Cara Memilih Kampus Bahasa dan Budaya Internasional Terbaik: Review STBA Persahabatan Internasional Asia


Cara Memilih Kampus Bahasa dan Budaya Internasional Terbaik: Review STBA Persahabatan Internasional Asia

Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA) adalah lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pengajaran bahasa dan budaya internasional. Salah satu contoh program unggulannya adalah program Studi Bahasa Inggris, yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli bahasa Inggris yang profesional.

STBA PIA memiliki peran penting dalam mempromosikan pemahaman dan komunikasi antarbangsa, serta menyediakan tenaga kerja yang terampil dalam bidang bahasa. Sejak didirikan, STBA PIA telah berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia di bidang bahasa internasional.

Artikel ini akan membahas secara lebih mendalam tentang sejarah, program studi, dan peran STBA PIA dalam memajukan pendidikan bahasa internasional di Indonesia.

STBA Persahabatan Internasional Asia

STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA) memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa internasional di Indonesia. Beberapa aspek esensial yang menjadi fokus STBA PIA meliputi:

  • Pendidikan bahasa
  • Budaya internasional
  • Penguasaan bahasa
  • Komunikasi antarbudaya
  • Pengembangan sumber daya manusia
  • Kerja sama internasional
  • Inovasi pembelajaran
  • Kontribusi masyarakat

STBA PIA tidak hanya menyediakan pendidikan bahasa yang berkualitas, tetapi juga membekali mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam tentang budaya internasional. Penguasaan bahasa dan keterampilan komunikasi antarbudaya yang diasah di STBA PIA mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan global. Selain itu, STBA PIA aktif menjalin kerja sama internasional dan mengembangkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Kontribusi STBA PIA terhadap masyarakat terlihat jelas melalui program pengabdian masyarakat dan kegiatan kemahasiswaan yang berfokus pada pengembangan bahasa dan budaya internasional.

Pendidikan Bahasa

Pendidikan bahasa merupakan aspek fundamental dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA). Sebagai lembaga pendidikan yang berfokus pada bahasa dan budaya internasional, STBA PIA menjadikan pendidikan bahasa sebagai fondasi utama dalam kurikulumnya.

Pendidikan bahasa di STBA PIA tidak hanya mencakup penguasaan bahasa asing, tetapi juga pemahaman mendalam tentang budaya dan konteks sosial bahasa tersebut. Mahasiswa STBA PIA dibekali dengan kemampuan berbahasa yang mumpuni, keterampilan komunikasi antarbudaya, dan pengetahuan tentang beragam aspek kebahasaan. Hal ini mempersiapkan mereka untuk menjadi profesional bahasa yang kompeten dan mampu berinteraksi secara efektif dalam lingkungan internasional.

Contoh nyata dari pendidikan bahasa di STBA PIA dapat dilihat dalam program studi Bahasa Inggris. Program ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mahasiswa secara komprehensif, meliputi berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari aspek budaya dan sastra Inggris, serta isu-isu terkini dalam pengajaran bahasa Inggris. Lulusan program ini memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik dan siap berkarier di berbagai bidang yang membutuhkan penguasaan bahasa Inggris.

Pendidikan bahasa di STBA PIA memiliki aplikasi praktis yang luas. Lulusan STBA PIA banyak bekerja sebagai penerjemah, juru bahasa, pengajar bahasa, diplomat, dan profesional di perusahaan multinasional. Mereka juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial dan budaya, mempromosikan pemahaman dan kerja sama antarbangsa. Dengan demikian, pendidikan bahasa di STBA PIA tidak hanya memperkaya individu secara intelektual, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia dan kemajuan bangsa di kancah internasional.

Budaya Internasional

Budaya internasional merupakan komponen penting dalam Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA). Hal ini disebabkan karena pemahaman tentang budaya internasional sangat penting untuk menjadi seorang komunikator bahasa yang efektif. Budaya internasional mencakup nilai-nilai, kepercayaan, dan praktik suatu masyarakat tertentu, yang dapat memengaruhi cara orang berkomunikasi dan berinteraksi.

Di STBA PIA, mahasiswa tidak hanya belajar berbicara dan menulis dalam bahasa asing, tetapi juga mempelajari budaya negara tempat bahasa tersebut berasal. Hal ini membantu mahasiswa mengembangkan kesadaran budaya dan pemahaman yang lebih dalam tentang cara orang dari budaya lain berpikir dan berperilaku. Sebagai contoh, mahasiswa program studi Bahasa Inggris di STBA PIA mempelajari tentang sejarah, sastra, dan budaya Inggris, serta isu-isu sosial dan politik terkini di Inggris. Pengetahuan ini sangat penting untuk mahasiswa yang ingin bekerja sebagai penerjemah, juru bahasa, atau diplomat, karena mereka perlu memahami konteks budaya dari bahasa yang mereka gunakan.

Budaya internasional juga menjadi fokus kegiatan ekstrakurikuler di STBA PIA. Mahasiswa dapat bergabung dengan klub budaya, seperti Klub Bahasa Inggris, Klub Bahasa Jepang, dan Klub Tari Tradisional. Klub-klub ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang budaya tertentu dan berinteraksi dengan penutur asli. Selain itu, STBA PIA juga menyelenggarakan berbagai acara budaya, seperti festival film internasional dan pameran budaya, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang budaya yang berbeda.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Kuliah Jurusan Bisnis Internasional

Memahami budaya internasional sangat penting untuk menjadi warga global yang efektif. Di era globalisasi yang semakin terhubung ini, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan orang dari budaya yang berbeda sangat penting. STBA PIA mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi tantangan ini dengan memberikan mereka landasan yang kuat dalam bahasa dan budaya internasional.

Penguasaan Bahasa

Penguasaan bahasa merupakan aspek krusial di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA). Hal ini karena kemampuan berbahasa sangat penting untuk menjadi seorang komunikator bahasa yang efektif.

  • Kemampuan Berbahasa Reseptif

    Kemampuan ini meliputi mendengarkan dan membaca, yang memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan dalam bahasa asing.

  • Kemampuan Berbahasa Produktif

    Kemampuan ini meliputi berbicara dan menulis, yang memungkinkan seseorang mengekspresikan pikiran dan ide dalam bahasa asing.

  • Kompetensi Linguistik

    Kompetensi ini mencakup pengetahuan tentang tata bahasa, kosakata, dan fonologi bahasa asing, yang menjadi dasar penggunaan bahasa yang benar.

  • Kelancaran dan Akurasi

    Kelancaran mengacu pada kemampuan berbicara atau menulis dengan lancar, sementara akurasi mengacu pada penggunaan bahasa yang benar secara tata bahasa dan kosakata.

Penguasaan bahasa di STBA PIA tidak hanya mencakup aspek-aspek teknis bahasa, tetapi juga kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan berkomunikasi dalam lingkungan akademis, profesional, dan sosial. Lulusan STBA PIA siap untuk berkarier di berbagai bidang yang membutuhkan penguasaan bahasa asing, seperti pendidikan, penerjemahan, bisnis internasional, dan diplomasi.

Komunikasi antarbudaya

Komunikasi antarbudaya merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA). Hal ini disebabkan karena komunikasi antarbudaya sangat penting untuk menjadi seorang komunikator bahasa yang efektif. Komunikasi antarbudaya mempelajari proses komunikasi antarorang yang berasal dari budaya yang berbeda, yang mencakup perbedaan bahasa, nilai, kepercayaan, dan praktik.

Di STBA PIA, mahasiswa dibekali dengan pemahaman yang mendalam tentang komunikasi antarbudaya. Mahasiswapelajari bagaimana mengidentifikasi dan mengatasi hambatan budaya dalam komunikasi, serta bagaimana mengadaptasi pesan mereka agar sesuai dengan audiens dari budaya lain. Sebagai contoh, mahasiswa program studi Bahasa Inggris di STBA PIA mempelajari tentang perbedaan budaya antara negara-negara berbahasa Inggris, seperti perbedaan dalam tata krama, gaya komunikasi, dan norma sosial. Pengetahuan ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin bekerja sebagai penerjemah, juru bahasa, atau diplomat, karena mereka perlu mengetahui cara berkomunikasi yang efektif dengan orang-orang dari budaya yang berbeda.

Pemahaman tentang komunikasi antarbudaya juga penting untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi warga global yang efektif. Di era globalisasi yang semakin terhubung ini, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan orang dari budaya yang berbeda sangat penting. STBA PIA mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi tantangan ini dengan memberikan mereka landasan yang kuat dalam komunikasi antarbudaya.

Kesimpulan

Komunikasi antarbudaya merupakan sebuah aspek krusial dalam pendidikan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Persahabatan Internasional Asia (PIA). Dengan memahami dan menguasai komunikasi antarbudaya, mahasiswa STBA PIA dapat menjadi komunikator bahasa yang efektif di kancah internasional, berkontribusi pada pemahaman antarbudaya dan kemajuan bangsa.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengembangan sumber daya manusia (PSDM) merupakan aspek krusial dalam memajukan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA) berperan penting dalam PSDM, khususnya dalam pengembangan keterampilan bahasa internasional yang sangat dibutuhkan di era globalisasi.

PSDM di STBA PIA berfokus pada peningkatan kompetensi mahasiswa dalam berbahasa asing, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman tentang budaya internasional, sehingga mereka dapat berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan yang baik dengan penutur bahasa asing. Lulusan STBA PIA diharapkan dapat menjadi tenaga kerja profesional yang mampu bersaing di pasar global dan berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Salah satu contoh nyata PSDM di STBA PIA adalah program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi untuk belajar di universitas terkemuka di luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar dan berinteraksi dengan mahasiswa internasional, sehingga memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi mereka.

Dengan menyediakan pendidikan bahasa internasional yang berkualitas, STBA PIA berkontribusi pada PSDM di Indonesia. Lulusan STBA PIA siap bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan keterampilan bahasa internasional, seperti bisnis, pariwisata, pendidikan, dan hubungan internasional. Mereka juga dapat menjadi jembatan budaya antara Indonesia dan negara-negara lain, sehingga mempererat hubungan kerja sama dan pemahaman antarbangsa.

Kerja Sama Internasional

Kerja sama internasional merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA). Hal ini sejalan dengan visi dan misi STBA PIA sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada bahasa dan budaya internasional. Kerja sama internasional mencakup berbagai bentuk kolaborasi dengan institusi pendidikan, organisasi internasional, dan lembaga pemerintah di luar negeri.

Baca Juga :   Kuliah Jurusan Hubungan Internasional: Prospek Karier & Tips Sukses

  • Kerjasama Akademik

    Bentuk kerja sama ini meliputi pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti, pengembangan program studi bersama, dan penyelenggaraan konferensi dan seminar internasional. Contohnya, STBA PIA memiliki program pertukaran mahasiswa dengan beberapa universitas di Jepang dan Korea Selatan.

  • Beasiswa Internasional

    STBA PIA menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi untuk belajar di universitas terkemuka di luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan memperluas wawasan internasional mereka.

  • Proyek Penelitian Bersama

    Dosen dan peneliti STBA PIA terlibat dalam proyek penelitian bersama dengan akademisi dari luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi dalam bidang bahasa dan budaya internasional.

  • Jaringan Internasional

    STBA PIA menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi internasional, seperti SEAMEO Regional Language Centre (RELC) dan ASEAN University Network (AUN). Kerja sama ini meliputi program pelatihan, lokakarya, dan pengembangan kurikulum.

Kerja sama internasional memberikan banyak manfaat bagi STBA PIA. Selain meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, kerja sama internasional juga memperluas jaringan STBA PIA di kancah global. Lulusan STBA PIA yang memiliki pengalaman internasional akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan berkontribusi pada kemajuan bangsa di bidang bahasa dan budaya internasional.

Inovasi Pembelajaran

Inovasi pembelajaran merupakan aspek penting dalam upaya STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA) untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa dan budaya internasional. Inovasi pembelajaran mencakup pengembangan dan penerapan metode, teknik, dan strategi pembelajaran yang baru dan kreatif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

  • Pembelajaran Berbasis Teknologi

    STBA PIA memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Mahasiswa menggunakan platform pembelajaran daring, aplikasi bahasa, dan perangkat lunak interaktif untuk memperkaya pengalaman belajar mereka dan meningkatkan motivasi belajar.

  • Pembelajaran Kolaboratif

    STBA PIA mendorong mahasiswa untuk belajar secara kolaboratif melalui diskusi kelompok, proyek bersama, dan tugas kelompok. Pembelajaran kolaboratif membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja sama tim, dan pemecahan masalah.

  • Pembelajaran Berbasis Proyek

    STBA PIA menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk memberikan mahasiswa pengalaman belajar yang autentik. Mahasiswa mengerjakan proyek-proyek yang relevan dengan dunia kerja, seperti menerjemahkan dokumen, membuat presentasi budaya, atau mengembangkan materi ajar bahasa.

  • Pembelajaran Berbeda

    STBA PIA menyadari bahwa setiap mahasiswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Oleh karena itu, STBA PIA menyediakan berbagai metode pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa yang beragam, seperti pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik.

Inovasi pembelajaran di STBA PIA telah menghasilkan peningkatan kualitas lulusan. Lulusan STBA PIA memiliki kemampuan bahasa dan budaya internasional yang mumpuni, serta keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan di dunia kerja. Inovasi pembelajaran juga telah meningkatkan minat mahasiswa untuk belajar bahasa dan budaya internasional, sehingga berkontribusi pada kemajuan pendidikan bahasa dan budaya internasional di Indonesia.

Kontribusi masyarakat

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada bahasa dan budaya internasional, STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA) tidak hanya memberikan kontribusi dalam bidang akademik, tetapi juga memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

  • Pendidikan Masyarakat

    STBA PIA menyelenggarakan berbagai program pendidikan masyarakat, seperti kursus bahasa asing, pelatihan penerjemahan, dan workshop budaya. Program-program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan budaya internasional mereka.

  • Pengabdian Masyarakat

    Dosen dan mahasiswa STBA PIA secara aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti mengajar di sekolah-sekolah, menerjemahkan dokumen untuk lembaga sosial, dan mengadakan kegiatan budaya di masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan mempererat hubungan antara STBA PIA dengan masyarakat sekitar.

  • Pengembangan SDM

    Lulusan STBA PIA memiliki keterampilan bahasa dan budaya internasional yang mumpuni, sehingga mereka dapat bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan keterampilan tersebut. Hal ini berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia dan meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.

  • Diplomasi Budaya

    STBA PIA menjadi wadah bagi pertukaran budaya antara Indonesia dan negara-negara lain. Melalui kegiatan-kegiatan seperti festival budaya dan konferensi internasional, STBA PIA mempromosikan pemahaman dan kerja sama antarbangsa melalui bahasa dan budaya.

Kontribusi masyarakat dari STBA PIA sangat beragam dan memiliki dampak positif bagi masyarakat, bangsa, dan dunia internasional. STBA PIA tidak hanya mendidik mahasiswa, tetapi juga memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui pendidikan, pengabdian, pengembangan SDM, dan diplomasi budaya.

Baca Juga :   Cara Membangun Karir Sukses di Bidang Keamanan Siber bersama Politeknik Siber Cerdika Internasional

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA)

Bagian ini berisi pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang STBA PIA. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk memberikan informasi penting dan mengklarifikasi aspek-aspek utama tentang STBA PIA.

Pertanyaan 1: Apa saja program studi yang ditawarkan STBA PIA?

Jawaban: STBA PIA menawarkan dua program studi, yaitu Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Sarjana Terapan Bahasa Mandarin.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendaftar ke STBA PIA?

Jawaban: Calon mahasiswa dapat mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh STBA PIA.

Pertanyaan 3: Apa saja fasilitas yang tersedia di STBA PIA?

Jawaban: STBA PIA memiliki berbagai fasilitas penunjang pembelajaran, seperti perpustakaan, laboratorium bahasa, ruang kelas yang nyaman, dan fasilitas olahraga.

Pertanyaan 4: Apa keunggulan STBA PIA dibandingkan perguruan tinggi lainnya?

Jawaban: STBA PIA memiliki keunggulan dalam hal fokus pada bahasa dan budaya internasional, kerja sama internasional yang luas, dan inovasi pembelajaran yang berkelanjutan.

Pertanyaan 5: Apa saja prospek karier lulusan STBA PIA?

Jawaban: Lulusan STBA PIA dapat berkarier di berbagai bidang, seperti pendidikan, penerjemahan, bisnis internasional, dan hubungan internasional.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengetahui informasi lebih lanjut tentang STBA PIA?

Jawaban: Calon mahasiswa dapat mengunjungi situs web resmi STBA PIA (https://www.stba-pia.ac.id/) atau menghubungi bagian penerimaan mahasiswa.

Pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan wawasan tentang aspek-aspek penting STBA PIA. Untuk informasi lebih mendalam, silakan kunjungi bagian selanjutnya yang akan membahas kurikulum dan metode pembelajaran di STBA PIA.

Lanjut membaca: Kurikulum dan Metode Pembelajaran STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA)

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tips berikut dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara efektif:

Tip 1: Latih Mendengarkan dan Berbicara
Banyaklah mendengarkan percakapan bahasa Inggris, seperti menonton film atau mendengarkan musik. Latihlah berbicara dengan teman atau bergabunglah dengan klub percakapan.

Tip 2: Perbanyak Membaca
Bacalah artikel, buku, atau berita berbahasa Inggris. Catat kosakata baru dan cobalah menggunakannya dalam percakapan atau tulisan.

Tip 3: Tulis Secara Teratur
Latih menulis bahasa Inggris melalui jurnal, esai, atau surat. Minta bantuan orang lain untuk memeriksa tulisan Anda.

Tip 4: Gunakan Kamus dan Aplikasi Belajar
Manfaatkan kamus dan aplikasi belajar bahasa untuk memperluas kosakata dan meningkatkan tata bahasa.

Tip 5: Belajar dengan Teman
Cari teman yang juga ingin belajar bahasa Inggris. Belajar bersama dapat meningkatkan motivasi dan membuat belajar lebih menyenangkan.

Tip 6: Tetap Konsisten
Belajarlah secara teratur, meskipun hanya 15-30 menit setiap hari. Konsistensi sangat penting untuk kemajuan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara signifikan. Ingatlah untuk berlatih secara teratur dan jangan menyerah. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan membuka banyak peluang dalam pendidikan, karier, dan kehidupan sosial Anda.

Bagian selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang strategi belajar bahasa Inggris yang efektif untuk membantu Anda mencapai tujuan bahasa Anda.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengupas secara mendalam tentang STBA Persahabatan Internasional Asia (PIA). Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada bahasa dan budaya internasional, STBA PIA memainkan peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia di bidang bahasa internasional, meningkatkan pemahaman antarbudaya, dan mempromosikan kerja sama internasional.

Beberapa poin utama yang dapat ditarik dari artikel ini meliputi:

  1. STBA PIA menyediakan pendidikan berkualitas dalam bidang bahasa Inggris dan Mandarin, dengan penekanan pada penguasaan bahasa, pemahaman budaya, dan komunikasi antarbudaya.
  2. STBA PIA memiliki kerja sama internasional yang luas dengan berbagai institusi pendidikan dan organisasi, memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar di luar negeri, terlibat dalam proyek penelitian bersama, dan membangun jaringan global.
  3. STBA PIA aktif berkontribusi kepada masyarakat melalui program pendidikan masyarakat, kegiatan pengabdian masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, dan diplomasi budaya, sehingga mempererat hubungan antara kampus dengan masyarakat dan dunia internasional.

Kemajuan STBA PIA tidak terlepas dari komitmennya untuk menyediakan pendidikan bahasa internasional yang berkualitas, memperkuat kerja sama internasional, dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Lulusan STBA PIA diharapkan dapat menjadi tenaga profesional yang cakap dalam bahasa dan budaya internasional, mampu berkarier di berbagai bidang, dan berkontribusi pada kemajuan bangsa dan dunia.