Panduan Memilih Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige


Panduan Memilih Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pendidikan teologi dan pelatihan bagi calon pelayan gereja. Contoh nyata dari lulusan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige adalah Pdt. Dr. Debora Purada Br. Sinaga, seorang teolog dan aktivis perempuan yang dikenal di tingkat nasional.

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki peran penting dalam mencetak pelayan gereja yang berkualitas dan berwawasan luas. Lulusannya memiliki kemampuan untuk melayani jemaat dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Salah satu tonggak sejarah penting dalam perkembangan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige adalah berdirinya program studi Strata Dua (S2) Teologi pada tahun 2007.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang sejarah, program studi, dan peran Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang handal.

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki beberapa aspek penting yang menjadikannya lembaga pendidikan yang unik dan berharga.

  • Sejarah
  • Visi dan misi
  • Program studi
  • Tenaga pengajar
  • Fasilitas
  • Alumni
  • Akreditasi
  • Kerjasama

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan membentuk kekuatan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang handal. Misalnya, sejarah panjang sekolah ini telah membentuk visi dan misi yang jelas, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman teologis yang kuat, keterampilan pelayanan yang mumpuni, dan komitmen untuk melayani masyarakat. Tenaga pengajar yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai mendukung proses belajar mengajar yang berkualitas. Lulusan yang sukses dan terakreditasi menjadi bukti nyata kualitas pendidikan yang ditawarkan. Selain itu, kerjasama dengan berbagai pihak memperluas jaringan dan peluang bagi mahasiswa dan alumni.

Sejarah

Sejarah Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige merupakan bagian penting yang membentuk jati diri dan karakter lembaga ini. Sejarah panjang yang dimiliki sekolah ini menjadi landasan bagi visi, misi, dan program pendidikan yang dijalankan saat ini.

  • Pendirian

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige didirikan pada tanggal 15 September 1951 dengan nama Sekolah Penginjil HKBP Balige. Pendirian sekolah ini didasari oleh kebutuhan akan tenaga pelayan yang terlatih dan memiliki pemahaman teologis yang kuat.

  • Perkembangan Program Studi

    Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan gereja, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige terus mengembangkan program studinya. Pada tahun 1983, sekolah ini membuka program Diploma Tiga (D3) Teologi. Kemudian, pada tahun 2007, dibuka program Strata Dua (S2) Teologi.

  • Akreditasi

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B. Akreditasi ini menjadi bukti bahwa sekolah ini telah memenuhi standar nasional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

  • Alumni

    Lulusan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige telah berkiprah di berbagai bidang pelayanan gereja dan masyarakat. Alumni sekolah ini dapat ditemukan di seluruh pelosok Indonesia, bahkan di luar negeri.

Sejarah Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menunjukkan komitmen lembaga ini dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang berkualitas. Sejarah panjang, pengembangan program studi yang berkelanjutan, akreditasi yang baik, dan alumni yang sukses menjadi bukti nyata kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah ini.

Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan aspek penting yang mengarahkan seluruh kegiatan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Visi dan misi ini menjadi pedoman dalam pengembangan program pendidikan, kegiatan kemahasiswaan, dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Pendidikan Teologi yang Unggul

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi teologi yang unggul dan diakui secara nasional dan internasional. Misi untuk mewujudkan visi ini adalah dengan menyediakan pendidikan teologi yang berkualitas, relevan, dan kontekstual.

  • Pelayanan Gereja yang Transformatif

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki misi untuk mempersiapkan calon pelayan gereja yang memiliki pemahaman teologis yang kuat, keterampilan pelayanan yang mumpuni, dan komitmen untuk melayani masyarakat. Lulusan sekolah ini diharapkan dapat menjadi agen transformasi di tengah-tengah masyarakat.

  • Pengembangan Iptek dan Budaya

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige juga memiliki misi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Sekolah ini mendorong para mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang-bidang yang relevan dengan pelayanan gereja dan masyarakat.

  • Kerjasama dan Kemitraan

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menyadari pentingnya kerjasama dan kemitraan dalam pengembangan pendidikan teologi. Sekolah ini menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, gereja, dan organisasi kemasyarakatan untuk memperluas jaringan dan peluang bagi mahasiswa dan alumni.

Visi dan misi Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang utuh. Keempat aspek tersebut menjadi landasan bagi seluruh kegiatan sekolah ini dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang berkualitas dan berwawasan luas.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Tasikmalaya

Program Studi

Program studi merupakan salah satu aspek penting dalam Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Program studi yang ditawarkan dirancang untuk mempersiapkan calon pelayan gereja yang handal dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam pelayanan gereja dan masyarakat.

  • Teologi

    Program studi Teologi merupakan program utama yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Program ini memberikan dasar pemahaman teologis yang kuat bagi mahasiswa, meliputi studi Alkitab, sejarah gereja, teologi sistematika, dan etika Kristen.

  • Pelayanan Gereja

    Program studi Pelayanan Gereja berfokus pada pengembangan keterampilan praktis mahasiswa dalam pelayanan gereja. Mahasiswa akan belajar tentang berbagai aspek pelayanan gereja, seperti liturgi, homiletika, konseling pastoral, dan manajemen gereja.

  • Ilmu Sosial

    Program studi Ilmu Sosial memberikan pemahaman tentang masyarakat dan budaya kepada mahasiswa. Mahasiswa akan belajar tentang sosiologi, antropologi, dan psikologi, sehingga dapat memahami konteks sosial di mana mereka akan melayani.

  • Bahasa Inggris

    Program studi Bahasa Inggris membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Kemampuan ini sangat penting dalam dunia pelayanan gereja yang semakin global dan membutuhkan komunikasi yang efektif.

Keempat program studi tersebut saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang utuh dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang berkualitas. Lulusan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige diharapkan memiliki pemahaman teologis yang kuat, keterampilan pelayanan yang mumpuni, dan wawasan sosial yang luas, sehingga dapat melayani masyarakat dengan efektif.

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar merupakan komponen penting dalam Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Kualitas tenaga pengajar sangat menentukan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Tenaga pengajar yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula.

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Tenaga pengajar tersebut terdiri dari dosen tetap, dosen tidak tetap, dan praktisi dari gereja dan masyarakat. Dosen tetap memiliki kualifikasi pendidikan minimal magister (S2) dan sedang menempuh atau telah menyelesaikan pendidikan doktor (S3). Dosen tidak tetap dan praktisi dilibatkan untuk memberikan pengalaman praktis dan wawasan terkini kepada mahasiswa.

Tenaga pengajar Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang handal. Mereka tidak hanya memberikan pengajaran secara teoritis, tetapi juga memberikan bimbingan dan pelatihan praktis kepada mahasiswa. Tenaga pengajar juga berperan sebagai mentor dan pembimbing bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Dengan demikian, tenaga pengajar merupakan komponen penting dalam Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Kualitas tenaga pengajar sangat menentukan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa, yang pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap melayani gereja dan masyarakat.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Fasilitas yang memadai akan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif, sehingga mahasiswa dapat belajar dengan efektif.

  • Gedung dan Ruang Kelas

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki gedung dan ruang kelas yang representatif. Ruang kelas dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti meja, kursi, papan tulis, dan LCD proyektor. Gedung dan ruang kelas yang nyaman akan membuat mahasiswa betah belajar dan fokus dalam mengikuti pelajaran.

  • Perpustakaan

    Perpustakaan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki koleksi buku dan jurnal yang lengkap dan up-to-date. Perpustakaan juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti ruang baca, komputer, dan akses internet. Perpustakaan yang memadai akan membantu mahasiswa dalam mencari referensi dan bahan belajar.

  • Laboratorium Komputer

    Laboratorium komputer Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige dilengkapi dengan komputer dan perangkat lunak yang memadai. Laboratorium komputer digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti praktik mata kuliah informatika dan penelitian.

  • Asrama

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menyediakan asrama bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Asrama dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang belajar. Asrama yang nyaman akan membuat mahasiswa merasa betah dan fokus dalam belajar.

Fasilitas yang memadai di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige akan menunjang kegiatan belajar mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Mahasiswa dapat belajar dengan efektif dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Alumni

Alumni merupakan salah satu komponen penting dalam Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Alumni yang berkualitas akan menjadi cerminan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah tinggi tersebut. Sebaliknya, sekolah tinggi yang berkualitas akan menghasilkan alumni yang berkualitas. Terdapat hubungan timbal balik yang saling menguatkan antara alumni dan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Mengenal Sekolah Tinggi Agama Kristen Teruna Bhakti

Alumni berperan penting dalam pengembangan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Alumni dapat memberikan kontribusi dalam berbagai bidang, seperti pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, dan perluasan jaringan kerja sama. Selain itu, alumni juga dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa saat ini. Alumni yang sukses dalam pelayanan gereja dan masyarakat dapat menjadi teladan bagi mahasiswa untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar.

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki banyak alumni yang berhasil dalam pelayanan gereja dan masyarakat. Beberapa contoh alumni yang terkenal antara lain:
– Pdt. Dr. Debora Purada Br. Sinaga, seorang teolog dan aktivis perempuan yang dikenal di tingkat nasional.
– Pdt. Dr. Mangadar Situmorang, seorang pendeta dan akademisi yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.
– Pdt. Dr. Victor Tinambunan, seorang pendeta dan penulis buku-buku teologi yang banyak dibaca oleh masyarakat Kristen di Indonesia.

Keberhasilan alumni Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menunjukkan bahwa sekolah tinggi ini telah berhasil dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang berkualitas. Alumni yang berkualitas akan menjadi aset berharga bagi gereja dan masyarakat. Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, sehingga dapat menghasilkan alumni yang semakin berkualitas dan siap melayani gereja dan masyarakat.

Akreditasi

Akreditasi merupakan pengakuan resmi dari suatu lembaga yang berwenang bahwa suatu program pendidikan telah memenuhi standar mutu tertentu. Akreditasi sangat penting bagi sekolah tinggi karena menunjukkan bahwa sekolah tinggi tersebut telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga akreditasi yang diakui.

Bagi Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige, akreditasi merupakan komponen penting yang menunjukkan bahwa sekolah tinggi ini telah memenuhi standar kualitas pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B. Akreditasi ini menunjukkan bahwa Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki kualitas pendidikan yang baik dan memenuhi standar nasional.

Akreditasi membawa banyak manfaat bagi Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kredibilitas dan reputasi sekolah tinggi.
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan.
  • Membuka peluang kerja sama dengan lembaga lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Memudahkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan motivasi dan semangat belajar mahasiswa.

Dengan demikian, akreditasi sangat penting bagi Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Akreditasi menunjukkan bahwa sekolah tinggi ini memiliki kualitas pendidikan yang baik dan memenuhi standar nasional. Akreditasi juga membawa banyak manfaat bagi sekolah tinggi, mahasiswa, dan lulusan.

Kerjasama

Kerjasama merupakan aspek penting dalam pengembangan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Kerjasama dilakukan dengan berbagai pihak untuk memperluas jaringan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan lulusan.

  • Kerjasama dengan Gereja

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menjalin kerjasama dengan gereja-gereja untuk menyediakan lapangan praktik bagi mahasiswa, memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi, dan menyelenggarakan kegiatan bersama.

  • Kerjasama dengan Lembaga Pendidikan

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan lain, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melakukan pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama.

  • Kerjasama dengan Organisasi Masyarakat

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menjalin kerjasama dengan organisasi masyarakat untuk memberikan pelayanan masyarakat, melakukan penelitian bersama, dan mengembangkan program pengabdian masyarakat.

  • Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri

    Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industri untuk memberikan pelatihan kerja bagi mahasiswa, menyediakan lapangan kerja bagi lulusan, dan melakukan penelitian bersama.

Kerjasama yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memberikan banyak manfaat, antara lain:
– Memperluas jaringan dan peluang bagi mahasiswa dan lulusan.
– Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.
– Memberikan pelayanan kepada masyarakat.
– Mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagian ini berisi pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mengantisipasi pertanyaan umum dan memberikan informasi tambahan tentang sekolah tinggi ini.

Pertanyaan 1: Apa itu Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige?

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige adalah lembaga pendidikan tinggi teologi yang mempersiapkan calon pelayan gereja yang handal dan memiliki wawasan luas.

Baca Juga :   Panduan Memilih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Terbaik

Pertanyaan 2: Apa saja program studi yang ditawarkan?

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige menawarkan program studi Teologi, Pelayanan Gereja, Ilmu Sosial, dan Bahasa Inggris.

Pertanyaan 3: Apakah Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige terakreditasi?

Ya, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

Pertanyaan 4: Bagaimana kualitas tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige?

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, terdiri dari dosen tetap, dosen tidak tetap, dan praktisi.

Pertanyaan 5: Apa saja fasilitas yang tersedia di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige?

Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki fasilitas yang memadai, seperti gedung dan ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, dan asrama.

Pertanyaan 6: Bagaimana peran alumni Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige?

Alumni Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige berperan penting dalam pengembangan sekolah tinggi dan menjadi teladan bagi mahasiswa dalam pelayanan gereja dan masyarakat.

Pertanyaan-pertanyaan ini mewakili beberapa pertanyaan umum tentang Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi sekolah tinggi atau hubungi langsung pihak sekolah tinggi.

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang sejarah, visi dan misi, serta program studi di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige.

Tips Memilih Sekolah Tinggi Teologi

Memilih sekolah tinggi teologi merupakan keputusan penting yang akan berdampak pada masa depan Anda. Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

Tip 1: Tentukan Tujuan Anda

Sebelum memilih sekolah tinggi teologi, tentukan tujuan Anda dalam belajar teologi. Apakah Anda ingin menjadi pendeta, guru agama, atau bekerja di bidang lain yang berkaitan dengan keagamaan?

Tip 2: Riset Sekolah Tinggi

Cari informasi tentang berbagai sekolah tinggi teologi yang ada. Perhatikan visi, misi, program studi, dan reputasi masing-masing sekolah tinggi.

Tip 3: Pertimbangkan Tenaga Pengajar

Kualitas tenaga pengajar merupakan faktor penting dalam memilih sekolah tinggi teologi. Cari informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman, dan kompetensi para dosen.

Tip 4: Periksa Akreditasi

Akreditasi menunjukkan bahwa sekolah tinggi teologi telah memenuhi standar kualitas tertentu. Pilih sekolah tinggi teologi yang terakreditasi oleh lembaga yang diakui.

Tip 5: Kunjungi Sekolah Tinggi

Mengunjungi sekolah tinggi teologi secara langsung akan memberikan Anda gambaran tentang suasana akademik, fasilitas, dan lingkungan kampus.

Tip 6: Bicaralah dengan Alumni

Berbicara dengan alumni dapat memberikan Anda informasi berharga tentang pengalaman mereka belajar di sekolah tinggi teologi tersebut.

Tip 7: Pertimbangkan Biaya

Biaya kuliah merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Cari informasi tentang biaya kuliah, biaya hidup, dan kemungkinan adanya beasiswa.

Tip 8: Berdoa dan Minta Bimbingan

Memilih sekolah tinggi teologi adalah keputusan penting. Berdoalah dan mintalah bimbingan dari Tuhan agar Anda dapat membuat keputusan yang terbaik.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk memilih sekolah tinggi teologi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Setelah memilih sekolah tinggi teologi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk menempuh pendidikan teologi. Artikel selanjutnya akan membahas tips untuk mempersiapkan diri secara akademis dan spiritual untuk belajar teologi.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengeksplorasi Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige dari berbagai aspek, mulai dari sejarah, visi dan misi, program studi, tenaga pengajar, fasilitas, alumni, akreditasi, hingga kiat memilihnya. Melalui eksplorasi tersebut, beberapa poin penting dapat disimpulkan.

Pertama, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige memiliki sejarah panjang dan visi-misi yang jelas dalam mempersiapkan calon pelayan gereja yang berkualitas. Kedua, sekolah tinggi ini menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan kebutuhan gereja dan masyarakat, didukung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai. Ketiga, alumni Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige telah berkiprah di berbagai bidang pelayanan dan menjadi bukti keberhasilan sekolah tinggi ini dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dengan demikian, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige merupakan pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin mempersiapkan diri menjadi pelayan gereja yang handal dan memiliki wawasan luas. Sekolah tinggi ini menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas, dan memiliki reputasi yang baik. Lulusan Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige diharapkan dapat menjadi agen perubahan di tengah-tengah gereja dan masyarakat, serta berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.