Tips Memilih Program Studi di STAI Natuna, Universitas Islam Negeri Natuna


Tips Memilih Program Studi di STAI Natuna, Universitas Islam Negeri Natuna

Stai Natuna atau Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna adalah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu contoh program pendidikan yang ditawarkan oleh Stai Natuna adalah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kehadiran Stai Natuna sangat penting bagi masyarakat Natuna karena memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi agama Islam. Beberapa manfaat yang diperoleh dari Stai Natuna antara lain: memperluas wawasan keislaman, meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai ajaran Islam, dan mempersiapkan kader-kader ulama yang berkualitas.

Secara historis, berdirinya Stai Natuna diawali dengan berdirinya Akademi Pendidikan Agama Islam (APAI) Natuna pada tahun 2002. Kemudian, pada tahun 2008, APAI Natuna berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna.

stai natuna

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam yang memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Program Studi
  • Kurikulum
  • Dosen
  • Mahasiswa
  • Fasilitas
  • Kerja Sama
  • Prestasi

STAI Natuna telah banyak berkontribusi dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia. Lulusan STAI Natuna telah berkiprah di berbagai bidang, baik sebagai tenaga pendidik, dai, maupun pegawai pemerintahan.

Sejarah

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan STAI Natuna. Sejarah menjadi salah satu faktor penting yang melatarbelakangi berdirinya STAI Natuna. Selain itu, sejarah juga menjadi bagian integral dari kurikulum STAI Natuna, khususnya dalam mata kuliah Sejarah Peradaban Islam dan Sejarah Pemikiran Islam. Mata kuliah-mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perkembangan agama Islam dari masa ke masa, sehingga mahasiswa dapat lebih memahami ajaran Islam secara komprehensif.

Contoh nyata keterkaitan antara sejarah dan STAI Natuna adalah penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen STAI Natuna tentang sejarah perkembangan Islam di Kabupaten Natuna. Penelitian-penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya khazanah keilmuan tentang Islam di Natuna. Selain itu, penelitian-penelitian ini juga menjadi referensi bagi masyarakat dan pemerintah dalam merumuskan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengembangan agama Islam di Natuna.

Pemahaman tentang sejarah juga sangat penting bagi mahasiswa STAI Natuna dalam menghadapi tantangan-tantangan kontemporer. Dengan memahami sejarah, mahasiswa dapat belajar dari pengalaman masa lalu dan mengambil pelajaran untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Misalnya, dalam menghadapi tantangan radikalisme dan terorisme, mahasiswa dapat belajar dari sejarah tentang bagaimana Islam telah menjadi agama yang damai dan toleran selama berabad-abad. Pemahaman sejarah ini akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan sikap kritis dan toleran terhadap perbedaan pendapat, serta memperkuat komitmen mereka terhadap nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan, termasuk Stai Natuna. Visi dan misi menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan lembaga. Visi Stai Natuna adalah “Menjadi lembaga pendidikan tinggi Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis nilai-nilai Islam.” Sedangkan misi Stai Natuna adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islam yang berkualitas.
    Stai Natuna berkomitmen untuk memberikan pendidikan tinggi Islam yang berkualitas dan sesuai dengan standar nasional. Hal ini diwujudkan melalui penyediaan kurikulum yang relevan, dosen yang kompeten, dan fasilitas pendidikan yang memadai.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis nilai-nilai Islam.
    Stai Natuna berupaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis pada nilai-nilai Islam. Hal ini dilakukan melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan akhlak mulia.
    Stai Natuna bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan akhlak mulia. Lulusan Stai Natuna diharapkan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki karakter yang Islami.
  • Berkontribusi pada pengembangan masyarakat.
    Stai Natuna memiliki komitmen untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, seperti penyuluhan agama, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan sosial lainnya.

Visi dan misi Stai Natuna menjadi panduan bagi seluruh civitas akademika dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Visi dan misi ini juga menjadi dasar dalam penyusunan rencana strategis dan pengembangan lembaga.

Program Studi

Program studi merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi, termasuk Stai Natuna. Program studi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu sesuai dengan minat dan bakatnya. Stai Natuna memiliki beberapa program studi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli di berbagai bidang.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Kuliah di STAI Al Hikmah Jakarta Selatan

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
    Program studi PAI mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru agama Islam yang profesional dan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial yang baik.
  • Hukum Ekonomi Syariah (HES)
    Program studi HES mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli hukum ekonomi syariah yang memahami prinsip-prinsip dasar ekonomi syariah dan mampu menerapkannya dalam praktik bisnis dan keuangan.
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
    Program studi MPI mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi manajer pendidikan Islam yang profesional dan memiliki kemampuan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam secara efektif dan efisien.
  • Tadris Bahasa Inggris (TBI)
    Program studi TBI mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan memiliki kemampuan dalam mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Keberadaan program studi di Stai Natuna sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli di berbagai bidang. Lulusan program studi Stai Natuna diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, baik di bidang pendidikan, ekonomi, hukum, maupun sosial.

Kurikulum

Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan di Stai Natuna. Kurikulum menjadi pedoman dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar dan pengembangan mahasiswa. Kurikulum Stai Natuna dirancang dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Kompetensi Lulusan

    Kurikulum Stai Natuna dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kompetensi lulusan dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

  • Struktur Kurikulum

    Struktur kurikulum Stai Natuna terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah pengembangan diri. Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh semua mahasiswa, sedangkan mata kuliah pilihan dan pengembangan diri dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

  • Metode Pembelajaran

    Kurikulum Stai Natuna menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, praktikum, dan penelitian. Metode pembelajaran dipilih sesuai dengan karakteristik mata kuliah dan kebutuhan mahasiswa.

  • Evaluasi Pembelajaran

    Kurikulum Stai Natuna juga mengatur tentang evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala untuk mengukur pencapaian kompetensi mahasiswa. Hasil evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar untuk perbaikan proses belajar mengajar.

Kurikulum Stai Natuna terus dievaluasi dan dikembangkan secara berkala untuk memastikan bahwa kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Evaluasi dan pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder lainnya.

Dosen

Dosen memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan Stai Natuna. Dosen merupakan tenaga pendidik yang bertugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar dan membimbing mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Kualitas dosen sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Stai Natuna.

Dosen di Stai Natuna memiliki kualifikasi akademik yang baik. Sebagian besar dosen memiliki gelar magister dan doktor dari universitas ternama di dalam dan luar negeri. Dosen juga aktif dalam kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Hal ini membuat dosen di Stai Natuna memiliki kompetensi yang mumpuni untuk memberikan pengajaran dan bimbingan kepada mahasiswa.

Selain memiliki kompetensi akademik, dosen di Stai Natuna juga memiliki komitmen yang kuat terhadap pengembangan lembaga. Dosen aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan Stai Natuna, seperti penyusunan kurikulum, pengembangan program studi baru, dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana.

Dengan kualitas dosen yang baik dan komitmen yang kuat terhadap pengembangan lembaga, Stai Natuna mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia. Lulusan Stai Natuna telah banyak berkiprah di berbagai bidang, baik sebagai tenaga pendidik, dai, pegawai pemerintahan, maupun pengusaha.

Mahasiswa

Mahasiswa merupakan komponen penting dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi, termasuk Stai Natuna. Mahasiswa adalah individu yang mengikuti pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi atau universitas. Keberadaan mahasiswa sangat penting bagi Stai Natuna karena mahasiswa merupakan subjek utama dalam proses pendidikan tinggi.

Mahasiswa Stai Natuna berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda-beda. Namun, mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk bekal masa depan mereka. Mahasiswa Stai Natuna juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti organisasi kemahasiswaan, unit kegiatan mahasiswa, dan kegiatan keagamaan.

Kehadiran mahasiswa sangat berpengaruh terhadap perkembangan Stai Natuna. Mahasiswa merupakan salah satu sumber daya utama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa berkontribusi dalam pengembangan Stai Natuna sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul. Selain itu, mahasiswa juga berperan sebagai jembatan antara Stai Natuna dengan masyarakat luas.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Mengenal Stai Ddi Mangkoso, Rumah Adat Toraja

Dengan memahami hubungan antara mahasiswa dan Stai Natuna, kita dapat melihat bahwa mahasiswa merupakan komponen penting dalam pengembangan lembaga pendidikan tinggi. Mahasiswa tidak hanya sebagai subjek dalam proses pendidikan, tetapi juga sebagai mitra dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap pengembangan potensi mahasiswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan Stai Natuna. Ketersediaan fasilitas yang memadai dapat mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan kemahasiswaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Stai Natuna.

  • Ruang Kelas

    Stai Natuna memiliki ruang kelas yang nyaman dan representatif. Ruang kelas dilengkapi dengan fasilitas seperti meja, kursi, papan tulis, dan LCD proyektor. Hal ini membuat mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan efektif.

  • Laboratorium Komputer

    Stai Natuna memiliki laboratorium komputer yang dilengkapi dengan komputer dan perangkat lunak yang memadai. Mahasiswa dapat menggunakan laboratorium komputer untuk belajar berbagai aplikasi komputer dan mengembangkan keterampilan di bidang teknologi informasi.

  • Perpustakaan

    Stai Natuna memiliki perpustakaan yang berisi koleksi buku, jurnal, dan sumber belajar lainnya yang lengkap. Perpustakaan menjadi pusat informasi dan sumber ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen.

  • Asrama Mahasiswa

    Stai Natuna memiliki asrama mahasiswa yang menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Asrama mahasiswa dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang belajar.

Keberadaan fasilitas yang memadai di Stai Natuna sangat mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan kemahasiswaan. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Kerja Sama

Kerja sama merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan Stai Natuna. Stai Natuna menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Stai Natuna dan memperluas jaringan Stai Natuna di tingkat nasional dan internasional.

Salah satu contoh kerja sama yang dilakukan oleh Stai Natuna adalah kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau). Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kerja sama ini, mahasiswa Stai Natuna dapat mengikuti perkuliahan di UIN Suska Riau dan dosen Stai Natuna dapat melakukan penelitian bersama dengan dosen UIN Suska Riau.

Selain dengan UIN Suska Riau, Stai Natuna juga menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Kerja sama dengan perguruan tinggi lain ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Stai Natuna dan memperluas jaringan Stai Natuna di tingkat nasional.

Kerja sama yang dilakukan oleh Stai Natuna memberikan banyak manfaat bagi Stai Natuna. Melalui kerja sama ini, Stai Natuna dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, dan meningkatkan reputasi Stai Natuna di tingkat nasional dan internasional. Kerja sama ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen Stai Natuna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka.

Prestasi

Stai Natuna telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan. Prestasi tersebut menjadi bukti kualitas pendidikan dan pengakuan dari masyarakat terhadap Stai Natuna.

  • Prestasi Akademik

    Mahasiswa Stai Natuna telah meraih prestasi akademik yang membanggakan. Beberapa mahasiswa telah meraih juara dalam kompetisi karya tulis ilmiah, lomba debat, dan lomba lainnya di tingkat nasional maupun internasional.

  • Prestasi Kemahasiswaan

    Mahasiswa Stai Natuna juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Mereka telah meraih prestasi di berbagai bidang, seperti olahraga, seni, dan organisasi mahasiswa.

  • Prestasi Dosen

    Dosen Stai Natuna juga aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Mereka telah menghasilkan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. Beberapa dosen juga telah meraih penghargaan atas karya ilmiah mereka.

  • Prestasi Institusional

    Stai Natuna juga telah meraih prestasi institusional. Beberapa prestasi yang telah diraih, antara lain akreditasi institusi, akreditasi program studi, dan penghargaan dari pemerintah daerah.

Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan kualitas pendidikan di Stai Natuna yang terus meningkat. Prestasi tersebut juga menjadi motivasi bagi mahasiswa dan dosen untuk terus meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan Stai Natuna menjadi lebih baik.

Baca Juga :   Panduan Lengkap STAI Bumi Silampari Lubuk Linggau untuk Mahasiswa Masa Kini

Pertanyaan Umum tentang STAI Natuna

Pertanyaan Umum (FAQ) ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum yang mungkin muncul tentang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membahas hal-hal penting terkait STAI Natuna, seperti program studi, fasilitas, dan prestasi.

Pertanyaan 1: Apa saja program studi yang ditawarkan oleh STAI Natuna?

STAI Natuna menawarkan empat program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Tadris Bahasa Inggris (TBI).

Pertanyaan 2: Bagaimana kualitas pendidikan di STAI Natuna?

STAI Natuna memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman. Selain itu, STAI Natuna juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pertanyaan 3: Fasilitas apa saja yang tersedia di STAI Natuna?

STAI Natuna memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer, perpustakaan, dan asrama mahasiswa.

Pertanyaan 4: Apakah STAI Natuna memiliki prestasi?

Ya, STAI Natuna telah meraih berbagai prestasi, baik di bidang akademik, kemahasiswaan, maupun institusional.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mendaftar di STAI Natuna?

Informasi tentang pendaftaran dapat diperoleh melalui situs web resmi STAI Natuna atau dengan menghubungi bagian administrasi.

Pertanyaan 6: Apa saja jalur masuk ke STAI Natuna?

STAI Natuna memiliki beberapa jalur masuk, seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Demikian beberapa pertanyaan umum tentang STAI Natuna. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi situs web resmi STAI Natuna atau menghubungi bagian administrasi.

Pembahasan tentang STAI Natuna berlanjut pada bagian berikutnya, yang akan mengulas sejarah berdirinya STAI Natuna dan perkembangannya hingga saat ini.

Tips Pengembangan Diri bagi Mahasiswa Baru

Masa mahasiswa merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan diri. Berikut beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa baru untuk mengembangkan diri:

1. Tentukan Tujuan: Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis untuk pengembangan diri. Ini akan membantu mahasiswa untuk fokus dan termotivasi.

2. Keluar dari Zona Nyaman: Cobalah hal-hal baru dan tantang diri sendiri. Keluar dari zona nyaman dapat membantu mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang.

3. Bergabung dengan Organisasi: Bergabung dengan organisasi kampus dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi.

4. Manfaatkan Layanan Kampus: Kampus biasanya menyediakan berbagai layanan untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa, seperti pusat konseling, bimbingan karir, dan pusat bahasa.

5. Cari Mentor: Cari mentor atau pembimbing yang dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan nasihat.

6. Baca Buku dan Artikel: Baca buku dan artikel tentang topik yang diminati. Membaca dapat memperluas wawasan dan pengetahuan.

7. Ikuti Seminar dan Workshop: Ikuti seminar dan workshop tentang pengembangan diri untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru.

8. Refleksi Diri: Luangkan waktu untuk merefleksi diri secara berkala untuk menilai kemajuan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, mahasiswa baru dapat memaksimalkan masa perkuliahan untuk mengembangkan diri secara optimal. Pengembangan diri yang optimal akan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan di masa depan.

Pembahasan tentang tips pengembangan diri bagi mahasiswa baru berlanjut pada bagian berikutnya, yang akan mengulas pentingnya pengembangan diri dan manfaatnya bagi mahasiswa.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengupas berbagai aspek penting tentang STAI Natuna. Mulai dari sejarah berdirinya, visi dan misi, program studi, fasilitas, hingga prestasi yang telah diraih. Melalui pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa STAI Natuna telah memainkan peran penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Kabupaten Natuna.

Salah satu poin penting yang terungkap dalam artikel ini adalah komitmen STAI Natuna dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia. Hal ini tercermin dari kurikulum yang dirancang dengan baik, dosen yang kompeten, dan fasilitas pendukung yang memadai. Selain itu, kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di STAI Natuna.

Kehadiran STAI Natuna menjadi harapan baru bagi masyarakat Natuna untuk memperoleh pendidikan tinggi agama Islam yang berkualitas. Melalui pendidikan yang berkualitas, lulusan STAI Natuna diharapkan dapat berkontribusi positif bagi pembangunan daerah dan bangsa. Oleh karena itu, perlu dukungan dari semua pihak agar STAI Natuna dapat terus berkembang dan menjadi pusat pengembangan ilmu agama Islam di wilayah Kepulauan Riau.