Tips Memilih Program Studi Tepat di STKIP PGRI Bandar Lampung


Tips Memilih Program Studi Tepat di STKIP PGRI Bandar Lampung

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Bandar Lampung adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. STKIP PGRI Bandar Lampung berdiri pada tanggal 15 September 1984 dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan cinta tanah air. STKIP PGRI Bandar Lampung menawarkan berbagai program studi, diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswanya. STKIP PGRI Bandar Lampung juga memiliki berbagai fasilitas pendukung pembelajaran, seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang kelas yang representatif.

STIKP PGRI Bandar Lampung

STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki beberapa aspek penting, diantaranya:

  • Visi dan misi
  • Program studi
  • Fasilitas
  • Akreditasi
  • Prestasi
  • Kerjasama
  • Lokasi
  • Sejarah

Visi STKIP PGRI Bandar Lampung adalah menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan cinta tanah air. Misi STKIP PGRI Bandar Lampung adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Program studi yang ditawarkan oleh STKIP PGRI Bandar Lampung antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Fasilitas yang dimiliki oleh STKIP PGRI Bandar Lampung antara lain perpustakaan, laboratorium, dan ruang kelas yang representatif. STKIP PGRI Bandar Lampung telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

Visi dan misi STKIP PGRI Bandar Lampung

Visi dan misi merupakan komponen penting bagi sebuah perguruan tinggi, termasuk STKIP PGRI Bandar Lampung. Visi dan misi menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Visi STKIP PGRI Bandar Lampung adalah menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan cinta tanah air. Misi STKIP PGRI Bandar Lampung adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Visi dan misi STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki keterkaitan yang erat. Visi menjadi tujuan akhir yang ingin dicapai oleh STKIP PGRI Bandar Lampung, sedangkan misi menjadi langkah-langkah strategis untuk mencapai visi tersebut. Misi STKIP PGRI Bandar Lampung disusun berdasarkan visi dan tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, visi dan misi menjadi panduan yang komprehensif bagi STKIP PGRI Bandar Lampung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Visi dan misi STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki implikasi praktis dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Visi dan misi menjadi acuan dalam penyusunan kurikulum, pengembangan kegiatan kemahasiswaan, dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Misalnya, dalam penyusunan kurikulum, STKIP PGRI Bandar Lampung mengacu pada visi dan misi untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan cinta tanah air. Oleh karena itu, kurikulum STKIP PGRI Bandar Lampung dirancang untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang akademik, keterampilan, dan karakter.

Sebagai kesimpulan, visi dan misi merupakan komponen penting bagi STKIP PGRI Bandar Lampung. Visi dan misi menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Visi dan misi STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki keterkaitan yang erat dan memiliki implikasi praktis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi STKIP PGRI Bandar Lampung.

Program studi

Program studi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perguruan tinggi. Program studi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu. Program studi juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki beberapa program studi, diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Pemilihan program studi yang tepat sangat penting bagi mahasiswa, karena akan menentukan masa depan mereka.

Program studi memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas lulusan sebuah perguruan tinggi. Program studi yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Oleh karena itu, STKIP PGRI Bandar Lampung selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas program studinya. Hal ini dilakukan dengan cara merekrut dosen-dosen yang berkualitas, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan zaman, dan menyediakan fasilitas belajar yang memadai.

Program studi juga memiliki peran penting dalam pengembangan masyarakat. Lulusan dari program studi yang berkualitas akan menjadi tenaga profesional yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka akan menjadi guru, matematikawan, ahli bahasa Inggris, dan tenaga kesehatan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, program studi memiliki kontribusi yang besar terhadap pembangunan bangsa.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Jadi Mahasiswa Unggul di STKIP PGRI Ponorogo

Kesimpulannya, program studi merupakan komponen penting dalam sebuah perguruan tinggi. Program studi memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas lulusan dan pengembangan masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting bagi perguruan tinggi untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas program studinya.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting yang mendukung proses belajar mengajar di STKIP PGRI Bandar Lampung. Fasilitas yang lengkap dan memadai akan menunjang mahasiswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan secara optimal.

  • Perpustakaan

    Perpustakaan STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki koleksi buku yang lengkap dan up-to-date. Mahasiswa dapat memanfaatkan perpustakaan untuk mencari referensi, mengerjakan tugas, atau sekadar membaca untuk menambah wawasan.

  • Laboratorium

    STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki beberapa laboratorium yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Laboratorium-laboratorium tersebut antara lain laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium IPA. Mahasiswa dapat memanfaatkan laboratorium untuk melakukan praktikum atau penelitian.

  • Ruang Kelas

    Ruang kelas di STKIP PGRI Bandar Lampung nyaman dan representatif. Ruang kelas dilengkapi dengan AC, LCD proyektor, dan sound system. Mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan fokus di ruang kelas.

  • Fasilitas Olahraga

    STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki beberapa fasilitas olahraga, seperti lapangan basket, lapangan futsal, dan lapangan tenis. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas olahraga untuk berolahraga dan menjaga kesehatan.

Keberadaan fasilitas yang lengkap dan memadai di STKIP PGRI Bandar Lampung sangat mendukung proses belajar mengajar. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Dengan demikian, mahasiswa dapat lulus dari STKIP PGRI Bandar Lampung sebagai tenaga profesional yang kompeten di bidangnya.

Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap kualitas sebuah perguruan tinggi. Akreditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. STKIP PGRI Bandar Lampung telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat B.

  • Peringkat Akreditasi

    Peringkat akreditasi menunjukkan tingkat kualitas sebuah perguruan tinggi. Peringkat akreditasi STKIP PGRI Bandar Lampung adalah B, yang menunjukkan bahwa STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki kualitas yang baik.

  • Masa Berlaku Akreditasi

    Masa berlaku akreditasi adalah 5 tahun. Setelah masa berlaku akreditasi berakhir, perguruan tinggi harus mengajukan reakreditasi.

  • Manfaat Akreditasi

    Akreditasi memberikan banyak manfaat bagi perguruan tinggi, di antaranya adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memudahkan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

  • Dampak Akreditasi

    Akreditasi dapat berdampak pada berbagai aspek, seperti biaya pendidikan, jumlah mahasiswa, dan reputasi perguruan tinggi.

Kesimpulannya, akreditasi merupakan aspek penting yang menunjukkan kualitas sebuah perguruan tinggi. Akreditasi memberikan banyak manfaat dan berdampak pada berbagai aspek perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikannya agar dapat memperoleh dan mempertahankan akreditasi.

Prestasi

Prestasi merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi. Prestasi dapat berupa prestasi akademik, prestasi non-akademik, atau prestasi di bidang lainnya. Prestasi sangat penting bagi STKIP PGRI Bandar Lampung karena dapat meningkatkan reputasi dan daya saing perguruan tinggi. Selain itu, prestasi juga dapat memotivasi mahasiswa untuk terus belajar dan berprestasi.

STKIP PGRI Bandar Lampung telah meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2022, STKIP PGRI Bandar Lampung meraih peringkat pertama dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional. Selain itu, mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung juga pernah meraih juara dalam kompetisi debat internasional di Malaysia. Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan bahwa STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki kualitas pendidikan yang baik dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

Prestasi yang diraih oleh STKIP PGRI Bandar Lampung tidak terlepas dari kerja keras dosen dan mahasiswa. Dosen STKIP PGRI Bandar Lampung selalu memberikan bimbingan dan motivasi kepada mahasiswa untuk berprestasi. Selain itu, mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung juga sangat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan organisasi. Keaktifan tersebut memberikan pengalaman dan keterampilan yang berguna bagi mahasiswa dalam menghadapi kompetisi.

Kerjasama

Kerjasama merupakan aspek penting bagi STKIP PGRI Bandar Lampung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan. STKIP PGRI Bandar Lampung telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :   STIKP Taman Siswa Bima: Pilihan Tepat untuk Masa Depan Cerah

  • Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

    STKIP PGRI Bandar Lampung telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Kerjasama dengan Industri

    STKIP PGRI Bandar Lampung juga menjalin kerjasama dengan beberapa industri. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktik kerja kepada mahasiswa dan mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja.

  • Kerjasama dengan Pemerintah

    STKIP PGRI Bandar Lampung menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi pemerintah lainnya. Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Kerjasama Internasional

    STKIP PGRI Bandar Lampung telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pertukaran mahasiswa.

Kerjasama yang telah dijalin oleh STKIP PGRI Bandar Lampung memberikan banyak manfaat bagi perguruan tinggi dan mahasiswa. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan, dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa.

Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam mendirikan sebuah perguruan tinggi. Lokasi yang tepat dapat mendukung proses belajar mengajar dan memberikan manfaat bagi mahasiswa. STKIP PGRI Bandar Lampung berlokasi di Jl. ZA Pagar Alam No. 123, Bandar Lampung. Lokasi ini sangat strategis karena berada di pusat kota dan mudah diakses oleh mahasiswa. Di sekitar kampus terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti pusat perbelanjaan, rumah makan, dan tempat tinggal. Lokasi yang strategis ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beraktivitas.

Selain itu, lokasi STKIP PGRI Bandar Lampung juga berdekatan dengan beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan. Hal ini memberikan peluang bagi STKIP PGRI Bandar Lampung untuk menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung. Kerjasama ini dapat berupa penyelenggaraan program pendidikan bersama, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan demikian, lokasi STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki peran penting dalam mendukung proses belajar mengajar dan memberikan manfaat bagi mahasiswa. Lokasi yang strategis dan berdekatan dengan fasilitas pendukung memudahkan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beraktivitas. Selain itu, lokasi yang berdekatan dengan sekolah menengah atas dan kejuruan membuka peluang bagi STKIP PGRI Bandar Lampung untuk menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung.

Sejarah

Sejarah merupakan aspek penting bagi STKIP PGRI Bandar Lampung. Sejarah mencatat perjalanan panjang dan perkembangan STKIP PGRI Bandar Lampung sejak awal berdiri hingga sekarang. Sejarah juga memberikan pembelajaran berharga bagi STKIP PGRI Bandar Lampung dalam menghadapi tantangan dan meraih prestasi di masa depan.

  • Berdirinya STKIP PGRI Bandar Lampung

    STKIP PGRI Bandar Lampung berdiri pada tanggal 15 September 1984. Pendirian STKIP PGRI Bandar Lampung diprakarsai oleh tokoh-tokoh pendidikan di Lampung yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan pendidikan di Lampung.

  • Perkembangan STKIP PGRI Bandar Lampung

    Sejak berdiri, STKIP PGRI Bandar Lampung mengalami perkembangan yang pesat. Pada awalnya, STKIP PGRI Bandar Lampung hanya memiliki satu program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seiring dengan berjalannya waktu, STKIP PGRI Bandar Lampung membuka program studi baru, seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

  • Prestasi STKIP PGRI Bandar Lampung

    STKIP PGRI Bandar Lampung telah meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasi tersebut antara lain juara pertama dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional dan juara dalam kompetisi debat internasional di Malaysia.

  • Tantangan STKIP PGRI Bandar Lampung

    STKIP PGRI Bandar Lampung menghadapi berbagai tantangan, seperti persaingan dengan perguruan tinggi lain, keterbatasan sumber daya, dan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi. Namun, STKIP PGRI Bandar Lampung selalu berusaha mengatasi tantangan-tantangan tersebut dengan terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa.

Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung memberikan pembelajaran berharga bagi STKIP PGRI Bandar Lampung dalam menghadapi tantangan dan meraih prestasi di masa depan. Dengan memahami sejarahnya, STKIP PGRI Bandar Lampung dapat terus belajar dari pengalaman masa lalu dan mengambil langkah-langkah strategis untuk kemajuan di masa depan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Bagian FAQ ini menyediakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum mengenai STKIP PGRI Bandar Lampung. Pertanyaan-pertanyaan ini mencakup informasi penting seperti sejarah, program studi, fasilitas, dan prestasi STKIP PGRI Bandar Lampung.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Universitas PGRI Madiun: Jurusan, Biaya, dan Keunggulan

Pertanyaan 1: Kapan STKIP PGRI Bandar Lampung berdiri?

STKIP PGRI Bandar Lampung berdiri pada tanggal 15 September 1984.

Pertanyaan 2: Program studi apa saja yang ditawarkan oleh STKIP PGRI Bandar Lampung?

STKIP PGRI Bandar Lampung menawarkan empat program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

Pertanyaan 3: Apakah STKIP PGRI Bandar Lampung terakreditasi?

Ya, STKIP PGRI Bandar Lampung terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

Pertanyaan 4: Di mana lokasi STKIP PGRI Bandar Lampung?

STKIP PGRI Bandar Lampung berlokasi di Jl. ZA Pagar Alam No. 123, Bandar Lampung.

Pertanyaan 5: Apa saja prestasi yang pernah diraih oleh STKIP PGRI Bandar Lampung?

STKIP PGRI Bandar Lampung telah meraih berbagai prestasi, antara lain juara pertama dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional dan juara dalam kompetisi debat internasional di Malaysia.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mendaftar menjadi mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung?

Informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru STKIP PGRI Bandar Lampung dapat dilihat pada situs web resmi STKIP PGRI Bandar Lampung atau dengan menghubungi bagian pendaftaran.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai STKIP PGRI Bandar Lampung. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang STKIP PGRI Bandar Lampung, dapat mengunjungi situs web resmi STKIP PGRI Bandar Lampung atau menghubungi bagian informasi.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang program studi yang ditawarkan oleh STKIP PGRI Bandar Lampung.

Tips Memilih Program Studi yang Tepat

Memilih program studi yang tepat merupakan keputusan penting yang akan menentukan masa depan karier Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Tip 1: Kenali Minat dan Bakat Anda
Pahami minat dan bakat Anda melalui hobi, mata pelajaran yang Anda sukai, dan aktivitas yang Anda tekuni. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi bidang studi yang sesuai dengan passion Anda.

Tip 2: Riset Berbagai Program Studi
Cari tahu program studi yang tersedia di berbagai perguruan tinggi. Pelajari kurikulum, prospek karier, dan persyaratan penerimaan untuk setiap program studi.

Tip 3: Kunjungi Kampus dan Berbincang dengan Mahasiswa
Datanglah ke kampus beberapa perguruan tinggi dan berbincang dengan mahasiswa yang sedang menempuh program studi yang Anda minati. Tanyakan tentang pengalaman belajar mereka dan prospek karier lulusan program studi tersebut.

Tip 4: Pertimbangkan Prospek Karier
Selain mengikuti minat Anda, pertimbangkan juga prospek karier yang ditawarkan oleh program studi yang Anda pilih. Cari tahu bidang pekerjaan yang relevan dan peluang pertumbuhan di bidang tersebut.

Tip 5: Konsultasikan dengan Guru atau Konselor
Mintalah bimbingan dari guru atau konselor di sekolah Anda. Mereka dapat memberikan perspektif objektif dan membantu Anda mengeksplorasi pilihan program studi yang sesuai dengan potensi Anda.

Summary of key takeaways or benefits

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperbesar peluang untuk memilih program studi yang tepat. Program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda akan membuat Anda lebih termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi. Selain itu, Anda juga akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Transition to the article’s conclusion

Memilih program studi yang tepat merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan karier masa depan Anda. Dengan perencanaan yang matang dan pertimbangan yang cermat, Anda dapat menemukan program studi yang akan membuka pintu menuju kesuksesan di bidang yang Anda minati.

Kesimpulan

STKIP PGRI Bandar Lampung telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak berdiri pada tahun 1984. STKIP PGRI Bandar Lampung memiliki visi, misi, program studi, fasilitas, dan prestasi yang membanggakan. Selain itu, STKIP PGRI Bandar Lampung juga aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri. Lokasi STKIP PGRI Bandar Lampung yang strategis dan dekat dengan fasilitas pendukung semakin melengkapi keunggulan STKIP PGRI Bandar Lampung.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, STKIP PGRI Bandar Lampung terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing. STKIP PGRI Bandar Lampung juga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. STKIP PGRI Bandar Lampung percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.