Panduan Lengkap Universitas Sembilanbelas November Kolaka


Panduan Lengkap Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kolaka, Sulawesi Tenggara. UNSULKOL memiliki banyak fakultas dan jurusan yang menyediakan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa.

UNSULKOL sangat penting bagi masyarakat Kolaka dan sekitarnya karena menyediakan akses terhadap pendidikan tinggi. UNSULKOL juga memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi dan sosial daerah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah UNSULKOL adalah didirikannya pada tahun 1989 sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE).

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang UNSULKOL, termasuk sejarah, fakultas dan jurusan, prestasi mahasiswa, dan fasilitas kampus.

Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) merupakan institusi pendidikan tinggi terkemuka di Sulawesi Tenggara. UNSULKOL memiliki berbagai aspek penting yang berkontribusi pada peran dan reputasinya dalam dunia pendidikan.

  • Sejarah
  • Fakultas
  • Jurusan
  • Mahasiswa
  • Dosen
  • Kurikulum
  • Fasilitas
  • Prestasi
  • Kerjasama
  • Akreditasi

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan mendukung kemajuan UNSULKOL sebagai pusat pendidikan dan penelitian. Sejarah panjang UNSULKOL telah membentuk identitas dan reputasinya; fakultas dan jurusan yang beragam menyediakan pilihan pendidikan yang luas; mahasiswa yang berprestasi mengharumkan nama UNSULKOL; dosen yang berkualitas memastikan kualitas pendidikan; kurikulum yang inovatif mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja; fasilitas yang memadai mendukung proses belajar mengajar; prestasi akademik dan non-akademik menjadi bukti keunggulan UNSULKOL; kerjasama dengan berbagai pihak memperluas peluang dan jaringan; dan akreditasi yang diperoleh menjadi pengakuan atas standar pendidikan yang tinggi. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, UNSULKOL terus berkembang dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Sulawesi Tenggara dan Indonesia.

Sejarah

Sejarah merupakan aspek penting dalam perjalanan Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Sejarah panjang UNSULKOL telah membentuk identitas, reputasi, dan kontribusinya dalam dunia pendidikan tinggi di Sulawesi Tenggara.

  • Pendirian
    UNSULKOL didirikan pada tahun 1989 sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kolaka. Pendirian STIE Kolaka merupakan tonggak awal perjalanan UNSULKOL dalam menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Kolaka dan sekitarnya.
  • Pengembangan
    Sepanjang sejarahnya, UNSULKOL terus berkembang dan memperluas program pendidikannya. Pada tahun 2001, STIE Kolaka berubah status menjadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) dengan penambahan beberapa fakultas baru.
  • Akreditasi
    UNSULKOL telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk beberapa program studinya. Akreditasi ini merupakan pengakuan atas kualitas pendidikan yang diberikan oleh UNSULKOL.
  • Prestasi
    Mahasiswa UNSULKOL telah menorehkan berbagai prestasi di tingkat regional dan nasional. Prestasi-prestasi ini menjadi bukti kualitas pendidikan dan pembinaan mahasiswa di UNSULKOL.

Sejarah UNSULKOL yang panjang dan penuh dinamika telah menjadikannya sebagai salah satu universitas terkemuka di Sulawesi Tenggara. UNSULKOL terus memainkan peran penting dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas

Fakultas merupakan unit struktural dan organisasional di Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu atau beberapa bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

  • Jenis Fakultas

    UNSULKOL memiliki beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Pertanian.

  • Struktur Organisasi

    Setiap fakultas dipimpin oleh seorang dekan yang dibantu oleh wakil dekan. Fakultas juga memiliki jurusan dan program studi sebagai unit pelaksana kegiatan pendidikan dan penelitian.

  • Program Pendidikan

    Fakultas menyelenggarakan program pendidikan akademik dan vokasi yang mengarah pada gelar sarjana, magister, dan doktor.

  • Kerjasama

    Fakultas menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya fakultas, UNSULKOL dapat menyediakan pendidikan tinggi yang komprehensif dan berkualitas dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Fakultas menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan intelektualitas, keterampilan, dan nilai-nilai luhur.

Jurusan

Jurusan merupakan bagian penting dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Jurusan merupakan unit pelaksana akademik yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu bidang ilmu tertentu.

UNSULKOL memiliki beberapa jurusan yang berada di bawah fakultas masing-masing. Misalnya, Fakultas Ekonomi memiliki Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Hukum memiliki Jurusan Ilmu Hukum. Fakultas Teknik memiliki Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Matematika, dan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pertanian memiliki Jurusan Agroteknologi dan Jurusan Peternakan.

Keberadaan jurusan sangat penting bagi UNSULKOL karena memungkinkan universitas untuk menyediakan pendidikan tinggi yang komprehensif dan berkualitas dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Jurusan juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan intelektualitas, keterampilan, dan nilai-nilai luhur dalam bidang ilmu yang dipilihnya. Lulusan jurusan UNSULKOL diharapkan menjadi tenaga profesional yang kompeten dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

Mahasiswa

Mahasiswa merupakan komponen penting dalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Mereka adalah individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi di universitas tersebut. Keberadaan mahasiswa sangat penting bagi UNSULKOL karena mereka merupakan generasi penerus yang akan berkontribusi pada kemajuan universitas dan masyarakat luas.

Mahasiswa UNSULKOL memiliki peran penting dalam kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka terlibat dalam perkuliahan, diskusi, penelitian, dan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Keikutsertaan aktif mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja.

Selain itu, mahasiswa UNSULKOL juga memiliki peran sebagai agen perubahan sosial. Mereka dapat menjadi motor penggerak perubahan positif di lingkungan sekitar. Melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan lingkungan.

Dengan demikian, mahasiswa merupakan komponen penting dalam UNSULKOL. Mereka tidak hanya menjadi objek pendidikan, tetapi juga berperan aktif dalam pengembangan universitas dan masyarakat. Keberadaan mahasiswa menjadi indikator keberhasilan UNSULKOL dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Dosen

Dosen merupakan komponen penting dalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Mereka memiliki peran krusial dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Kualifikasi Akademik
    Dosen UNSULKOL memiliki kualifikasi akademik yang tinggi, minimal magister (S2) atau doktor (S3) di bidang ilmu yang sesuai dengan mata kuliah yang diampu.
  • Penelitian
    Dosen UNSULKOL aktif melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional.
  • Pengabdian kepada Masyarakat
    Dosen UNSULKOL juga terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mereka memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada masyarakat sekitar.
  • Bimbingan Mahasiswa
    Dosen UNSULKOL membimbing mahasiswa dalam proses belajar, baik secara akademik maupun non-akademik. Mereka memberikan bimbingan skripsi, tesis, dan disertasi.

Dengan kualifikasi akademik yang tinggi, aktivitas penelitian yang aktif, pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan, dan bimbingan mahasiswa yang intensif, dosen UNSULKOL berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di UNSULKOL.

Kurikulum

Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Kurikulum berperan dalam menentukan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.

  • Struktur Kurikulum

    Struktur kurikulum UNSULKOL dirancang secara sistematis untuk memenuhi standar pendidikan tinggi nasional dan kebutuhan pasar kerja. Kurikulum disusun berdasarkan pada visi, misi, dan tujuan UNSULKOL.

  • Mata Kuliah

    Kurikulum UNSULKOL terdiri dari berbagai mata kuliah yang relevan dengan bidang ilmu yang ditawarkan. Mata kuliah tersebut dikelompokkan ke dalam mata kuliah wajib, pilihan, dan pengembangan minat.

  • Metode Pembelajaran

    Metode pembelajaran yang digunakan di UNSULKOL bervariasi, disesuaikan dengan karakteristik mata kuliah dan kebutuhan mahasiswa. Metode pembelajaran tersebut antara lain ceramah, diskusi, praktikum, dan studi kasus.

  • Praktik Lapangan

    Kurikulum UNSULKOL juga menekankan pada praktik lapangan. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti praktik lapangan di dunia kerja untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan.

Kurikulum yang dirancang dengan baik menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan UNSULKOL dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja. Kurikulum UNSULKOL terus dievaluasi dan diperbarui secara berkala untuk memastikan relevansi dan kualitasnya.

Fasilitas

Fasilitas merupakan komponen penting dalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

UNSULKOL memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan modern. Fasilitas tersebut antara lain ruang kuliah yang nyaman, laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang luas, dan fasilitas olahraga yang memadai. Fasilitas-fasilitas ini sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar dan pengembangan diri.

Selain itu, UNSULKOL juga memiliki fasilitas penunjang lainnya, seperti asrama mahasiswa, kantin, dan layanan kesehatan. Fasilitas penunjang ini sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mahasiswa selama menempuh pendidikan di UNSULKOL.

Dengan tersedianya fasilitas yang lengkap dan modern, UNSULKOL dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswanya. Fasilitas tersebut juga menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi mahasiswa dan memajukan UNSULKOL sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu aspek penting dalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Prestasi yang diraih oleh mahasiswa dan dosen UNSULKOL menjadi bukti nyata kualitas pendidikan dan penelitian di universitas tersebut.

Prestasi mahasiswa UNSULKOL sangat beragam, mulai dari prestasi akademik hingga non-akademik. Prestasi akademik antara lain juara olimpiade sains, lomba karya tulis ilmiah, dan lulus dengan predikat cum laude. Sedangkan prestasi non-akademik antara lain juara olahraga, seni, dan kepemimpinan.

Prestasi yang diraih oleh dosen UNSULKOL juga tidak kalah membanggakan. Dosen UNSULKOL banyak yang meraih hibah penelitian nasional dan internasional, serta publikasi di jurnal ilmiah bereputasi. Prestasi tersebut menunjukkan bahwa dosen UNSULKOL memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi dalam bidang ilmu yang ditekuninya.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa dan dosen UNSULKOL memiliki dampak positif bagi universitas. Prestasi tersebut dapat meningkatkan reputasi UNSULKOL sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Selain itu, prestasi tersebut juga dapat menarik mahasiswa dan dosen terbaik untuk bergabung dengan UNSULKOL.

Kerjasama

Kerjasama merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Kerjasama yang baik dapat memperluas jaringan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memberikan peluang baru bagi mahasiswa dan dosen UNSULKOL.

  • Kerjasama dengan Industri

    UNSULKOL menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dan industri untuk memberikan pengalaman praktik kerja bagi mahasiswa dan peluang penelitian bagi dosen.

  • Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

    UNSULKOL bermitra dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri untuk program pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama.

  • Kerjasama dengan Pemerintah

    UNSULKOL bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pusat untuk program pengabdian masyarakat, pengembangan daerah, dan penyediaan beasiswa.

  • Kerjasama dengan Lembaga Internasional

    UNSULKOL bermitra dengan lembaga internasional seperti UNESCO dan AUN untuk program beasiswa, pelatihan dosen, dan pengembangan kurikulum.

Kerjasama yang luas ini memberikan banyak manfaat bagi UNSULKOL. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung di dunia kerja, dosen dapat meningkatkan kualitas penelitiannya, dan UNSULKOL dapat meningkatkan reputasinya sebagai universitas yang unggul. Selain itu, kerjasama juga dapat berkontribusi pada pengembangan daerah dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan resmi bahwa suatu lembaga pendidikan memenuhi standar mutu tertentu. Akreditasi sangat penting bagi Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) karena menjadi bukti bahwa UNSULKOL telah memenuhi standar kualitas pendidikan nasional dan internasional.

Akreditasi memiliki dampak positif bagi UNSULKOL. Pertama, akreditasi meningkatkan reputasi UNSULKOL sebagai universitas yang berkualitas. Kedua, akreditasi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UNSULKOL. Ketiga, akreditasi memudahkan lulusan UNSULKOL untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Keempat, akreditasi mendorong UNSULKOL untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya.

UNSULKOL telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk beberapa program studinya. Misalnya, Program Studi Akuntansi telah memperoleh akreditasi A. Program Studi Manajemen telah memperoleh akreditasi B. Program Studi Ilmu Hukum telah memperoleh akreditasi C.

Akreditasi UNSULKOL menjadi bukti bahwa UNSULKOL mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas. Akreditasi juga menjadi motivasi bagi UNSULKOL untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Dengan demikian, akreditasi sangat penting bagi UNSULKOL dan memiliki dampak positif bagi mahasiswa, lulusan, dan masyarakat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagian ini berisi daftar pertanyaan yang sering diajukan tentang Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Pertanyaan 1: Apa itu UNSULKOL?

UNSULKOL adalah universitas negeri yang terletak di Kolaka, Sulawesi Tenggara. UNSULKOL berdiri pada tahun 1989 awalnya sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kolaka.

Pertanyaan 2: Apa saja fakultas yang ada di UNSULKOL?

UNSULKOL memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Pertanian.

Pertanyaan 3: Apakah UNSULKOL memiliki program pascasarjana?

Ya, UNSULKOL memiliki program pascasarjana untuk beberapa program studi, seperti Magister Manajemen, Magister Akuntansi, dan Magister Ilmu Hukum.

Pertanyaan 4: Apakah UNSULKOL terakreditasi?

Ya, beberapa program studi di UNSULKOL telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mendaftar di UNSULKOL?

Pendaftaran di UNSULKOL dapat dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Universitas Sembilanbelas November Kolaka (SM-UNSULKOL).

Pertanyaan 6: Apa saja keunggulan UNSULKOL?

UNSULKOL memiliki beberapa keunggulan, antara lain: memiliki dosen yang berkualitas, fasilitas yang lengkap, biaya pendidikan yang terjangkau, dan lokasi yang strategis.

Pertanyaan-pertanyaan yang dijawab di atas memberikan informasi penting tentang Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi UNSULKOL atau hubungi bagian admisi UNSULKOL.

Selain pertanyaan yang dijawab di atas, masih banyak informasi menarik lainnya tentang UNSULKOL yang akan dibahas lebih dalam pada bagian selanjutnya.

TIPS untuk Mahasiswa Baru Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Memasuki dunia perkuliahan merupakan pengalaman baru yang dapat menjadi tantangan bagi mahasiswa baru. Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) menyediakan tips untuk membantu mahasiswa baru sukses dalam studi mereka.

Tip 1: Kenali lingkungan kampus. Jelajahi kampus, cari tahu letak gedung perkuliahan, perpustakaan, dan fasilitas lainnya. Ini akan membantu Anda merasa nyaman dan mengurangi stres saat memulai perkuliahan.

Tip 2: Hadiri orientasi mahasiswa baru. Orientasi ini memberikan informasi penting tentang akademik, kemahasiswaan, dan kehidupan kampus. Ikutilah dengan saksama dan jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang jelas.

Tip 3: Bangun relasi dengan dosen dan mahasiswa lain. Dosen adalah sumber pengetahuan dan bimbingan yang berharga. Hadiri perkuliahan secara teratur, ajukan pertanyaan, dan bangun hubungan baik dengan mereka. Selain itu, berinteraksilah dengan mahasiswa lain untuk membangun jaringan dan belajar bersama.

Tip 4: Atur waktu dengan baik. Perkuliahan di perguruan tinggi membutuhkan manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal belajar, alokasikan waktu untuk mengerjakan tugas, dan hindari menunda-nunda.

Tip 5: Manfaatkan fasilitas kampus. UNSULKOL menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat kegiatan mahasiswa. Manfaatkan fasilitas ini untuk mendukung proses belajar dan mengembangkan keterampilan.

Tip 6: Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan dapat mengembangkan soft skill, memperluas jaringan, dan meningkatkan pengalaman perkuliahan. Pilihlah organisasi atau kegiatan yang sesuai minat dan bakat Anda.

Tip 7: Jaga kesehatan fisik dan mental. Perkuliahan dapat menjadi stres dan menuntut. Jaga kesehatan fisik Anda dengan olahraga teratur dan pola makan sehat. Selain itu, jaga juga kesehatan mental dengan mencari dukungan dari teman, keluarga, atau konselor jika diperlukan.

Tip 8: Jangan ragu untuk meminta bantuan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam perkuliahan, jangan ragu untuk meminta bantuan. Dosen, staf administrasi, atau teman mahasiswa dapat membantu Anda mengatasi masalah akademik maupun non-akademik.

Dengan mengikuti tips ini, mahasiswa baru UNSULKOL dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalani masa perkuliahan yang sukses dan bermakna. Tips ini akan membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus, meningkatkan prestasi akademik, dan mengembangkan diri secara keseluruhan.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang prestasi mahasiswa UNSULKOL yang telah mengharumkan nama universitas di tingkat regional dan nasional.

Kesimpulan

Universitas Sembilanbelas November Kolaka (UNSULKOL) telah berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 1989. UNSULKOL kini menjadi salah satu universitas terkemuka di Sulawesi Tenggara, menawarkan berbagai program studi berkualitas tinggi yang didukung oleh dosen-dosen yang kompeten dan fasilitas yang modern.

Keunggulan UNSULKOL terletak pada komitmennya terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UNSULKOL juga memiliki peran penting dalam pengembangan daerah melalui kerja sama dengan pemerintah dan industri. Selain itu, UNSULKOL terus meningkatkan kualitas pendidikannya melalui akreditasi dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, UNSULKOL siap mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Lulusan UNSULKOL telah terbukti berprestasi di berbagai bidang, mengharumkan nama universitas di tingkat regional dan nasional. UNSULKOL akan terus berkembang dan berinovasi untuk menjadi pusat pendidikan tinggi yang unggul dan berkontribusi pada kemajuan bangsa.