Panduan Lengkap Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur: Raih Pendidikan Terbaik


Panduan Lengkap Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur: Raih Pendidikan Terbaik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Institusi pendidikan ini pertama kali didirikan pada 11 Maret 1960 dengan nama Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI). UPNV Jatim bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa nasionalis.

UPNV Jatim memiliki berbagai keunggulan, di antaranya memiliki program studi yang lengkap dan berkualitas, serta didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten. Selain itu, kampus UPNV Jatim terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses, sehingga dapat menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Jawa Timur.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah UPNV Jatim adalah ketika pada tahun 2014 berganti nama dari Universitas Veteran Republik Indonesia menjadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Hal ini dilakukan untuk menguatkan identitas UPNV Jatim sebagai institusi pendidikan yang berorientasi pada pengembangan nasional.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim) merupakan institusi pendidikan tinggi yang memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Berbagai aspek penting UPNV Jatim perlu diperhatikan untuk memahami kontribusinya pada dunia pendidikan.

  • Sejarah
  • Visi dan misi
  • Program studi
  • Tenaga pengajar
  • Fasilitas
  • Akreditasi
  • Kerja sama
  • Prestasi

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi pada kualitas pendidikan yang ditawarkan UPNV Jatim. Misalnya, sejarah panjang UPNV Jatim telah membentuk nilai-nilai dan budaya institusi yang kuat, sementara visi dan misi yang jelas memberikan arah pengembangan universitas. Program studi yang lengkap dan berkualitas didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan fasilitas yang memadai. Akreditasi yang baik menjadi bukti pengakuan kualitas pendidikan UPNV Jatim, sementara kerja sama dengan berbagai pihak membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka. Prestasi yang diraih oleh UPNV Jatim, baik di tingkat nasional maupun internasional, menjadi bukti nyata kontribusi universitas dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sejarah

Sejarah merupakan aspek yang sangat penting bagi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Sejarah panjang UPNV Jatim telah membentuk nilai-nilai dan budaya institusi yang kuat, serta memberikan landasan yang kokoh bagi pengembangan universitas di masa depan.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah UPNV Jatim adalah ketika pada tahun 2014 berganti nama dari Universitas Veteran Republik Indonesia menjadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Perubahan nama ini merupakan bentuk penguatan identitas UPNV Jatim sebagai institusi pendidikan yang berorientasi pada pembangunan nasional. Selain itu, sejarah UPNV Jatim juga tidak lepas dari perjuangan para veteran dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme tersebut terus ditanamkan kepada mahasiswa UPNV Jatim hingga saat ini.

Pemahaman tentang sejarah UPNV Jatim memiliki banyak manfaat bagi civitas akademika dan masyarakat luas. Pertama, sejarah dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk terus berprestasi dan berkontribusi kepada almamater. Kedua, sejarah dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas sebagai warga UPNV Jatim. Ketiga, sejarah dapat menjadi bahan pembelajaran yang berharga tentang nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme.

Visi dan misi

Visi dan misi merupakan komponen penting bagi sebuah institusi pendidikan, termasuk Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Visi dan misi menjadi pedoman bagi universitas dalam menentukan arah pengembangan dan mencapai tujuannya.

Visi UPNV Jatim adalah “Menjadi universitas unggul yang berwawasan kebangsaan dan bertaraf internasional dalam pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa nasionalis”. Visi ini menunjukkan bahwa UPNV Jatim ingin menjadi universitas yang diakui secara nasional dan internasional, serta mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat.

Sedangkan misi UPNV Jatim adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berwawasan kebangsaan.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada nilai-nilai kebangsaan.
  3. Memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan universitas.
  4. Menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa nasionalis.

Visi dan misi UPNV Jatim memiliki hubungan yang erat. Visi menjadi tujuan akhir yang ingin dicapai oleh universitas, sementara misi merupakan langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Dengan demikian, visi dan misi saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan.

Program studi

Program studi merupakan salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Program studi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan bidang yang mereka minati.

  • Jenis program studi

    UPNV Jatim memiliki berbagai jenis program studi, mulai dari program sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3). Setiap program studi memiliki fokus dan kurikulum yang berbeda-beda, sehingga mahasiswa dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan tujuan karier mereka.

  • Kurikulum

    Kurikulum program studi di UPNV Jatim dirancang dengan mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi. Kurikulum tersebut disusun secara sistematis dan komprehensif, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

  • Tenaga pengajar

    Program studi di UPNV Jatim didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Tenaga pengajar tersebut terdiri dari dosen tetap, dosen tidak tetap, serta praktisi dari dunia industri. Hal ini memastikan bahwa mahasiswa memperoleh pengajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan terkini.

  • Fasilitas

    Untuk mendukung proses belajar mengajar, UPNV Jatim menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Universitas Islam Malang

Program studi di UPNV Jatim memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Dengan memilih program studi yang tepat dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, mahasiswa UPNV Jatim dapat memperoleh pendidikan yang optimal dan meraih kesuksesan di masa depan.

Tenaga pengajar

Tenaga pengajar merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Tenaga pengajar bertanggung jawab untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada mahasiswa, sehingga memiliki peran sangat penting dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas.

  • Kualifikasi

    Tenaga pengajar di UPNV Jatim memiliki kualifikasi akademik yang tinggi. Sebagian besar tenaga pengajar memiliki gelar doktor atau sedang menempuh pendidikan doktoral. Kualifikasi akademik yang tinggi memastikan bahwa tenaga pengajar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam di bidang yang mereka ajarkan.

  • Pengalaman

    Selain kualifikasi akademik, tenaga pengajar di UPNV Jatim juga memiliki pengalaman yang luas di bidang pendidikan dan penelitian. Pengalaman ini sangat penting untuk memberikan pengajaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.

  • Penelitian

    Tenaga pengajar di UPNV Jatim aktif melakukan penelitian di berbagai bidang. Hasil penelitian tersebut tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.

  • Publikasi

    Tenaga pengajar di UPNV Jatim aktif mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal ilmiah nasional dan internasional. Publikasi tersebut menunjukkan bahwa tenaga pengajar memiliki kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman sangat penting untuk keberhasilan pendidikan di UPNV Jatim. Dengan tenaga pengajar yang berkualitas, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja. Selain itu, tenaga pengajar juga dapat menjadi panutan bagi mahasiswa dan menginspirasi mereka untuk terus belajar dan berkembang.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting yang mendukung proses belajar mengajar di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Fasilitas yang lengkap dan memadai dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas.

  • Laboratorium

    UPNV Jatim memiliki berbagai laboratorium yang lengkap dan modern, seperti laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium sains. Laboratorium-laboratorium ini digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di berbagai program studi.

  • Perpustakaan

    UPNV Jatim memiliki perpustakaan yang besar dan lengkap. Perpustakaan ini menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, dan sumber belajar lainnya. Perpustakaan juga menyediakan fasilitas seperti ruang baca yang nyaman dan akses internet.

  • Fasilitas olahraga

    UPNV Jatim memiliki berbagai fasilitas olahraga, seperti lapangan olahraga, lapangan tenis, dan kolam renang. Fasilitas-fasilitas ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

  • Asrama

    UPNV Jatim menyediakan asrama bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota. Asrama ini menyediakan fasilitas yang nyaman dan aman, sehingga mahasiswa dapat fokus pada pendidikan mereka.

Fasilitas yang lengkap dan memadai di UPNV Jatim sangat mendukung proses belajar mengajar. Dengan fasilitas yang lengkap, mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan mengembangkan potensi mereka secara optimal.

Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan resmi yang diberikan kepada suatu lembaga pendidikan tinggi setelah dinilai memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh badan akreditasi. Bagi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim), akreditasi memiliki peran penting dalam menjamin kualitas pendidikan dan reputasi universitas.

  • Akreditasi Institusi
    Merupakan pengakuan terhadap keseluruhan institusi UPNV Jatim. Akreditasi institusi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan saat ini UPNV Jatim telah meraih akreditasi peringkat “Baik Sekali”.
  • Akreditasi Program Studi
    Merupakan pengakuan terhadap masing-masing program studi yang ada di UPNV Jatim. Akreditasi program studi dilakukan oleh lembaga akreditasi yang sesuai dengan bidang ilmu masing-masing program studi. Saat ini, sebagian besar program studi di UPNV Jatim telah meraih akreditasi minimal peringkat “B”.
  • Akreditasi Internasional
    Merupakan pengakuan terhadap kualitas pendidikan UPNV Jatim dari lembaga akreditasi internasional. Akreditasi internasional memberikan pengakuan bahwa lulusan UPNV Jatim memiliki kompetensi yang setara dengan lulusan perguruan tinggi di luar negeri. UPNV Jatim saat ini sedang mempersiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional.
  • Akreditasi Profesi
    Merupakan pengakuan terhadap kualitas program studi yang menghasilkan lulusan yang siap bekerja di bidang profesi tertentu. Akreditasi profesi dilakukan oleh lembaga profesi yang terkait. Beberapa program studi di UPNV Jatim, seperti program studi Teknik Sipil dan Akuntansi, telah meraih akreditasi profesi.
Baca Juga :   Cara Sukses Kuliah di Universitas Lambung Mangkurat

Dengan memiliki akreditasi yang baik, UPNV Jatim dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan. Akreditasi juga menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa dan mitra kerja sama. Selain itu, akreditasi juga mendorong UPNV Jatim untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanannya.

Kerja sama

Kerja sama merupakan salah satu aspek penting bagi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim) dalam menjalankan fungsinya sebagai institusi pendidikan. Kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, untuk mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kualitas pendidikan.

  • Kerja sama dengan Industri

    UPNV Jatim menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan industri untuk memberikan mahasiswa pengalaman praktik lapangan, magang, dan kesempatan kerja. Kerja sama ini sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap terjun ke dunia kerja.

  • Kerja sama dengan Perguruan Tinggi

    UPNV Jatim menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain, baik di dalam maupun luar negeri, untuk melakukan pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama. Kerja sama ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk memperluas wawasan dan mengembangkan jaringan.

  • Kerja sama dengan Pemerintah

    UPNV Jatim bekerja sama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan berbagai program, seperti program beasiswa, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama ini memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan mendukung pembangunan daerah.

  • Kerja sama Internasional

    UPNV Jatim menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan internasional. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri dan mengenal budaya baru.

Kerja sama yang dilakukan oleh UPNV Jatim memberikan banyak manfaat, antara lain meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri, dan memperluas jaringan. Selain itu, kerja sama juga berkontribusi pada pembangunan daerah dan kemajuan bangsa.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu aspek penting yang menjadi tolok ukur keberhasilan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim). Prestasi yang diraih tidak hanya mencerminkan kualitas pendidikan, tetapi juga membawa dampak positif bagi reputasi universitas dan masyarakat luas.

  • Prestasi Akademik
    Prestasi akademik mahasiswa UPNV Jatim sangat membanggakan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional, seperti juara kompetisi debat, olimpiade sains, dan penelitian ilmiah.
  • Prestasi Non-Akademik
    Selain prestasi akademik, mahasiswa UPNV Jatim juga aktif dalam kegiatan non-akademik, seperti olahraga, seni, dan budaya. Prestasi non-akademik ini menunjukkan bahwa mahasiswa UPNV Jatim tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki bakat dan kemampuan di bidang lainnya.
  • Prestasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
    Dosen dan peneliti UPNV Jatim aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil penelitian dan pengabdian tersebut telah banyak dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional, serta memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Prestasi Alumni
    Alumni UPNV Jatim banyak yang sukses dalam karirnya, baik di sektor pemerintahan, swasta, maupun wirausaha. Prestasi alumni menjadi bukti nyata bahwa UPNV Jatim mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Prestasi yang diraih oleh UPNV Jatim tidak hanya membanggakan bagi universitas, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan masyarakat luas. Prestasi tersebut membuktikan bahwa UPNV Jatim adalah sebuah universitas yang unggul dan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berprestasi.

Tanya Jawab Seputar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim) beserta jawabannya.

Pertanyaan 1: Apa saja program studi yang tersedia di UPNV Jatim?

UPNV Jatim memiliki berbagai program studi, mulai dari program sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor (S3). Beberapa program studi unggulan di UPNV Jatim antara lain Teknik Sipil, Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Hukum.

Pertanyaan 2: Bagaimana kualitas pendidikan di UPNV Jatim?

UPNV Jatim memiliki kualitas pendidikan yang baik dan diakui secara nasional. Hal ini dibuktikan dengan akreditasi institusi peringkat “Baik Sekali” dari BAN-PT dan sebagian besar program studi telah meraih akreditasi minimal peringkat “B”.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Universitas Bakrie: Rekomendasi Terbaik untuk Karier Masa Depan Anda

Pertanyaan 3: Apa saja fasilitas yang tersedia di UPNV Jatim?

UPNV Jatim menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti laboratorium komputer, laboratorium bahasa, perpustakaan, lapangan olahraga, asrama, dan fasilitas olahraga lainnya.

Pertanyaan 4: Apakah UPNV Jatim memiliki kerja sama dengan pihak lain?

Ya, UPNV Jatim memiliki kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, seperti industri, perguruan tinggi, pemerintah, dan lembaga pendidikan internasional.

Pertanyaan 5: Apa saja prestasi yang telah diraih oleh UPNV Jatim?

UPNV Jatim telah meraih berbagai prestasi, baik di bidang akademik, non-akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, maupun prestasi alumni. Prestasi tersebut menjadi bukti kualitas dan reputasi baik UPNV Jatim.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mendaftar menjadi mahasiswa UPNV Jatim?

Pendaftaran mahasiswa baru di UPNV Jatim dapat dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri UPNV Jatim.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai UPNV Jatim. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengenal lebih jauh tentang universitas ini.

Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang profil dan sejarah UPNV Jatim.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan menentukan masa depan Anda. Untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat, berikut adalah beberapa tips:

Tip 1: Kenali Diri Anda

Mulai dengan memahami minat, bakat, dan nilai-nilai Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi jurusan yang sesuai dengan kepribadian dan tujuan Anda.

Tip 2: Riset Jurusan

Pelajari berbagai jurusan yang tersedia di perguruan tinggi yang Anda minati. Baca deskripsi jurusan, prospek karier, dan mata kuliah yang akan Anda pelajari.

Tip 3: Pertimbangkan Prospek Karier

Pikirkan tentang tujuan karier Anda dan jurusan apa yang akan mempersiapkan Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Riset pasar kerja untuk mengetahui tren industri dan profesi yang sedang diminati.

Tip 4: Kunjungi Kampus

Hadiri acara kampus, seperti open house atau pameran pendidikan. Berbicara dengan mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan gambaran langsung tentang jurusan yang Anda minati.

Tip 5: Konsultasikan dengan Konselor Pendidikan

Konselor pendidikan dapat membantu Anda menilai minat, keterampilan, dan tujuan karier Anda. Mereka dapat memberikan saran dan bimbingan dalam memilih jurusan yang tepat.

Tip 6: Pertimbangkan Faktor Finansial

Selain minat dan karier, pastikan Anda mempertimbangkan faktor finansial. Cari tahu biaya kuliah, beasiswa, dan peluang kerja paruh waktu yang tersedia.

Tip 7: Jangan Takut Mencoba

Jika Anda ragu-ragu atau tidak yakin dengan pilihan Anda, jangan takut untuk mencoba jurusan yang berbeda. Anda selalu dapat beralih jurusan nanti jika diperlukan.

Tip 8: Ikuti kata hati Anda

Pada akhirnya, keputusan terbaik adalah yang sesuai dengan minat dan aspirasi Anda. Ikuti kata hati Anda dan pilih jurusan yang membuat Anda bersemangat dan termotivasi.

Memilih jurusan kuliah yang tepat adalah proses yang penting dan penuh pertimbangan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk membuat keputusan yang akan mengarahkan Anda menuju kesuksesan dan kepuasan karier.

Sekarang, setelah Anda memahami cara memilih jurusan kuliah yang tepat, mari kita bahas pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim) merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Berbagai aspek penting UPNV Jatim, seperti sejarah, visi dan misi, program studi, tenaga pengajar, fasilitas, akreditasi, kerja sama, dan prestasi, saling terkait dan berkontribusi pada kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Beberapa poin utama yang menjadi sorotan dalam artikel ini antara lain:

  1. UPNV Jatim memiliki sejarah panjang yang telah membentuk nilai-nilai dan budaya institusi, serta memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan universitas di masa depan.
  2. UPNV Jatim memiliki visi dan misi yang jelas, yaitu menjadi universitas unggul yang berwawasan kebangsaan dan bertaraf internasional dalam pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa nasionalis.
  3. UPNV Jatim memiliki berbagai program studi yang lengkap dan berkualitas, didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan fasilitas yang memadai.

Kualitas pendidikan UPNV Jatim dibuktikan dengan akreditasi yang baik, kerja sama dengan berbagai pihak, dan prestasi yang diraih oleh mahasiswa, dosen, peneliti, dan alumni. UPNV Jatim terus berinovasi dan mengembangkan diri untuk menjadi universitas yang unggul dan diakui secara nasional maupun internasional.