Panduan Lengkap Politeknik Negeri Tanah Laut: Prospek Karir & Tips Sukses


Panduan Lengkap Politeknik Negeri Tanah Laut: Prospek Karir & Tips Sukses

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sebagai institusi pendidikan vokasi, Politala menawarkan program studi di bidang teknik dan bisnis yang relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Kehadiran Politala memiliki peran penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten dan siap pakai. Lulusan Politala telah banyak terserap di dunia industri dan pemerintahan, berkontribusi positif terhadap pembangunan daerah dan nasional. Salah satu tonggak sejarah Politala adalah pembentukannya pada tahun 2014 melalui merger antara Akademi Komunitas Negeri Tanah Laut dan Politeknik Negeri Banjarmasin.

Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang Politeknik Negeri Tanah Laut, termasuk program studi yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, dan prestasi yang telah diraih.

Politeknik Negeri Tanah Laut

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memiliki beberapa aspek penting yang menjadikannya unik dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan industri. Aspek-aspek tersebut meliputi:

  • Pendidikan vokasi
  • Program studi teknik dan bisnis
  • Kerja sama dengan industri
  • Dosen berpengalaman
  • Fasilitas lengkap
  • Beasiswa
  • Prestasi mahasiswa
  • Alumni sukses
  • Kontribusi terhadap pembangunan daerah

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain, sehingga menjadikan Politala sebagai pilihan tepat bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang vokasi. Lulusan Politala memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga memiliki peluang karier yang luas dan menjanjikan.

Pendidikan vokasi

Pendidikan vokasi merupakan salah satu aspek penting yang menjadi ciri khas Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). Pendidikan vokasi di Politala dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

  • Kompetensi teknis
    Pendidikan vokasi di Politala menekankan pada penguasaan kompetensi teknis yang sesuai dengan bidang studi yang dipilih. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan melalui pembelajaran teori dan praktik di laboratorium dan bengkel yang lengkap.
  • Pengalaman praktik
    Selain kompetensi teknis, mahasiswa Politala juga memperoleh pengalaman praktik melalui magang di perusahaan atau industri terkait. Pengalaman praktik ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi kerja yang sebenarnya.
  • Kurikulum berbasis kebutuhan industri
    Kurikulum pendidikan vokasi di Politala disusun berdasarkan kebutuhan dunia industri. Politala bekerja sama dengan dunia industri untuk memastikan bahwa lulusannya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.
  • Dosen berpengalaman
    Dosen di Politala merupakan tenaga pengajar yang berpengalaman di bidang industri. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang up-to-date sehingga dapat memberikan pengajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Pendidikan vokasi di Politala mempersiapkan mahasiswa untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Lulusan Politala memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja karena dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Program studi teknik dan bisnis

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memiliki program studi teknik dan bisnis yang merupakan program studi unggulan. Program studi ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Program studi teknik di Politala meliputi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika. Sementara itu, program studi bisnis meliputi Akuntansi, Manajemen, dan Pemasaran. Program studi ini memiliki kurikulum yang berbasis kebutuhan dunia industri sehingga lulusannya memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja.

Salah satu contoh nyata dari keberhasilan program studi teknik dan bisnis di Politala adalah prestasi mahasiswa yang berhasil meraih juara dalam kompetisi tingkat nasional. Mahasiswa Politala berhasil meraih juara 1 dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) tahun 2021. Prestasi ini menunjukkan bahwa mahasiswa Politala memiliki kemampuan akademis dan keterampilan teknis yang mumpuni.

Program studi teknik dan bisnis merupakan komponen penting dari Politala. Program studi ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan daerah dan nasional. Lulusan program studi ini banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Mereka juga banyak yang menjadi pengusaha sukses.

Kerja sama dengan industri

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memiliki komitmen yang kuat dalam membangun kerja sama dengan industri. Kerja sama ini merupakan salah satu komponen penting dalam pengembangan Politala sebagai institusi pendidikan vokasi yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

Melalui kerja sama dengan industri, Politala memperoleh banyak manfaat. Di antaranya adalah:

  • Kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri
  • Praktik kerja industri (prakerin) bagi mahasiswa
  • Penelitian dan pengembangan bersama
  • Penyerapan lulusan ke dunia kerja

Salah satu contoh nyata dari kerja sama dengan industri di Politala adalah dengan PT Arutmin Indonesia. Kerja sama ini meliputi penyediaan fasilitas praktik kerja industri (prakerin) bagi mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Mahasiswa yang magang di PT Arutmin Indonesia memperoleh pengalaman praktik yang berharga dalam bidang pertambangan. Selain itu, Politala dan PT Arutmin Indonesia juga bekerja sama dalam pengembangan kurikulum Program Studi Teknik Mesin sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Mendapatkan Beasiswa Kuliah Dalam Negeri

Kerja sama dengan industri merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi pada kesuksesan Politala dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Lulusan Politala memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia industri, sehingga memiliki peluang karier yang luas dan menjanjikan.

Dosen Berpengalaman

Dosen berpengalaman merupakan salah satu komponen penting dalam Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). Dosen berpengalaman memiliki peran yang sangat besar dalam keberhasilan Politala dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

Salah satu peran penting dosen berpengalaman adalah dalam penyampaian materi perkuliahan. Dosen berpengalaman memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkan, sehingga dapat menyampaikan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Selain itu, dosen berpengalaman juga memiliki pengalaman dalam dunia industri, sehingga dapat memberikan contoh-contoh nyata dan aktual yang memperkaya pemahaman mahasiswa.

Selain dalam penyampaian materi perkuliahan, dosen berpengalaman juga berperan dalam pembimbingan mahasiswa. Dosen berpengalaman dapat memberikan bimbingan yang optimal kepada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah, skripsi, dan proyek lainnya. Bimbingan dari dosen berpengalaman sangat penting untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan tepat waktu.

Dengan demikian, dosen berpengalaman merupakan komponen penting dalam Politala. Dosen berpengalaman berperan dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja melalui penyampaian materi perkuliahan yang berkualitas dan pembimbingan mahasiswa yang optimal.

Fasilitas lengkap

Sebagai institusi pendidikan vokasi, Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) menyediakan fasilitas lengkap yang mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan mahasiswa. Fasilitas lengkap ini menjadi salah satu keunggulan Politala dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

  • Laboratorium dan bengkel

    Politala memiliki laboratorium dan bengkel yang lengkap sesuai dengan kebutuhan masing-masing program studi. Laboratorium dan bengkel ini dilengkapi dengan peralatan dan bahan praktik yang memadai, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktik yang optimal.

  • Pusat komputer

    Politala memiliki pusat komputer yang menyediakan akses internet dan komputer bagi mahasiswa. Pusat komputer ini dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, mengakses bahan belajar, dan mengembangkan keterampilan komputer.

  • Perpustakaan

    Politala memiliki perpustakaan yang menyediakan koleksi buku, jurnal, dan bahan bacaan lainnya yang lengkap. Perpustakaan ini menjadi pusat sumber belajar bagi mahasiswa dan dosen.

  • Lapangan olahraga

    Politala memiliki lapangan olahraga yang lengkap, seperti lapangan sepak bola, lapangan basket, dan lapangan voli. Lapangan olahraga ini dapat digunakan untuk kegiatan olahraga dan rekreasi mahasiswa.

Fasilitas lengkap di Politala memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktik yang optimal, mengakses bahan belajar yang lengkap, mengembangkan keterampilan komputer, dan menjaga kesehatan melalui kegiatan olahraga. Fasilitas lengkap ini menjadi faktor penting dalam keberhasilan Politala dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

Beasiswa

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini merupakan salah satu bentuk dukungan Politala dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Beasiswa yang tersedia di Politala antara lain:

  • Beasiswa prestasi
  • Beasiswa kurang mampu
  • Beasiswa khusus disabilitas
  • Beasiswa dari pemerintah daerah
  • Beasiswa dari perusahaan atau lembaga swasta

Beasiswa memiliki peran penting dalam keberlangsungan pendidikan mahasiswa di Politala. Beasiswa dapat meringankan biaya pendidikan, sehingga mahasiswa dapat fokus pada studinya tanpa terbebani masalah finansial. Selain itu, beasiswa juga dapat memotivasi mahasiswa untuk berprestasi dan menyelesaikan studinya tepat waktu.

Keberadaan beasiswa merupakan bukti komitmen Politala dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keberhasilan mahasiswa. Melalui beasiswa, Politala memberikan kesempatan yang sama bagi semua mahasiswa untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas.

Prestasi Mahasiswa

Prestasi mahasiswa merupakan salah satu aspek penting yang menjadi indikator keberhasilan Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Prestasi mahasiswa tidak hanya mencerminkan kualitas pendidikan di Politala, tetapi juga menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah dipelajari.

  • Prestasi akademik

    Prestasi akademik mahasiswa Politala dapat dilihat dari nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan prestasi dalam kompetisi akademik. Mahasiswa Politala banyak yang meraih prestasi akademik yang membanggakan, seperti menjadi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas dan universitas, serta meraih juara dalam kompetisi akademik tingkat regional dan nasional.

  • Prestasi non-akademik

    Selain prestasi akademik, mahasiswa Politala juga aktif dalam kegiatan non-akademik, seperti organisasi kemahasiswaan, olahraga, dan seni. Prestasi mahasiswa dalam bidang non-akademik menunjukkan bahwa mahasiswa Politala memiliki kemampuan soft skill yang baik, seperti kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi.

  • Prestasi dalam kompetisi

    Mahasiswa Politala juga banyak yang meraih prestasi dalam kompetisi, seperti kompetisi robotika, kompetisi desain, dan kompetisi bisnis. Prestasi dalam kompetisi menunjukkan bahwa mahasiswa Politala memiliki kreativitas, inovasi, dan kemampuan teknis yang tinggi.

  • Prestasi dalam pengabdian masyarakat

    Mahasiswa Politala juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, seperti kegiatan bakti sosial, penyuluhan kesehatan, dan pendampingan masyarakat. Prestasi mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa mahasiswa Politala memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan keinginan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Baca Juga :   Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 di Luar Negeri

Prestasi mahasiswa merupakan salah satu bukti nyata kualitas pendidikan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Mahasiswa Politala tidak hanya memiliki kompetensi teknis yang tinggi, tetapi juga memiliki soft skill yang baik dan kepedulian sosial yang tinggi. Prestasi mahasiswa menjadi kebanggaan bagi Politala dan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi positif kepada masyarakat.

Alumni Sukses

Alumni sukses merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan. Alumni sukses tidak hanya membawa nama baik almamater, tetapi juga berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan bangsa. Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memiliki komitmen yang kuat dalam menghasilkan alumni sukses yang kompeten dan siap kerja.

Hubungan antara alumni sukses dan Politala bersifat saling menguatkan. Alumni sukses menjadi bukti nyata kualitas pendidikan di Politala. Prestasi dan kontribusi alumni sukses menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa untuk bergabung dengan Politala. Sebaliknya, Politala memberikan dukungan dan fasilitas yang optimal bagi mahasiswa untuk meraih prestasi dan menjadi alumni sukses.

Banyak alumni Politala yang telah sukses di berbagai bidang, baik di pemerintahan, swasta, maupun wirausaha. Salah satu contoh alumni sukses Politala adalah Bapak Andi Makmur, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN. Beliau merupakan lulusan Program Studi Teknik Elektro Politala angkatan 2002. Bapak Andi Makmur telah banyak berkontribusi dalam pengembangan sektor kelistrikan di Indonesia. Contoh lainnya adalah Ibu Sari Dewi, yang merupakan alumni Program Studi Akuntansi Politala angkatan 2005. Beliau saat ini sukses menjadi pengusaha di bidang kuliner dan properti.

Keberadaan alumni sukses sangat penting bagi Politala. Alumni sukses menjadi role model bagi mahasiswa dan menunjukkan bahwa lulusan Politala memiliki kompetensi dan siap bersaing di dunia kerja. Alumni sukses juga dapat memberikan kontribusi nyata kepada Politala, seperti melalui donasi, sharing ilmu, dan penciptaan lapangan kerja bagi mahasiswa dan alumni Politala.

Kontribusi terhadap pembangunan daerah

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Melalui pendidikan vokasi yang diselenggarakan, Politala menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan siap kerja sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Lulusan Politala diserap oleh dunia kerja di Tanah Laut dan sekitarnya, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

Selain itu, Politala juga berperan aktif dalam pengembangan masyarakat di Tanah Laut. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, dosen dan mahasiswa Politala melakukan berbagai kegiatan, seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan keterampilan, dan pendampingan usaha kecil menengah. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Laut.

Salah satu contoh nyata kontribusi Politala terhadap pembangunan daerah adalah melalui program pelatihan keterampilan untuk masyarakat. Program ini memberikan pelatihan keterampilan di berbagai bidang, seperti teknik, bisnis, dan pariwisata. Setelah mengikuti pelatihan, masyarakat dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan usaha sendiri.

Kontribusi Politala terhadap pembangunan daerah sangat penting dan strategis. Politala menjadi salah satu penggerak utama pembangunan ekonomi dan sosial di Tanah Laut. Keberadaan Politala memberikan dampak positif bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Laut.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

FAQ ini berisi pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan mengenai Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). Pertanyaan-pertanyaan ini mengantisipasi pertanyaan umum dari calon mahasiswa, orang tua, dan masyarakat umum.

Pertanyaan 1: Apa itu Politeknik Negeri Tanah Laut?

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Politala menawarkan program studi di bidang teknik dan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Pertanyaan 2: Apa saja program studi yang ditawarkan Politala?

Politala menawarkan program studi di bidang teknik, yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika. Selain itu, Politala juga menawarkan program studi di bidang bisnis, yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Pemasaran.

Baca Juga :   Panduan Pendaftaran Beasiswa Luar Negeri untuk Raih Mimpi Studi di Luar Negeri

Pertanyaan 3: Apakah lulusan Politala mudah mendapatkan pekerjaan?

Lulusan Politala memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan karena pendidikan vokasi yang mereka terima sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Politala bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan industri untuk memastikan lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Pertanyaan 4: Apakah Politala memiliki fasilitas yang lengkap?

Politala memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar, antara lain laboratorium dan bengkel yang lengkap, pusat komputer, perpustakaan, dan lapangan olahraga. Fasilitas-fasilitas ini memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa.

Pertanyaan 5: Apakah Politala memberikan beasiswa kepada mahasiswa?

Politala menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini membantu meringankan biaya pendidikan sehingga mahasiswa dapat fokus pada studinya.

Pertanyaan 6: Apa saja prestasi yang telah diraih Politala?

Politala telah meraih berbagai prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Mahasiswa Politala telah meraih prestasi dalam kompetisi akademik, kompetisi robotika, dan kompetisi desain. Selain itu, Politala juga aktif dalam pengabdian kepada masyarakat.

FAQ ini memberikan gambaran umum tentang Politeknik Negeri Tanah Laut. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi Politala atau hubungi layanan informasi Politala.

Artikel selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang keunggulan Politeknik Negeri Tanah Laut dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja.

TIPS Memilih Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala)

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Politala menawarkan berbagai keunggulan yang dapat mendukung kesuksesan mahasiswa di dunia kerja. Berikut adalah beberapa tips memilih Politala sebagai institusi pendidikan tinggi:

Tip 1: Pertimbangkan minat dan bakat
Pilih program studi di Politala yang sesuai dengan minat dan bakat. Hal ini akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi mahasiswa untuk berprestasi.

Tip 2: Riset program studi
Pelajari secara mendalam program studi yang akan dipilih di Politala. Cari tahu tentang kurikulum, dosen, fasilitas, dan peluang karier yang tersedia.

Tip 3: Kunjungi Politala
Kunjungi kampus Politala untuk melihat langsung fasilitas dan lingkungan belajar. Berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tip 4: Manfaatkan jalur seleksi
Politala menyediakan beberapa jalur seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi. Pilih jalur seleksi yang paling sesuai dengan kemampuan dan prestasi.

Tip 5: Siapkan dokumen dengan baik
Siapkan dokumen persyaratan pendaftaran dengan lengkap dan benar. Perhatikan tenggat waktu pendaftaran untuk menghindari keterlambatan.

Tip 6: Ikuti tes seleksi dengan baik
Ikuti tes seleksi dengan baik dan optimal. Pelajari materi sesuai dengan ketentuan yang diberikan Politala.

Tip 7: Manfaatkan beasiswa
Politala menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Manfaatkan beasiswa ini untuk meringankan biaya pendidikan.

Tip 8: Persiapkan diri dengan baik
Setelah diterima di Politala, persiapkan diri dengan baik untuk menjalani perkuliahan. Belajar dengan tekun, aktif dalam organisasi, dan kembangkan keterampilan non-akademik.

Dengan mengikuti tips di atas, calon mahasiswa akan lebih siap untuk memilih dan menjalani pendidikan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Politala menawarkan lingkungan belajar yang kondusif, dosen berpengalaman, dan fasilitas lengkap. Lulusan Politala memiliki kompetensi dan siap kerja, sehingga memiliki peluang karier yang luas dan menjanjikan.

Artikel selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang prospek karier lulusan Politeknik Negeri Tanah Laut.

Kesimpulan

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) merupakan institusi pendidikan vokasi yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah dan nasional. Politala menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja melalui program studi teknik dan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Beberapa poin utama yang menjadi keunggulan Politala antara lain:

  • Kerja sama yang kuat dengan dunia industri
  • Dosen berpengalaman dan fasilitas lengkap
  • Program studi yang relevan dan berorientasi pada praktik

Lulusan Politala memiliki prospek karier yang luas dan menjanjikan di dunia kerja. Mereka diserap oleh berbagai perusahaan dan industri terkemuka. Keberadaan Politala memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Tanah Laut dan sekitarnya.

Politala terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Politala mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama membangun pendidikan vokasi yang unggul dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.