10 ayat tentang puasa, perintah dan hukum hukum nya.

Puasa adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam.

Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Puasa tidak hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga melibatkan komitmen spiritual dan kepatuhan kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 ayat tentang puasa yang dapat menjadi panduan lengkap dan detail bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa mereka.

Ayat-ayat tentang puasa ini memberikan petunjuk dan arahan tentang pentingnya puasa, tujuannya, dan manfaat yang dapat diperoleh dari menjalankannya.

Dalam setiap ayat, terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk memperkuat iman dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Dengan memahami dan mengamalkan ayat-ayat ini, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik dan mendapatkan manfaat spiritual yang lebih besar.

1. Surah Al-Baqarah Ayat 183

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Ayat ini menjelaskan tentang kewajiban puasa bagi umat Muslim. Puasa diwajibkan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan pelaksanaannya diatur secara rinci.

2. Surah Al-Baqarah Ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Di ayat ini, Allah SWT menjelaskan bahwa puasa diwajibkan untuk menjaga dan memperkuat iman umat Muslim. Puasa juga sebagai bentuk syukur atas nikmat Ramadan yang Allah berikan.

Baca Juga :   Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

3. Surah Al-Baqarah Ayat 187

Ayat ini memberikan petunjuk tentang waktu-waktu yang diperbolehkan untuk makan dan minum saat menjalankan puasa. Hal ini penting agar umat Muslim dapat menjalankan puasa dengan benar dan sesuai dengan tuntunan agama.

4. Surah Al-Baqarah Ayat 196

Di ayat ini, Allah memberikan pengertian bahwa puasa tidak hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga melibatkan kegiatan ibadah yang lain, seperti ziarah ke Baitullah.

5. Surah Al-Baqarah Ayat 286

Ayat ini mengajarkan umat Muslim untuk memohon ampunan kepada Allah dan memohon perlindungan-Nya dalam menjalankan ibadah puasa. Allah adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

6. Surah Al-A’raf Ayat 31

Ayat ini menyatakan bahwa puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT sejak zaman Nabi-nabi sebelum Muhammad SAW. Puasa juga sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menghindari perbuatan dosa.

7. Surah Al-Ma’idah Ayat 89

Ayat ini memberikan penjelasan tentang kewajiban membayar fidyah bagi orang yang tidak mampu menjalankan puasa, seperti orang tua yang sudah tua atau sakit parah. Fidyah dapat digunakan untuk memberi makan orang yang membutuhkan.

8. Surah Al-Mumtahanah Ayat 2

Ayat ini mengajarkan umat Muslim untuk berpuasa dengan tulus ikhlas dan menjaga hubungan yang baik dengan orang yang tidak beragama Islam, asalkan mereka tidak memusuhi agama dan tidak mengusir umat Muslim dari tempat tinggal mereka.

9. Surah Al-Muzzammil Ayat 4

Ayat ini mengajarkan umat Muslim untuk bangun di tengah malam untuk melaksanakan tahajjud, sebelum memulai puasa. Tahajjud merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dan dapat memberikan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga :   Bulan Puasa 2024 : Ceklist Persiapan Menyambut Ramadhan

10. Surah Al-Furqan Ayat 68-70

Di ayat ini, Allah SWT memberikan penjelasan tentang orang-orang yang berpuasa dengan tulus ikhlas dan bertawakal kepada-Nya. Mereka akan mendapatkan pahala yang besar dan akan masuk surga sebagai balasan dari kesabaran dan ketekunan mereka dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalam keseluruhan, ayat-ayat tentang puasa ini memberikan petunjuk yang jelas dan rinci bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan memahami dan mengamalkan ayat-ayat ini, kita dapat menjalankan puasa dengan lebih bermakna dan mendapatkan manfaat spiritual yang lebih besar. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat dalam menjalankan ibadah puasa kita.

Originally posted 2024-01-15 20:20:00.