Tips Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia Terbaik


Tips Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia Terbaik

Sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia) adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan studi di bidang ilmu komunikasi dengan fokus pada pengembangan keterampilan profesional.

STIKOM Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan industri komunikasi di Indonesia, dengan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Kampus ini memiliki keunggulan dalam kurikulum berbasis praktik, fasilitas yang canggih, dan kerja sama dengan dunia usaha.

Pada tahun 2005, STIKOM Indonesia diakui sebagai perguruan tinggi negeri, yang semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu institusi pendidikan komunikasi terkemuka di Indonesia.

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia

Aspek-aspek penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia) meliputi:

  • Kurikulum berbasis praktik
  • Dosen berpengalaman
  • Fasilitas canggih
  • Mitra industri yang luas
  • Lokasi strategis
  • Biaya terjangkau
  • Akreditasi nasional
  • Lulusan terserap kerja
  • Alumni sukses
  • Reputasi baik

Aspek-aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan STIKOM Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di bidang komunikasi.Kurikulum berbasis praktik, misalnya, memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung di lapangan melalui magang dan proyek-proyek nyata. Dosen berpengalaman dan fasilitas canggih mendukung proses belajar mengajar yang berkualitas. Sementara itu, mitra industri yang luas memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun jaringan dan memperoleh pengalaman kerja.Lokasi strategis di Jakarta, biaya terjangkau, dan akreditasi nasional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa.

Kurikulum Berbasis Praktik

Kurikulum berbasis praktik merupakan salah satu aspek penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia). Kurikulum ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

  • Magang
    Mahasiswa STIKOM Indonesia wajib mengikuti program magang di perusahaan atau organisasi terkait. Magang memberikan pengalaman langsung dan memperluas jaringan mahasiswa.
  • Proyek Nyata
    Mahasiswa juga terlibat dalam proyek-proyek nyata yang berasal dari dunia usaha. Hal ini melatih mahasiswa untuk memecahkan masalah dan menghasilkan solusi komunikasi yang efektif.
  • Studi Kasus
    Kurikulum STIKOM Indonesia juga mencakup studi kasus yang relevan dengan dunia kerja. Studi kasus membantu mahasiswa memahami praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi oleh para profesional komunikasi.
  • Simulasi
    Mahasiswa STIKOM Indonesia juga berkesempatan untuk mengikuti simulasi, seperti konferensi pers, produksi video, dan presentasi kampanye. Simulasi memberikan pengalaman yang mendekati situasi kerja yang sebenarnya.

Kurikulum berbasis praktik di STIKOM Indonesia mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi komunikator profesional yang siap bersaing di dunia kerja. Lulusan STIKOM Indonesia memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai bidang komunikasi, seperti public relations, jurnalisme, dan periklanan.

Dosen Berpengalaman

Dosen berpengalaman merupakan salah satu pilar penting Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia). Dosen berpengalaman memiliki peran krusial dalam membentuk lulusan yang kompeten dan siap kerja di bidang komunikasi.

Penyebab dan akibat dari dosen berpengalaman di STIKOM Indonesia sangatlah jelas. Dosen berpengalaman memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam di bidang komunikasi. Mereka telah bekerja di dunia profesional dan memiliki pengalaman langsung dalam menghadapi berbagai tantangan komunikasi. Pengalaman ini sangat berharga bagi mahasiswa, karena mereka dapat belajar dari para profesional yang sudah berpengalaman. Selain itu, dosen berpengalaman juga memiliki jaringan yang luas di dunia kerja. Jaringan ini dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh magang, pekerjaan, dan peluang karier lainnya.

Contoh nyata dosen berpengalaman di STIKOM Indonesia dapat dilihat dari banyaknya dosen yang pernah bekerja di media massa, pemerintahan, dan perusahaan swasta. Misalnya, ada dosen yang pernah menjadi wartawan di media nasional, pejabat humas di kementerian, dan manajer pemasaran di perusahaan multinasional. Pengalaman kerja ini membuat dosen-dosen tersebut memiliki pemahaman yang komprehensif tentang dunia komunikasi dan dapat memberikan pengajaran yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Pemahaman tentang hubungan antara dosen berpengalaman dan STIKOM Indonesia memiliki banyak aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi komunikasi yang tepat. Kedua, hal ini dapat membantu mahasiswa dalam memilih dosen pembimbing skripsi atau tesis yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Ketiga, hal ini dapat membantu dunia kerja dalam memperoleh lulusan komunikasi yang kompeten dan siap kerja.

Kesimpulannya, dosen berpengalaman merupakan komponen penting dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia). Dosen berpengalaman memiliki pengetahuan, keterampilan, dan jaringan yang luas yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi komunikasi dan meraih kesuksesan di dunia kerja.

Fasilitas Canggih

Fasilitas canggih merupakan salah satu aspek penting Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia) dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi komunikator profesional yang siap kerja. Fasilitas canggih ini mendukung proses belajar mengajar dan memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa.

  • Lab Produksi Media
    Lab Produksi Media dilengkapi dengan peralatan canggih untuk produksi video, audio, dan multimedia. Mahasiswa dapat belajar teknik produksi media secara langsung dan menghasilkan karya-karya kreatif.
  • Studio Fotografi
    Studio Fotografi memiliki berbagai jenis kamera, lampu, dan aksesori untuk pelatihan fotografi. Mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan fotografi dan menghasilkan karya foto yang berkualitas.
  • Ruang Editing Video
    Ruang Editing Video dilengkapi dengan perangkat lunak editing video terkini dan komputer bertenaga tinggi. Mahasiswa dapat belajar teknik editing video dan menghasilkan video yang menarik dan efektif.
  • Ruang Multimedia
    Ruang Multimedia menyediakan fasilitas untuk presentasi multimedia, konferensi video, dan simulasi. Mahasiswa dapat berlatih presentasi, melakukan konferensi online, dan terlibat dalam simulasi situasi komunikasi.

Fasilitas canggih di STIKOM Indonesia memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar menggunakan teknologi dan peralatan yang sama seperti yang digunakan di dunia kerja. Hal ini membuat mahasiswa lebih siap menghadapi tantangan di lapangan dan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.

Mitra Industri yang Luas

Mitra industri yang luas merupakan salah satu aspek penting Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia) dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi komunikator profesional yang siap kerja. Kerja sama dengan mitra industri memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung, mengembangkan jaringan, dan meningkatkan daya saing di pasar kerja.

  • Program Magang
    STIKOM Indonesia memiliki program magang yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan organisasi di bidang komunikasi. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja langsung dan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas.
  • Proyek Kolaborasi
    STIKOM Indonesia juga menjalin kerja sama dengan mitra industri dalam proyek-proyek kolaborasi. Mahasiswa terlibat dalam proyek-proyek riil yang dihadapi oleh dunia usaha, sehingga dapat mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan menghasilkan solusi komunikasi yang efektif.
  • Seminar dan Lokakarya
    Mitra industri sering diundang untuk menjadi pembicara dalam seminar dan lokakarya di STIKOM Indonesia. Hal ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar dari para praktisi dan mengetahui tren terbaru di dunia komunikasi.
  • Pengguna Lulusan
    Banyak mitra industri yang menjadi pengguna lulusan STIKOM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan STIKOM Indonesia memiliki kompetensi dan siap kerja di bidang komunikasi.

Dengan memiliki mitra industri yang luas, STIKOM Indonesia dapat memberikan mahasiswa pengalaman belajar yang komprehensif dan mempersiapkan mereka menjadi komunikator profesional yang sukses.

Lokasi strategis

Lokasi strategis merupakan salah satu aspek penting bagi sebuah sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia). Lokasi strategis memberikan banyak keuntungan bagi STIKOM Indonesia, baik dalam hal akademis maupun non-akademis.

Salah satu keuntungan lokasi strategis bagi STIKOM Indonesia adalah kemudahan akses bagi mahasiswa dan dosen. STIKOM Indonesia yang terletak di pusat kota memudahkan mahasiswa dan dosen untuk menjangkau kampus. Selain itu, lokasi strategis juga memudahkan mahasiswa untuk mengakses fasilitas-fasilitas pendukung perkuliahan, seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat kebugaran.

Selain kemudahan akses, lokasi strategis juga memberikan keuntungan bagi STIKOM Indonesia dalam menjalin kerja sama dengan mitra industri. STIKOM Indonesia yang terletak di pusat kota memudahkan perguruan tinggi ini untuk bermitra dengan perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi di bidang komunikasi. Kerja sama ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, seperti kesempatan magang, proyek kolaborasi, dan seminar.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa lokasi strategis merupakan salah satu aspek penting bagi STIKOM Indonesia. Lokasi strategis memberikan banyak keuntungan bagi STIKOM Indonesia, baik dalam hal akademis maupun non-akademis. Oleh karena itu, penting bagi STIKOM Indonesia untuk mempertahankan lokasi strategisnya agar dapat terus memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen.

Biaya terjangkau

Biaya terjangkau merupakan salah satu aspek penting bagi sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia) dalam memberikan akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat. STIKOM Indonesia berkomitmen untuk menyediakan biaya pendidikan yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas pendidikan yang diberikan.

  • Biaya kuliah

    Biaya kuliah di STIKOM Indonesia relatif terjangkau dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta lainnya. Hal ini memungkinkan mahasiswa dari berbagai latar belakang ekonomi untuk mengakses pendidikan tinggi di bidang komunikasi.

  • Beasiswa

    STIKOM Indonesia menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini dapat meringankan beban biaya kuliah dan membantu mahasiswa fokus pada pendidikan mereka.

  • Program cicilan

    STIKOM Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank untuk menyediakan program cicilan biaya kuliah. Program cicilan ini memudahkan mahasiswa untuk membayar biaya kuliah secara bertahap.

  • Kerja sama dengan perusahaan

    STIKOM Indonesia menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memberikan potongan biaya kuliah bagi karyawan perusahaan tersebut. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi karyawan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang komunikasi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Dengan menyediakan biaya terjangkau dan berbagai fasilitas pendukung, STIKOM Indonesia berupaya untuk membuka akses pendidikan tinggi di bidang komunikasi bagi masyarakat luas. Hal ini sejalan dengan komitmen STIKOM Indonesia untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang komunikasi.

Akreditasi nasional

Akreditasi nasional merupakan pengakuan resmi dari pemerintah terhadap kualitas sebuah program pendidikan tinggi. Akreditasi diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setelah melalui proses penilaian yang ketat. Bagi sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia), akreditasi nasional memiliki peran yang sangat penting.

Akreditasi nasional menjadi indikator kualitas program pendidikan di STIKOM Indonesia. Program studi yang terakreditasi menunjukkan bahwa program tersebut telah memenuhi standar nasional untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi. Hal ini penting bagi mahasiswa karena menunjukkan bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan standar industri.

Selain itu, akreditasi nasional juga menjadi pertimbangan bagi dunia kerja dalam merekrut lulusan STIKOM Indonesia. Perusahaan-perusahaan besar umumnya lebih memilih lulusan dari program studi yang terakreditasi karena mereka yakin bahwa lulusan tersebut memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Akreditasi nasional juga memudahkan lulusan STIKOM Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, akreditasi nasional merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang ilmu komunikasi. Akreditasi nasional menjadi jaminan kualitas pendidikan dan meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja.

Lulusan terserap kerja

Lulusan terserap kerja merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia). Hal ini menunjukkan bahwa STIKOM Indonesia berhasil menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di bidang komunikasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lulusan STIKOM Indonesia terserap kerja dengan baik. Pertama, STIKOM Indonesia memiliki kurikulum yang berbasis praktik. Kurikulum ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Kedua, STIKOM Indonesia memiliki kerja sama yang erat dengan dunia usaha. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang dan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka. Ketiga, STIKOM Indonesia memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan memiliki jaringan yang luas di dunia kerja.

Lulusan terserap kerja merupakan komponen penting bagi STIKOM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa STIKOM Indonesia mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, lulusan terserap kerja juga dapat meningkatkan reputasi STIKOM Indonesia di mata dunia usaha dan masyarakat luas.

Alumni sukses

Alumni sukses merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia). Alumni sukses menunjukkan bahwa STIKOM Indonesia berhasil menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di bidang komunikasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan alumni STIKOM Indonesia sukses dalam kariernya. Pertama, STIKOM Indonesia memiliki kurikulum yang berbasis praktik. Kurikulum ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Kedua, STIKOM Indonesia memiliki kerja sama yang erat dengan dunia usaha. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang dan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka. Ketiga, STIKOM Indonesia memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan memiliki jaringan yang luas di dunia kerja.

Alumni sukses memiliki peran penting bagi STIKOM Indonesia. Alumni sukses dapat menjadi contoh bagi mahasiswa dan menunjukkan bahwa lulusan STIKOM Indonesia mampu bersaing di dunia kerja. Selain itu, alumni sukses juga dapat membantu STIKOM Indonesia dalam menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan meningkatkan reputasi STIKOM Indonesia di mata masyarakat luas.

Reputasi baik

Reputasi baik merupakan salah satu aset penting bagi sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia). Reputasi baik menunjukkan bahwa STIKOM Indonesia adalah perguruan tinggi yang berkualitas dan dipercaya oleh masyarakat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan STIKOM Indonesia memiliki reputasi baik. Pertama, STIKOM Indonesia memiliki kurikulum yang berbasis praktik. Kurikulum ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Kedua, STIKOM Indonesia memiliki kerja sama yang erat dengan dunia usaha. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang dan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka. Ketiga, STIKOM Indonesia memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan memiliki jaringan yang luas di dunia kerja.

Reputasi baik sangat penting bagi STIKOM Indonesia. Reputasi baik dapat menarik mahasiswa terbaik dan meningkatkan kepercayaan dunia usaha. Selain itu, reputasi baik juga dapat membantu STIKOM Indonesia dalam menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagian ini berisi pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia). FAQ ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tambahan dan menjawab pertanyaan umum yang mungkin dimiliki calon mahasiswa dan masyarakat umum.

Pertanyaan 1: Apa itu STIKOM Indonesia?

STIKOM Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi.

Pertanyaan 2: Di mana lokasi STIKOM Indonesia?

STIKOM Indonesia berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Prof. Dr. Supomo No. 2, RT.1/RW.7, Menteng.

Pertanyaan 3: Apa saja program studi yang ditawarkan STIKOM Indonesia?

STIKOM Indonesia menawarkan program studi Sarjana Ilmu Komunikasi dan Magister Ilmu Komunikasi.

Pertanyaan 4: Apa keunggulan STIKOM Indonesia?

STIKOM Indonesia memiliki beberapa keunggulan, antara lain kurikulum berbasis praktik, dosen berpengalaman, fasilitas canggih, mitra industri yang luas, dan lokasi strategis.

Pertanyaan 5: Apakah STIKOM Indonesia terakreditasi?

Ya, STIKOM Indonesia terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

Pertanyaan 6: Berapa biaya kuliah di STIKOM Indonesia?

Biaya kuliah di STIKOM Indonesia bervariasi tergantung pada program studi dan tahun akademik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi STIKOM Indonesia.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum ini, kami harap dapat memberikan informasi yang jelas dan komprehensif tentang Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM Indonesia). Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang program studi yang ditawarkan di STIKOM Indonesia dan prospek karier bagi lulusannya.

TIPS MERAIH SUKSES DI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI PROFESIONAL INDONESIA (STIKOM INDONESIA)

Menjadi mahasiswa yang sukses di STIKOM Indonesia membutuhkan strategi dan kerja keras. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan:

Tip 1: Manfaatkan Fasilitas Kampus
STIKOM Indonesia memiliki berbagai fasilitas canggih yang dapat menunjang pembelajaran Anda, seperti laboratorium produksi media, studio fotografi, dan ruang editing video. Manfaatkan fasilitas ini untuk mengasah keterampilan praktis Anda.

Tip 2: Bangun Relasi dengan Dosen
Dosen di STIKOM Indonesia adalah praktisi berpengalaman yang dapat memberikan bimbingan berharga. Bangun relasi yang baik dengan mereka dengan menghadiri kelas secara teratur, berpartisipasi aktif dalam diskusi, dan meminta bimbingan di luar jam kelas.

Tip 3: Ikut Serta dalam Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi kemahasiswaan di STIKOM Indonesia memberikan wadah bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi. Bergabunglah dengan organisasi yang sesuai dengan minat Anda.

Tip 4: Bangun Portofolio yang Kuat
Portofolio adalah bukti kemampuan Anda di bidang komunikasi. Kumpulkan karya terbaik Anda, seperti artikel, video, atau desain, untuk membangun portofolio yang kuat yang dapat Anda tunjukkan kepada calon pemberi kerja.

Tip 5: Manfaatkan Kesempatan Magang
Magang memberikan Anda pengalaman kerja yang berharga dan kesempatan untuk membangun koneksi di industri komunikasi. STIKOM Indonesia memiliki kerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka yang menyediakan peluang magang bagi mahasiswa.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang sukses Anda di STIKOM Indonesia dan mempersiapkan diri untuk karier yang sukses di bidang komunikasi.

Dalam bagian selanjutnya, kita akan membahas prospek karier bagi lulusan STIKOM Indonesia dan bagaimana tips-tips ini dapat membantu Anda meraih kesuksesan di dunia kerja.

Kesimpulan

Sekolah tinggi ilmu komunikasi profesi indonesia (STIKOM Indonesia) merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik dan pengalaman panjang dalam bidang komunikasi. Kurikulum berbasis praktik, dosen berpengalaman, fasilitas canggih, mitra industri yang luas, dan biaya terjangkau menjadi keunggulan yang menjadikan STIKOM Indonesia pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang ingin berkarir di bidang komunikasi.

Lulusan STIKOM Indonesia terserap dengan baik di dunia kerja dan banyak yang sukses di bidangnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan yang diberikan oleh STIKOM Indonesia sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri komunikasi. Oleh karena itu, STIKOM Indonesia dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan karier di bidang komunikasi.