Panduan Lengkap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe untuk Calon Mahasiswa


Panduan Lengkap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe untuk Calon Mahasiswa

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe adalah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang berfokus pada bidang ilmu ekonomi. Kampus utamanya terletak di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dan memiliki beberapa program studi, seperti Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.

STIE Lhokseumawe memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang ekonomi di wilayah Aceh. Lulusannya memiliki kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi daerah. Salah satu momen penting dalam sejarah STIE Lhokseumawe adalah pada tahun 2010 ketika kampus ini berhasil meraih akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang profil, program studi, fasilitas, dan prestasi yang telah diraih oleh STIE Lhokseumawe sepanjang perjalanannya.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe memiliki banyak aspek penting yang berkontribusi pada kualitas pendidikan dan keberhasilan lulusannya. Aspek-aspek ini meliputi:

  • Kurikulum
  • Dosen
  • Fasilitas
  • Akreditasi
  • Beasiswa
  • Kerja sama
  • Prestasi
  • Alumni

Kurikulum STIE Lhokseumawe selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi dan kebutuhan dunia kerja. Dosen-dosennya juga sangat berpengalaman dan memiliki kualifikasi akademik yang tinggi. Fasilitas kampus STIE Lhokseumawe sangat lengkap, termasuk gedung perkuliahan yang nyaman, laboratorium komputer, dan perpustakaan yang modern. STIE Lhokseumawe juga telah meraih akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang membuktikan kualitas pendidikan yang tinggi. Selain itu, STIE Lhokseumawe juga menawarkan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. STIE Lhokseumawe memiliki kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah, perusahaan swasta, dan perguruan tinggi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri. Prestasi STIE Lhokseumawe juga sangat membanggakan, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Lulusan STIE Lhokseumawe juga memiliki prestasi yang baik di dunia kerja, banyak yang menjadi pemimpin di berbagai bidang.

Kurikulum

Kurikulum adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Kurikulum yang baik akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia profesional. STIE Lhokseumawe sangat memperhatikan kualitas kurikulumnya, sehingga selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi dan kebutuhan dunia kerja.

Kurikulum STIE Lhokseumawe dirancang untuk memberikan mahasiswa landasan yang kuat dalam ilmu ekonomi. Mahasiswa akan belajar tentang teori-teori ekonomi, metode penelitian, dan aplikasi ilmu ekonomi dalam dunia nyata. Kurikulum juga dilengkapi dengan mata kuliah praktikum dan magang, sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan ilmu yang telah dipelajari.

Salah satu contoh nyata dari kurikulum yang baik di STIE Lhokseumawe adalah program studi Manajemen. Program studi ini memiliki kurikulum yang komprehensif, mencakup mata kuliah seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Lulusan program studi Manajemen STIE Lhokseumawe sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan di Aceh dan luar Aceh, karena memiliki kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Memahami hubungan antara kurikulum dan STIE Lhokseumawe sangat penting bagi mahasiswa, calon mahasiswa, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kurikulum yang baik, STIE Lhokseumawe dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia profesional. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi di Aceh dan Indonesia.

Dosen

Salah satu aspek penting dalam sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) adalah dosen. Dosen merupakan tenaga pengajar yang bertanggung jawab dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa. Di STIE Lhokseumawe, dosen memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan.

  • Kualifikasi Akademik

    Dosen STIE Lhokseumawe memiliki kualifikasi akademik yang baik. Sebagian besar dosen bergelar magister (S2) dan doktor (S3). Kualifikasi ini merupakan jaminan bahwa dosen memiliki kompetensi dan penguasaan ilmu ekonomi yang tinggi.

  • Pengalaman Mengajar

    Selain kualifikasi akademik, dosen STIE Lhokseumawe juga memiliki pengalaman mengajar yang cukup. Pengalaman ini membuat dosen mampu menyampaikan materi perkuliahan dengan baik dan mudah dipahami oleh mahasiswa.

  • Penelitian dan Publikasi

    Dosen STIE Lhokseumawe aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Hasil penelitian dan publikasi dosen menjadi sumber informasi dan rujukan bagi mahasiswa dan masyarakat luas.

  • Pengabdian kepada Masyarakat

    Selain mengajar dan meneliti, dosen STIE Lhokseumawe juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini meliputi penyuluhan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   Tips Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah yang Tepat

Dosen yang berkualitas merupakan aset berharga bagi sebuah STIE. Dosen yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia profesional. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi di Aceh dan Indonesia.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Fasilitas yang lengkap dan memadai akan mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas lulusan.

  • Gedung dan Ruang Kuliah

    STIE Lhokseumawe memiliki gedung dan ruang kuliah yang representatif. Gedung kuliah dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, LCD proyektor, dan sound system. Ruang kuliah juga dirancang dengan baik, sehingga mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

  • Laboratorium Komputer

    STIE Lhokseumawe memiliki laboratorium komputer yang lengkap. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata kuliah yang membutuhkan penggunaan komputer, seperti Statistik, Ekonometrika, dan Sistem Informasi Manajemen.

  • Perpustakaan

    STIE Lhokseumawe memiliki perpustakaan yang cukup lengkap. Perpustakaan ini menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, dan referensi lainnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk belajar dan penelitian.

  • Fasilitas Olahraga

    STIE Lhokseumawe memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap, seperti lapangan olahraga, lapangan futsal, dan lapangan voli. Fasilitas ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berolahraga dan menjaga kesehatan.

Fasilitas yang lengkap dan memadai sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar di STIE Lhokseumawe. Dengan fasilitas yang baik, mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan efektif. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan STIE Lhokseumawe.

Akreditasi

Akreditasi merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Akreditasi berfungsi untuk menilai dan mengakui kualitas sebuah lembaga pendidikan tinggi. STIE Lhokseumawe sangat memperhatikan aspek akreditasi, sehingga selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

  • Akreditasi Institusi

    Akreditasi institusi merupakan penilaian terhadap keseluruhan lembaga pendidikan tinggi, meliputi visi, misi, tata kelola, sumber daya manusia, kurikulum, mahasiswa, dan sarana prasarana. STIE Lhokseumawe telah meraih akreditasi institusi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

  • Akreditasi Program Studi

    Akreditasi program studi merupakan penilaian terhadap kualitas sebuah program studi tertentu. STIE Lhokseumawe memiliki beberapa program studi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT, seperti Manajemen (A), Akuntansi (B), dan Ekonomi Pembangunan (B).

  • Akreditasi Internasional

    Akreditasi internasional merupakan pengakuan kualitas sebuah lembaga pendidikan tinggi oleh lembaga akreditasi internasional. STIE Lhokseumawe sedang mempersiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional, seperti ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA).

  • Manfaat Akreditasi

    Akreditasi memberikan banyak manfaat bagi STIE Lhokseumawe, antara lain meningkatkan kredibilitas dan reputasi, menarik mahasiswa berkualitas, meningkatkan kerja sama dengan dunia industri, dan meningkatkan peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Dengan meraih akreditasi, STIE Lhokseumawe membuktikan bahwa kualitas pendidikannya telah diakui oleh lembaga yang berwenang. Hal ini menjadi jaminan bagi mahasiswa dan masyarakat bahwa STIE Lhokseumawe mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia profesional.

Beasiswa

Beasiswa merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi atau kurang mampu. Beasiswa sangat penting bagi mahasiswa, karena dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe sangat menyadari pentingnya beasiswa bagi mahasiswa. STIE Lhokseumawe menawarkan berbagai jenis beasiswa, baik beasiswa dari pemerintah, yayasan, maupun perusahaan swasta. Beasiswa yang ditawarkan STIE Lhokseumawe antara lain:

  1. Beasiswa Bidikmisi
  2. Beasiswa PPA
  3. Beasiswa Baznas
  4. Beasiswa Bank Indonesia
  5. Beasiswa PTPN

Beasiswa-beasiswa tersebut telah membantu banyak mahasiswa STIE Lhokseumawe untuk menyelesaikan pendidikannya. Dengan adanya beasiswa, mahasiswa dapat lebih fokus belajar dan tidak terbebani oleh biaya pendidikan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan STIE Lhokseumawe.

Selain itu, beasiswa juga dapat meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa kurang mampu. Dengan adanya beasiswa, mahasiswa dari keluarga kurang mampu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Aceh dan Indonesia.

Kerja Sama

Kerja sama merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk di sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Kerja sama dapat dilakukan dengan berbagai pihak, seperti dunia industri, pemerintah, dan perguruan tinggi lainnya. Kerja sama yang baik akan memberikan banyak manfaat bagi STIE, antara lain meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, dan meningkatkan reputasi.

Baca Juga :   Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi

Bagi STIE Lhokseumawe, kerja sama sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui kerja sama dengan dunia industri, STIE Lhokseumawe dapat memperoleh masukan tentang kebutuhan dunia kerja dan menyesuaikan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan tersebut. Selain itu, kerja sama dengan dunia industri juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk magang dan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

Selain dengan dunia industri, STIE Lhokseumawe juga menjalin kerja sama dengan pemerintah dan perguruan tinggi lainnya. Kerja sama dengan pemerintah bertujuan untuk mendapatkan dukungan dalam pengembangan STIE Lhokseumawe. Sementara itu, kerja sama dengan perguruan tinggi lain bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta mengembangkan program bersama.

Beberapa contoh nyata kerja sama yang telah dilakukan oleh STIE Lhokseumawe antara lain kerja sama dengan Bank Indonesia dalam pengembangan program studi Perbankan Syariah, kerja sama dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam pengembangan ekonomi daerah, dan kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala dalam pengembangan program magister Manajemen.

Kerja sama yang baik akan membawa banyak manfaat bagi STIE Lhokseumawe. Dengan kerja sama yang baik, STIE Lhokseumawe dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, meningkatkan reputasi, dan pada akhirnya menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja di dunia profesional.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk di sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Prestasi menunjukkan kualitas pendidikan dan lulusan sebuah STIE. STIE Lhokseumawe memiliki banyak prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

  • Prestasi Akademik

    Prestasi akademik menunjukkan kualitas pendidikan di sebuah STIE. STIE Lhokseumawe memiliki banyak prestasi akademik, seperti meraih akreditasi institusi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan beberapa program studi terakreditasi BAN-PT.

  • Prestasi Non-Akademik

    Prestasi non-akademik menunjukkan kualitas lulusan sebuah STIE. STIE Lhokseumawe memiliki banyak prestasi non-akademik, seperti mahasiswa berprestasi di kompetisi nasional dan internasional, serta lulusan yang diterima di perusahaan-perusahaan ternama.

  • Prestasi Dosen

    Prestasi dosen menunjukkan kualitas sumber daya manusia di sebuah STIE. STIE Lhokseumawe memiliki banyak dosen berprestasi, seperti dosen yang meraih gelar doktor, melakukan penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional, dan memenangkan hibah penelitian.

  • Prestasi Institusi

    Prestasi institusi menunjukkan kualitas keseluruhan sebuah STIE. STIE Lhokseumawe memiliki banyak prestasi institusi, seperti meraih penghargaan sebagai STIE terbaik di Aceh, menjalin kerja sama dengan banyak pihak, dan menjadi pusat pengembangan ekonomi di wilayah Aceh.

Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan bahwa STIE Lhokseumawe adalah sebuah STIE yang berkualitas. Lulusan STIE Lhokseumawe memiliki kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Hal ini membuat lulusan STIE Lhokseumawe banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan ternama di Aceh dan luar Aceh.

Alumni

Alumni merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE). Alumni adalah lulusan dari STIE yang memiliki peran penting dalam pengembangan STIE dan masyarakat luas.

  • Ikatan Alumni

    Ikatan Alumni STIE Lhokseumawe merupakan wadah bagi para alumni untuk tetap terhubung dan berkontribusi kepada almamaternya. Ikatan Alumni STIE Lhokseumawe aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti reuni, seminar, dan kegiatan sosial.

  • Tracer Study

    Tracer study merupakan penelitian yang dilakukan untuk melacak jejak lulusan suatu perguruan tinggi. Tracer study STIE Lhokseumawe menunjukkan bahwa lulusan STIE Lhokseumawe memiliki tingkat penyerapan kerja yang tinggi dan bekerja di berbagai bidang, seperti perbankan, keuangan, dan pemerintahan.

  • Prestasi Alumni

    Alumni STIE Lhokseumawe banyak yang berprestasi di berbagai bidang. Ada yang menjadi pengusaha sukses, pejabat pemerintah, dan akademisi terkemuka. Prestasi alumni ini menjadi bukti kualitas pendidikan di STIE Lhokseumawe.

  • Sumbangsih Alumni

    Alumni STIE Lhokseumawe juga memberikan sumbangsih yang besar kepada almamaternya. Mereka sering memberikan bantuan dalam bentuk materi, tenaga, dan pemikiran. Alumni juga berperan aktif dalam pengembangan kurikulum dan program studi di STIE Lhokseumawe.

Dengan demikian, alumni merupakan aspek penting dalam pengembangan STIE Lhokseumawe. Alumni memberikan kontribusi yang besar dalam berbagai bidang, seperti pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas lulusan, dan pengembangan ekonomi daerah. STIE Lhokseumawe sangat menghargai peran alumni dan terus berupaya untuk memperkuat hubungan dengan para alumninya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

FAQ (Frequently Asked Questions) ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum seputar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe. Pertanyaan ini mengulas aspek-aspek penting, seperti program studi, fasilitas, dan prospek lulusan.

Baca Juga :   Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia Terbaik untuk Karier Cemerlang

Pertanyaan 1: Prodi apa saja yang tersedia di STIE Lhokseumawe?

STIE Lhokseumawe memiliki tiga program studi sarjana, yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.

Pertanyaan 2: Apa saja fasilitas yang tersedia di kampus STIE Lhokseumawe?

STIE Lhokseumawe memiliki fasilitas yang lengkap, seperti gedung perkuliahan ber-AC, laboratorium komputer, perpustakaan, dan fasilitas olahraga.

Pertanyaan 3: Berapa biaya kuliah di STIE Lhokseumawe?

Biaya kuliah di STIE Lhokseumawe bervariasi tergantung pada program studi dan jalur masuk. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di bagian keuangan kampus.

Pertanyaan 4: Apakah STIE Lhokseumawe memiliki program beasiswa?

Ya, STIE Lhokseumawe menawarkan berbagai program beasiswa, seperti Bidikmisi, PPA, dan Baznas. Mahasiswa yang berprestasi atau kurang mampu dapat mengajukan beasiswa tersebut.

Pertanyaan 5: Apakah lulusan STIE Lhokseumawe mudah mendapatkan pekerjaan?

Lulusan STIE Lhokseumawe memiliki peluang kerja yang baik. Mereka banyak terserap di berbagai bidang, seperti perbankan, keuangan, dan pemerintahan.

Pertanyaan 6: Apakah STIE Lhokseumawe memiliki kerja sama dengan dunia industri?

Ya, STIE Lhokseumawe menjalin kerja sama dengan berbagai dunia industri, seperti Bank Indonesia, Pemerintah Kota Lhokseumawe, dan perusahaan swasta. Kerja sama ini memberikan banyak manfaat, seperti kesempatan magang dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

FAQ ini memberikan informasi penting tentang STIE Lhokseumawe. Masih banyak aspek menarik yang dapat dibahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya.

Selain FAQ, artikel ini juga akan membahas sejarah berdirinya STIE Lhokseumawe, profil dosen dan tenaga kependidikan, serta kegiatan mahasiswa.

Tips Sukses Kuliah di STIE Lhokseumawe

Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe dapat menjadi pengalaman yang menantang sekaligus menyenangkan. Agar sukses kuliah di STIE Lhokseumawe, ada beberapa tips yang dapat diikuti.

Tip 1: Belajar secara Efektif
Buatlah jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Manfaatkan fasilitas perpustakaan dan laboratorium komputer di kampus untuk belajar.

Tip 2: Aktif di Kelas
Hadir di setiap perkuliahan dan berpartisipasilah aktif. Bertanyalah jika ada materi yang tidak dipahami.

Tip 3: Perluas Relasi
Bergabunglah dengan organisasi kemahasiswaan atau ikut kegiatan kampus lainnya. Hal ini dapat membantu memperluas relasi dan meningkatkan keterampilan sosial.

Tip 4: Manfaatkan Layanan Kampus
STIE Lhokseumawe menyediakan berbagai layanan pendukung mahasiswa, seperti bimbingan konseling, layanan kesehatan, dan beasiswa. Manfaatkan layanan tersebut untuk mendukung kelancaran studi.

Tip 5: Jaga Kesehatan
Kesehatan sangat penting untuk menunjang keberhasilan studi. Jaga pola makan, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Tip 6: Persiapkan Diri untuk Dunia Kerja
Selain belajar di kelas, persiapkan diri untuk dunia kerja dengan mengikuti magang atau pelatihan kerja. Hal ini akan memberikan pengalaman kerja yang berharga.

Tip 7: Atur Keuangan dengan Baik
Biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah dapat menjadi beban tersendiri. Atur keuangan dengan baik dan carilah sumber penghasilan tambahan jika diperlukan.

Tip 8: Manfaatkan Teknologi
Gunakan teknologi untuk mendukung proses belajar, seperti mengakses materi kuliah online, bergabung dengan grup belajar di media sosial, atau memanfaatkan aplikasi pencatat materi.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, mahasiswa STIE Lhokseumawe dapat meningkatkan peluang kesuksesan mereka. Tips-tips ini akan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan akademik, memperluas relasi, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja.

Berbagai tips yang telah dibahas pada bagian ini akan membawa mahasiswa pada pembahasan akhir artikel, yaitu mengenai prospek lulusan STIE Lhokseumawe dan kiat-kiat sukses berkarir setelah lulus.

Kesimpulan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lhokseumawe memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang ekonomi di Aceh. Kampus ini menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja, didukung oleh dosen-dosen berkualitas dan fasilitas yang memadai. Prestasi akademik dan non-akademik yang diraih oleh STIE Lhokseumawe menjadi bukti kualitas pendidikan yang tinggi.

Beberapa poin utama yang menjadi kekuatan STIE Lhokseumawe antara lain kurikulum yang mengikuti perkembangan ilmu ekonomi, kerja sama dengan dunia industri, dan alumni yang berprestasi. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan berkontribusi pada kesuksesan lulusan STIE Lhokseumawe di dunia kerja.