Panduan Lengkap Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

universitas nahdlatul ulama surabaya

Panduan Lengkap Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) adalah perguruan tinggi swasta yang bernaung di bawah Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS) dan dikelola oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

UNUSA memiliki relevansi yang tinggi di bidang pendidikan dan kesehatan, terutama di wilayah Jawa Timur. Keberadaannya memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memperoleh akses pendidikan berkualitas dan layanan kesehatan yang memadai. Salah satu tonggak sejarah penting UNUSA adalah pada tahun 2021, ketika universitas ini berhasil meraih akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai sejarah, keunggulan, dan program studi yang tersedia di UNUSA.

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan perguruan tinggi yang memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan dan kesehatan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Berikut 9 aspek esensial dari UNUSA:

  • Pendidikan Tinggi
  • Kesehatan
  • Nahdlatul Ulama
  • Surabaya
  • Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS)
  • Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur
  • Akreditasi Unggul
  • Sejarah Panjang
  • Komitmen pada Masyarakat

Aspek-aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada keunggulan UNUSA sebagai institusi pendidikan dan kesehatan. UNUSA memiliki sejarah panjang dalam memberikan pendidikan tinggi berkualitas, terutama di bidang kesehatan dan ilmu-ilmu sosial. Komitmen UNUSA pada masyarakat tercermin dalam berbagai program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.

Pendidikan Tinggi

Sebagai sebuah universitas, UNUSA memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. UNUSA menawarkan berbagai program sarjana, magister, dan doktoral di berbagai bidang ilmu, termasuk kesehatan, ilmu sosial, dan ekonomi.

  • Kualitas Pendidikan

    UNUSA berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswanya. Hal ini tercermin dari akreditasi unggul yang diraih oleh beberapa program studi di UNUSA.

  • Kurikulum Relevan

    Kurikulum di UNUSA dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja. UNUSA bekerja sama dengan berbagai industri untuk memastikan bahwa lulusannya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

  • Dosen Berkualitas

    UNUSA memiliki dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman. Dosen-dosen ini memiliki kualifikasi akademik yang tinggi dan aktif melakukan penelitian.

  • Fasilitas Pendukung

    UNUSA memiliki fasilitas pendukung yang lengkap, seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang kuliah yang modern. Fasilitas-fasilitas ini mendukung proses belajar mengajar yang efektif.

Pendidikan tinggi di UNUSA tidak hanya berfokus pada pengembangan intelektual, tetapi juga pada pengembangan karakter dan nilai-nilai keislaman. UNUSA memiliki program-program khusus untuk pengembangan karakter dan nilai-nilai keislaman, seperti kajian kitab kuning dan pesantren mahasiswa.

Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi fokus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). UNUSA memiliki komitmen kuat dalam pengembangan bidang kesehatan, baik melalui pendidikan maupun pelayanan kesehatan.

  • Pendidikan Kesehatan

    UNUSA memiliki beberapa fakultas dan program studi yang fokus pada bidang kesehatan, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Program studi ini menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di bidang kesehatan.

  • Pelayanan Kesehatan

    UNUSA memiliki Rumah Sakit Islam Surabaya (RSIS) yang menjadi pusat pelayanan kesehatan unggulan di Jawa Timur. RSIS menyediakan layanan kesehatan yang komprehensif, mulai dari layanan dasar hingga layanan spesialis.

  • Penelitian Kesehatan

    UNUSA memiliki pusat penelitian kesehatan yang aktif melakukan penelitian di berbagai bidang kesehatan. Penelitian-penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi dan teknologi baru di bidang kesehatan.

  • Pengabdian Masyarakat

    UNUSA secara rutin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan memberikan akses layanan kesehatan yang lebih baik.

Komitmen UNUSA pada bidang kesehatan sejalan dengan visi UNUSA untuk menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan. UNUSA terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta berkontribusi pada kemajuan ilmu kesehatan di Indonesia.

Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia. NU memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, termasuk pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).

NU memberikan dukungan penuh kepada UNUSA, baik dari segi moral maupun materi. Hal ini karena NU memandang pendidikan sebagai salah satu pilar penting dalam membangun masyarakat yang maju dan beradab. NU juga memiliki visi untuk menjadikan UNUSA sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan dan ilmu-ilmu sosial.

Dukungan NU kepada UNUSA sangat terlihat dalam berbagai aspek, seperti:

  • Penyediaan beasiswa bagi mahasiswa NU yang berprestasi.
  • Pengiriman dosen-dosen NU untuk mengajar di UNUSA.
  • Pemberian bantuan dana untuk pengembangan infrastruktur dan sarana prasarana UNUSA.

Dengan dukungan penuh dari NU, UNUSA terus berkembang pesat dan menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UNUSA berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia, sesuai dengan nilai-nilai NU.

Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Surabaya.

Surabaya memberikan kontribusi yang signifikan bagi keberadaan dan kemajuan UNUSA. Lokasi UNUSA yang strategis di pusat kota Surabaya memudahkan akses mahasiswa dan dosen dari berbagai daerah. Selain itu, Surabaya sebagai kota metropolitan dengan perekonomian yang kuat memberikan banyak peluang bagi mahasiswa UNUSA untuk mendapatkan pengalaman kerja dan magang di perusahaan-perusahaan terkemuka.

UNUSA juga berkontribusi pada perkembangan Kota Surabaya. Keberadaan UNUSA sebagai pusat pendidikan tinggi telah menjadikan Surabaya sebagai kota tujuan bagi pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, UNUSA juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat di Surabaya, seperti program kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS)

Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS) merupakan yayasan yang menaungi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). YARSIS memiliki peran penting dalam pengembangan UNUSA, baik dari segi finansial maupun non-finansial.

  • Pemilik dan Pengelola

    YARSIS merupakan pemilik dan pengelola UNUSA. YARSIS bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan, sarana prasarana, dan sumber daya manusia di UNUSA.

  • Dukungan Finansial

    YARSIS memberikan dukungan finansial yang kuat kepada UNUSA. Dukungan ini digunakan untuk pengembangan infrastruktur, sarana prasarana, dan beasiswa bagi mahasiswa.

  • Dukungan Non-Finansial

    Selain dukungan finansial, YARSIS juga memberikan dukungan non-finansial kepada UNUSA. Dukungan ini meliputi penyediaan tenaga ahli, jaringan kerja, dan akses ke fasilitas kesehatan.

Dengan dukungan dari YARSIS, UNUSA dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. YARSIS berkomitmen untuk terus mendukung UNUSA dalam mencapai visi dan misinya.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur merupakan lembaga yang menaungi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). PWNU memiliki peran penting dalam pengembangan UNUSA, baik dari segi moral maupun materi.

  • Pemilik

    PWNU Jawa Timur merupakan pemilik UNUSA. PWNU bertanggung jawab atas pengelolaan UNUSA, termasuk menentukan kebijakan umum dan mengawasi kinerja UNUSA.

  • Sumber Dana

    PWNU Jawa Timur merupakan salah satu sumber dana utama UNUSA. PWNU mengalokasikan dana untuk pengembangan infrastruktur, sarana prasarana, dan beasiswa bagi mahasiswa UNUSA.

  • Jaringan Kerja

    PWNU Jawa Timur memiliki jaringan kerja yang luas dengan berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri. Jaringan kerja ini dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan UNUSA, seperti menjalin kerja sama dengan universitas lain dan mendatangkan dosen tamu.

  • Dukungan Moral

    PWNU Jawa Timur memberikan dukungan moral kepada UNUSA. Dukungan ini meliputi penyediaan bimbingan dan arahan kepada pimpinan UNUSA, serta membantu UNUSA dalam membangun citra positif di masyarakat.

Dengan dukungan dari PWNU Jawa Timur, UNUSA dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. PWNU Jawa Timur berkomitmen untuk terus mendukung UNUSA dalam mencapai visi dan misinya.

Akreditasi Unggul

Akreditasi Unggul merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada perguruan tinggi di Indonesia. Akreditasi ini diberikan setelah melalui proses penilaian yang ketat terhadap berbagai aspek, seperti kualitas dosen, kurikulum, sarana prasarana, dan tata kelola perguruan tinggi. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) berhasil meraih Akreditasi Unggul pada tahun 2021.

Akreditasi Unggul memiliki peran yang sangat penting bagi UNUSA. Akreditasi ini menunjukkan bahwa UNUSA telah memenuhi standar kualitas pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah. Akreditasi Unggul juga menjadi bukti bahwa UNUSA memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswanya.

Salah satu manfaat dari Akreditasi Unggul adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap UNUSA. Masyarakat akan lebih yakin untuk memilih UNUSA sebagai tempat untuk menimba ilmu. Selain itu, Akreditasi Unggul juga akan memudahkan lulusan UNUSA untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sejarah Panjang

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) memiliki sejarah panjang yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia. UNUSA didirikan pada tahun 1969 oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sebagai bentuk komitmen NU untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sejak awal berdiri, UNUSA telah mengalami berbagai perkembangan dan kemajuan. Pada tahun 1984, UNUSA resmi menjadi universitas swasta dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Seiring berjalannya waktu, UNUSA terus mengembangkan berbagai program studi dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Salah satu hal penting yang menjadi ciri khas UNUSA adalah kuatnya nilai-nilai keislaman dan ke-NU-an dalam setiap aspek kehidupan kampus. Hal ini tercermin dari kurikulum pendidikan yang tidak hanya menekankan pada pengembangan keilmuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan akhlak mulia mahasiswa. Selain itu, UNUSA juga aktif dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Komitmen pada Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) memiliki komitmen yang kuat pada masyarakat. Komitmen ini merupakan salah satu ciri khas yang membedakan UNUSA dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Komitmen pada masyarakat ini didasarkan pada nilai-nilai keislaman dan ke-NU-an yang menjadi landasan berdirinya UNUSA.

Komitmen pada masyarakat diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain:

  • Kegiatan pengabdian masyarakat, seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  • Pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.
  • Kerja sama dengan berbagai lembaga masyarakat untuk memecahkan permasalahan sosial.

Komitmen pada masyarakat merupakan komponen penting dari UNUSA. Hal ini karena UNUSA menyadari bahwa sebagai sebuah perguruan tinggi, UNUSA memiliki tanggung jawab untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Selain itu, komitmen pada masyarakat juga sejalan dengan visi UNUSA untuk menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan dan ilmu-ilmu sosial.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Pertanyaan-pertanyaan ini mencakup informasi umum, program studi, biaya kuliah, dan kehidupan kampus.

Pertanyaan 1: Apa visi dan misi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya?

Jawaban: Visi UNUSA adalah menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan dan ilmu-ilmu sosial. Misi UNUSA adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter.

Pertanyaan 2: Apa saja program studi yang tersedia di UNUSA?

Jawaban: UNUSA memiliki 9 fakultas dengan 25 program studi sarjana (S1), 12 program studi magister (S2), dan 3 program studi doktoral (S3).

Pertanyaan 3: Berapa biaya kuliah di UNUSA?

Jawaban: Biaya kuliah di UNUSA bervariasi tergantung pada program studi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web UNUSA.

Pertanyaan 4: Apa saja fasilitas yang tersedia di UNUSA?

Jawaban: UNUSA memiliki berbagai fasilitas penunjang perkuliahan, seperti perpustakaan, laboratorium, ruang kuliah yang modern, dan asrama mahasiswa.

Pertanyaan 5: Apakah UNUSA memiliki program beasiswa?

Jawaban: Ya, UNUSA memiliki beberapa program beasiswa, seperti beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan beasiswa khusus dari PWNU Jawa Timur.

Pertanyaan 6: Bagaimana suasana kehidupan kampus di UNUSA?

Jawaban: Kehidupan kampus di UNUSA sangat aktif dan dinamis. Ada banyak kegiatan kemahasiswaan, seperti organisasi mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, dan kegiatan olahraga.

Pertanyaan-pertanyaan di atas memberikan gambaran singkat tentang Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs web UNUSA atau datang langsung ke kampus UNUSA.

Selain informasi di atas, masih banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di UNUSA. Kami akan membahas lebih lanjut tentang keunggulan dan prestasi UNUSA pada bagian berikutnya.

Tips Memilih Universitas yang Tepat

Memilih universitas merupakan keputusan penting yang akan menentukan masa depan Anda. Untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Tip 1: Tentukan Minat dan Bakat Anda

Pilihlah universitas yang menawarkan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih termotivasi dan menikmati proses belajar.

Tip 2: Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang universitas yang Anda minati. Kunjungi situs web universitas, baca brosur, dan ikuti acara open house.

Tip 3: Pertimbangkan Lokasi dan Biaya

Perhatikan lokasi universitas dan biaya kuliah yang dikenakan. Pastikan lokasi universitas sesuai dengan kebutuhan Anda dan biaya kuliah sesuai dengan kemampuan finansial.

Tip 4: Lihat Fasilitas dan Sumber Daya

Pilihlah universitas yang memiliki fasilitas dan sumber daya yang lengkap. Fasilitas dan sumber daya yang memadai akan mendukung proses belajar Anda.

Tip 5: Cari Tahu tentang Kehidupan Kampus

Kehidupan kampus merupakan bagian penting dari pengalaman kuliah. Cari tahu tentang kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa, dan fasilitas olahraga yang tersedia.

Tip 6: Baca Testimoni Alumni

Baca testimoni dari alumni universitas yang Anda minati. Testimoni alumni dapat memberikan gambaran tentang kualitas pendidikan dan pengalaman kuliah di universitas tersebut.

Tip 7: Kunjungi Kampus

Jika memungkinkan, kunjungi kampus universitas yang Anda minati. Dengan mengunjungi kampus, Anda dapat merasakan langsung suasana kampus dan melihat fasilitas yang tersedia.

Tip 8: Pertimbangkan Peringkat dan Akreditasi

Peringkat dan akreditasi universitas dapat menjadi indikator kualitas pendidikan. Pertimbangkan peringkat dan akreditasi universitas sebagai salah satu faktor dalam memilih universitas.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memilih universitas yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Memilih universitas yang tepat akan menjadi langkah awal yang baik untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang pentingnya memilih universitas yang tepat untuk kesuksesan karier Anda.

Kesimpulan

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) memiliki keunggulan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan berciri khas keislaman dan ke-NU-an. UNUSA telah banyak berkontribusi pada pengembangan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Beberapa poin utama yang menjadi sorotan dalam artikel ini adalah:

  1. UNUSA memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan pendidikan tinggi, khususnya di bidang kesehatan.
  2. UNUSA memiliki komitmen yang kuat pada masyarakat, dibuktikan dengan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dan program beasiswa.
  3. UNUSA meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, yang menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi.

Keunggulan UNUSA menjadikannya pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi berkualitas dan berkontribusi pada masyarakat. UNUSA terus berupaya untuk mengembangkan diri dan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat.