Sejarah

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG) berdiri sejak 5 September 2003, berdasarkan surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 138/D/0/2003, ditandatangani oleh Dirjen Dikti Satryo Soemantri Brojonegoro.

Pada awal pendirian sekolah tinggi di tahun 2003, program studi yang diselenggarakan ada 3 yaitu S-1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, D-II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK).

Pada tahun 2008, ada 3 program studi baru yang diselenggarakan oleh STKIP BBG yaitu, S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S-1 Pendidikan Matematika dan S-1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Pada tahun 2009 ada 1 program studi baru yang diselenggarakan yaitu S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Dan pada akhir tahun 2009 (dalam hal ini legalitas berjalannya SK operasional) dimulai pada tahun 2010 diselenggarakan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dengan penambahan dua program studi baru tersebut berarti STKIP BBG kini mengelola 6 program studi, yaitu:

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PENBI)
  2. Program Studi Pendidikan Jasmani (PENJAS)
  3. Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT)
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  5. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  6. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pada tahun 2016, seluruh program studi di STKIP BBG telah meningkatkan status akreditasinya. Informasi lebih lanjut tentang status akreditasi di STKIP BBG dapat dilihat pada laman Badan Penjaminan Mutu STKIP BBG.

 BBG  NEWS Pelaksanaan Maba 2020 BBG Sukses, Tetap Taati Protokol Kesehatan Sampai Hari Terakhir BBG  NEWS Arifantaya, Alumni PENBI BBG yang Sukses Berwirausaha dengan Produk Jelynya BBG  NEWS Lagi, Dosen Bergelar Doktor Makin Bertambah di Kampus BBG BBG  NEWS Dua Mahasiswa BBG Yang Tergabung dalam Klub Persiraja akan berlaga pada Liga I Indonesia BBG  NEWS Maba 2020: Generasi Baru Pewaris Prestasi BBG BBG  NEWS Ikut Sosialisasi PLP, Mahasiswa BBG Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Sambutan Maba 2020: Mahasiswa BBG Bisa Berwirausaha Sambil Kuliah BBG  NEWS Sambutan Maba BBG Secara Virtual. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Kepala Sekolah Banda Aceh & Aceh Besar Ikut Sosialiasi Asistensi Mengajar di BBG, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Dosen BBG Ikut Workshop Finalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka BBG  NEWS Pelaksanaan Maba 2020 BBG Sukses, Tetap Taati Protokol Kesehatan Sampai Hari Terakhir BBG  NEWS Arifantaya, Alumni PENBI BBG yang Sukses Berwirausaha dengan Produk Jelynya BBG  NEWS Lagi, Dosen Bergelar Doktor Makin Bertambah di Kampus BBG BBG  NEWS Dua Mahasiswa BBG Yang Tergabung dalam Klub Persiraja akan berlaga pada Liga I Indonesia BBG  NEWS Maba 2020: Generasi Baru Pewaris Prestasi BBG BBG  NEWS Ikut Sosialisasi PLP, Mahasiswa BBG Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Sambutan Maba 2020: Mahasiswa BBG Bisa Berwirausaha Sambil Kuliah BBG  NEWS Sambutan Maba BBG Secara Virtual. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Kepala Sekolah Banda Aceh & Aceh Besar Ikut Sosialiasi Asistensi Mengajar di BBG, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Dosen BBG Ikut Workshop Finalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka BBG  NEWS Pelaksanaan Maba 2020 BBG Sukses, Tetap Taati Protokol Kesehatan Sampai Hari Terakhir BBG  NEWS Arifantaya, Alumni PENBI BBG yang Sukses Berwirausaha dengan Produk Jelynya BBG  NEWS Lagi, Dosen Bergelar Doktor Makin Bertambah di Kampus BBG BBG  NEWS Dua Mahasiswa BBG Yang Tergabung dalam Klub Persiraja akan berlaga pada Liga I Indonesia BBG  NEWS Maba 2020: Generasi Baru Pewaris Prestasi BBG BBG  NEWS Ikut Sosialisasi PLP, Mahasiswa BBG Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Sambutan Maba 2020: Mahasiswa BBG Bisa Berwirausaha Sambil Kuliah BBG  NEWS Sambutan Maba BBG Secara Virtual. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Kepala Sekolah Banda Aceh & Aceh Besar Ikut Sosialiasi Asistensi Mengajar di BBG, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan BBG  NEWS Dosen BBG Ikut Workshop Finalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka