadaran akan kewajiban dan tugas yang harus dilaksanakan. Mahasiswa STDIIS Jember didorong untuk memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam segala aspek kehidupan, baik dalam perkuliahan, organisasi, maupun masyarakat.

  • Empati

    Empati merupakan kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Mahasiswa STDIIS Jember dibimbing untuk memiliki sikap empati yang tinggi, sehingga dapat menjadi individu yang peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar.

  • Disiplin

    Disiplin merupakan sikap taat dan patuh pada aturan dan norma yang berlaku. Mahasiswa STDIIS Jember diharapkan memiliki sikap disiplin yang tinggi, sehingga dapat menjadi pribadi yang tertib, teratur, dan bertanggung jawab.

Penanaman nilai-nilai moral menjadi salah satu prioritas utama dalam pendidikan di STDIIS Jember. Melalui berbagai kegiatan akademik dan non-akademik, mahasiswa dibimbing untuk mengembangkan karakter dan akhlak mulia yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan demikian, lulusan STDIIS Jember diharapkan menjadi individu-individu yang bermoral dan berintegritas, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Etika

Etika merupakan sistem nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam berperilaku dan bertindak. Etika sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam lingkungan pendidikan.

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember) sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam memiliki komitmen yang kuat terhadap pengembangan etika mahasiswa.

Pengembangan etika di STDIIS Jember dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

  • Penyelenggaraan mata kuliah etika dalam kurikulum pendidikan;
  • Pembiasaan praktik etika dalam kehidupan kampus;
  • Pembinaan mahasiswa melalui kegiatan keagamaan dan organisasi kemahasiswaan;
  • Penegakan disiplin dan sanksi bagi mahasiswa yang melanggar etika.

Dengan pengembangan etika tersebut, STDIIS Jember berupaya untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan berperilaku etis dalam kehidupan bermasyarakat.

Karakter

Karakter merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Karakter yang baik dapat mendukung keberhasilan belajar siswa, baik secara akademis maupun non-akademis. Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember) sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, sangat memperhatikan pengembangan karakter mahasiswanya.

Pengembangan karakter di STDIIS Jember dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

  • Penyelenggaraan mata kuliah pengembangan kepribadian dalam kurikulum pendidikan;
  • Pembiasaan praktik karakter mulia dalam kehidupan kampus;
  • Pembinaan mahasiswa melalui kegiatan keagamaan dan organisasi kemahasiswaan;
  • Penegakan disiplin dan sanksi bagi mahasiswa yang melanggar norma dan etika.

Dengan pengembangan karakter tersebut, STDIIS Jember berupaya untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan berperilaku baik dalam kehidupan bermasyarakat. Lulusan STDIIS Jember diharapkan dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan aspek penting dalam Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember). Kepemimpinan menjadi kunci dalam menggerakkan sivitas akademika untuk mencapai visi dan misi STDIIS Jember.

  • Kepemimpinan Visioner

    Kepemimpinan yang mampu melihat dan mengartikulasikan visi masa depan, serta menginspirasi orang lain untuk mewujudkannya.

  • Kepemimpinan Transformatif

    Kepemimpinan yang mampu membawa perubahan positif dan berkelanjutan, serta mengembangkan potensi pengikutnya.

  • Kepemimpinan Kolaboratif

    Kepemimpinan yang melibatkan orang lain dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan program, sehingga menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama.

  • Kepemimpinan Etis

    Kepemimpinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika, serta menjadi teladan bagi pengikutnya.

Kepemimpinan di STDIIS Jember menjadi salah satu faktor kunci keberhasilannya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia. Para pemimpin di STDIIS Jember berupaya untuk menciptakan lingkungan kampus yang kondusif, menginspirasi, dan mendukung pengembangan kepemimpinan bagi seluruh sivitas akademik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagian ini berisi daftar pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya seputar Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember).

Pertanyaan 1: Apa itu STDIIS Jember?
STDIIS Jember adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca Juga :   Tips Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maluku Husada Terbaik

Pertanyaan 2: Apa saja program studi yang tersedia di STDIIS Jember?
STDIIS Jember menawarkan beberapa program studi, di antaranya Pendidikan Agama Islam, Tafsir Hadis, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Pertanyaan 3: Bagaimana kualitas pendidikan di STDIIS Jember?
STDIIS Jember memiliki dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman, serta didukung dengan fasilitas pendidikan yang memadai. Selain itu, STDIIS Jember juga memiliki komitmen yang kuat dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Pertanyaan 4: Apa saja kegiatan mahasiswa di STDIIS Jember?
Selain kegiatan akademik, mahasiswa STDIIS Jember juga dapat mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti organisasi kemahasiswaan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan sosial.

Pertanyaan 5: Bagaimana prospek kerja lulusan STDIIS Jember?
Lulusan STDIIS Jember memiliki prospek kerja yang baik, baik di bidang pendidikan maupun di bidang lainnya. Mereka dapat bekerja sebagai guru, dosen, penulis, peneliti, atau bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mendaftar ke STDIIS Jember?
Informasi mengenai cara pendaftaran ke STDIIS Jember dapat diperoleh melalui situs web resmi STDIIS Jember atau dengan menghubungi langsung pihak STDIIS Jember.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar STDIIS Jember. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi pihak STDIIS Jember.

Selain informasi yang telah disampaikan di atas, masih banyak informasi menarik lainnya tentang STDIIS Jember. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang sejarah, visi dan misi, serta prestasi-prestasi yang telah diraih oleh STDIIS Jember.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk hidup yang panjang dan sehat. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan jantung:

Tip 1: Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan berlemak, makanan olahan, dan makanan tinggi gula.

Tip 2: Olahraga teratur
Olahraga teratur dapat memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Tip 3: Berhenti merokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung. Berhenti merokok dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tip 4: Kelola stres
Stres dapat memicu penyakit jantung. Temukan cara sehat untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, atau yoga.

Tip 5: Tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan jantung. Usahakan tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Tip 6: Jaga berat badan yang sehat
Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pertahankan berat badan yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga teratur.

Tip 7: Batasi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak jantung. Batasi konsumsi alkohol sesuai dengan rekomendasi.

Tip 8: Kontrol tekanan darah dan kolesterol
Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Lakukan pemeriksaan tekanan darah dan kolesterol secara teratur dan kelola sesuai dengan rekomendasi dokter.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ingat, kesehatan jantung adalah kunci untuk hidup yang panjang dan sehat.

Pada bagian berikutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang gejala dan pengobatan penyakit jantung.

Kesimpulan

Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafii Jember (STDIIS Jember) merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. STDIIS Jember memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan berwawasan global.

Untuk mencapai visi tersebut, STDIIS Jember memiliki sepuluh aspek pengembangan, yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dakwah, keilmuan, keagamaan, moral, etika, karakter, dan kepemimpinan. Kesepuluh aspek tersebut saling berkaitan dan mendukung satu sama lain, sehingga STDIIS Jember dapat menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing.

STDIIS Jember memiliki komitmen yang kuat untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Lulusan STDIIS Jember diharapkan dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.