Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan: Panduan Lengkap untuk Prospek Karier yang Menarik


Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan: Panduan Lengkap untuk Prospek Karier yang Menarik

Kata benda “kuliah jurusan ilmu pemerintahan” merujuk pada pendidikan tinggi di bidang ilmu pemerintahan. Misalnya, Universitas Indonesia memiliki program studi Ilmu Pemerintahan untuk jenjang Sarjana (S1).

Kuliah jurusan ilmu pemerintahan sangat relevan karena pemerintahan berperan penting dalam mengatur dan mengelola masyarakat. Lulusan program studi ini memiliki prospek karier yang luas di sektor pemerintahan, seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), politisi, atau diplomat. Salah satu perkembangan sejarah penting dalam ilmu pemerintahan adalah munculnya konsep pemerintahan modern pada abad ke-18, yang menekankan pada kekuasaan yang dibatasi oleh hukum dan pemisahan kekuasaan.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kurikulum, mata kuliah, dan prospek karier bagi lulusan kuliah jurusan ilmu pemerintahan.

Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

Ilmu pemerintahan merupakan bidang kajian yang mempelajari berbagai aspek pemerintahan, mulai dari teori, sejarah, hingga praktiknya. Kuliah jurusan ilmu pemerintahan mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan menganalisis sistem pemerintahan, kebijakan publik, dan permasalahan sosial-politik.

  • Teori Politik
  • Sejarah Pemerintahan
  • Sistem Pemerintahan
  • Kebijakan Publik
  • Administrasi Publik
  • Hukum Tata Negara
  • Politik Internasional
  • Pembangunan Daerah
  • Good Governance
  • Etika Pemerintahan

Memahami aspek-aspek tersebut sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk berkarir di sektor publik, seperti menjadi PNS, politisi, atau peneliti. Selain itu, pemahaman yang komprehensif tentang ilmu pemerintahan juga akan membuat mereka menjadi warga negara yang lebih kritis dan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Teori Politik

Teori politik merupakan aspek fundamental dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Teori ini memberikan landasan konseptual untuk memahami dan menganalisis sistem pemerintahan, kebijakan publik, dan fenomena politik lainnya.

  • Filsafat Politik

    Mempelajari prinsip-prinsip moral dan etika yang mendasari pemerintahan, seperti keadilan, kebebasan, dan persamaan. Contohnya, teori kontrak sosial John Locke yang menekankan pentingnya persetujuan rakyat dalam pembentukan pemerintahan.

  • Ideologi Politik

    Menganalisis sistem kepercayaan dan nilai-nilai yang memandu tindakan politik. Contohnya, ideologi liberalisme yang menjunjung tinggi kebebasan individu dan hak-hak sipil.

  • Teori Kekuasaan

    Menyelidiki bagaimana kekuasaan diperoleh, digunakan, dan dilegitimasi dalam masyarakat. Contohnya, teori elit kekuasaan yang berpendapat bahwa kekuasaan terkonsentrasi pada kelompok kecil individu atau organisasi.

  • Teori Demokrasi

    Mempelajari prinsip-prinsip dan praktik pemerintahan demokratis. Contohnya, teori demokrasi partisipatif yang menekankan keterlibatan aktif warga negara dalam pengambilan keputusan.

Memahami teori politik sangat penting bagi mahasiswa ilmu pemerintahan karena melengkapi mereka dengan kerangka kerja untuk berpikir kritis tentang isu-isu politik, mengevaluasi kebijakan publik, dan mengidentifikasi solusi inovatif untuk permasalahan sosial-politik.

Sejarah Pemerintahan

Sejarah pemerintahan merupakan aspek penting dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan karena memberikan pemahaman tentang asal-usul, perkembangan, dan dinamika sistem pemerintahan di berbagai belahan dunia. Melalui studi sejarah pemerintahan, mahasiswa dapat memperoleh wawasan berharga tentang tantangan, keberhasilan, dan kegagalan masa lalu, yang dapat menginformasikan analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks pemerintahan modern.

  • Asal-Usul Pemerintahan

    Mempelajari asal-usul pemerintahan, dari bentuk-bentuk pemerintahan primitif hingga munculnya negara-negara modern. Contohnya, teori asal-usul ilahi yang menyatakan bahwa kekuasaan pemerintah berasal dari Tuhan.

  • Perkembangan Sistem Pemerintahan

    Menganalisis evolusi sistem pemerintahan, seperti dari monarki ke republik, dari pemerintahan sentralisasi ke desentralisasi. Contohnya, Revolusi Amerika yang membawa perubahan besar pada sistem pemerintahan di Amerika Serikat.

  • Pemerintahan di Berbagai Wilayah

    Membandingkan sistem pemerintahan di berbagai wilayah, seperti Asia, Eropa, dan Amerika. Contohnya, sistem pemerintahan presidensial di Indonesia dan sistem pemerintahan parlementer di Inggris.

  • Dampak Sejarah pada Pemerintahan Modern

    Meneliti bagaimana peristiwa dan tokoh sejarah telah membentuk sistem pemerintahan modern. Contohnya, pengaruh Magna Carta pada perkembangan konstitusionalisme dan hak-hak individu.

Dengan memahami sejarah pemerintahan, lulusan ilmu pemerintahan akan memiliki landasan yang kuat untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem pemerintahan yang ada, mengidentifikasi tren dan pola historis, serta mengantisipasi tantangan dan peluang yang mungkin dihadapi pemerintahan di masa depan.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan merupakan salah satu aspek fundamental dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis sistem pemerintahan, cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem.

  • Bentuk Pemerintahan

    Bentuk pemerintahan mengacu pada struktur kekuasaan dan organisasi pemerintahan. Contohnya, republik, monarki, dan negara kesatuan.

  • Kepala Pemerintahan

    Kepala pemerintahan adalah sosok yang memimpin pemerintahan. Contohnya, presiden, perdana menteri, atau raja.

  • Sistem Pembagian Kekuasaan

    Sistem pembagian kekuasaan mengatur bagaimana kekuasaan dibagi antara lembaga-lembaga pemerintahan. Contohnya, sistem presidensial dan sistem parlementer.

  • Hubungan Pusat dan Daerah

    Hubungan pusat dan daerah menentukan bagaimana kekuasaan dibagi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Contohnya, sistem desentralisasi dan sistem sentralisasi.

Baca Juga :   Tips Jitu Kuliah Jurusan Multimedia buat Karier Cemerlang

Memahami sistem pemerintahan sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena akan membekali mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana negara diatur dan dikelola. Pengetahuan ini akan berguna dalam berbagai bidang, seperti perencanaan kebijakan publik, administrasi pemerintahan, dan hubungan internasional.

Kebijakan Publik

Kebijakan publik merupakan salah satu aspek penting dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Kebijakan publik adalah serangkaian keputusan yang diambil oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan publik dan mencapai tujuan tertentu. Kebijakan publik dapat berupa undang-undang, peraturan, program, atau tindakan pemerintah lainnya.

  • Perumusan Kebijakan

    Proses pembuatan kebijakan publik, mulai dari identifikasi masalah, pengembangan solusi, hingga pengambilan keputusan.

  • Implementasi Kebijakan

    Proses penerapan kebijakan publik, termasuk alokasi sumber daya, koordinasi antar lembaga, dan evaluasi dampak kebijakan.

  • Evaluasi Kebijakan

    Proses penilaian efektivitas dan efisiensi kebijakan publik, serta identifikasi dampak yang tidak diinginkan.

  • Analisis Kebijakan

    Penelitian dan analisis kebijakan publik untuk memberikan rekomendasi berbasis bukti bagi pengambil keputusan.

Pemahaman tentang kebijakan publik sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis, merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan publik. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, seperti perencanaan pembangunan, administrasi pemerintahan, dan advokasi kebijakan.

Administrasi Publik

Dalam konteks kuliah jurusan ilmu pemerintahan, administrasi publik merupakan aspek penting yang mempelajari pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan sehari-hari. Cakupannya meliputi berbagai aspek, mulai dari perencanaan dan pengorganisasian hingga pengendalian dan evaluasi.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

    Meliputi perekrutan, pengembangan, dan pemberdayaan pegawai negeri sipil untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pemerintahan.

  • Pengelolaan Keuangan Publik

    Berfokus pada perencanaan, penganggaran, dan pengelolaan keuangan negara untuk mendukung program dan kegiatan pemerintahan.

  • Pelayanan Publik

    Mempelajari prinsip dan praktik pemberian layanan publik yang berkualitas, efisien, dan akuntabel kepada masyarakat.

  • Reformasi Birokrasi

    Menganalisis dan mengimplementasikan upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pemerintahan.

Dengan memahami administrasi publik, lulusan ilmu pemerintahan akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola dan memimpin organisasi pemerintahan secara efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang optimal dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Hukum Tata Negara

Dalam konteks kuliah jurusan ilmu pemerintahan, Hukum Tata Negara memegang peranan penting karena mengatur struktur, organisasi, dan tata kerja pemerintahan. Aspek ini memberikan landasan hukum bagi penyelenggaraan pemerintahan yang teratur, adil, dan akuntabel.

  • Struktur Ketatanegaraan

    Mempelajari pembagian kekuasaan antar lembaga negara, seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta hubungan antar lembaga tersebut.

  • Hak Asasi Manusia

    Menganalisis perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia oleh negara, termasuk hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

  • Pemilu dan Tata Kelola Pemilu

    Mempelajari prinsip dan praktik penyelenggaraan pemilu yang demokratis, jujur, dan adil, serta peran lembaga penyelenggara pemilu.

  • Hukum Administrasi Negara

    Mengatur hubungan antara warga negara dengan aparatur pemerintahan, termasuk hak dan kewajiban warga negara serta wewenang dan tanggung jawab aparatur pemerintahan.

Pemahaman yang komprehensif tentang Hukum Tata Negara sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem ketatanegaraan, melindungi hak asasi manusia, serta memastikan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel dan sesuai dengan prinsip-prinsip negara hukum. Pengetahuan ini akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, seperti advokasi kebijakan, litigasi konstitusi, dan pengembangan peraturan perundang-undangan.

Politik Internasional

Politik internasional merupakan aspek yang sangat penting dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Hal ini disebabkan oleh semakin kompleksnya permasalahan global yang memerlukan kerja sama dan koordinasi antar negara. Dengan mempelajari politik internasional, mahasiswa ilmu pemerintahan akan memahami dinamika hubungan antar negara, mekanisme kerja sama internasional, serta isu-isu global yang berpengaruh terhadap kebijakan dalam negeri.

Sebagai contoh, mahasiswa ilmu pemerintahan akan mempelajari bagaimana negara-negara berinteraksi dalam organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta bagaimana mereka membentuk aliansi dan blok regional untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, mereka juga akan menganalisis konflik internasional, negosiasi diplomatik, dan peran kekuatan besar dalam politik global.

Baca Juga :   Panduan Lengkap: Kuliah Jurusan Teknik Nuklir

Pemahaman tentang politik internasional sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja di bidang hubungan internasional, diplomasi, organisasi internasional, dan lembaga pemerintah yang menangani isu-isu global. Mereka akan mampu menganalisis, merumuskan, dan mengimplementasikan kebijakan luar negeri yang efektif, serta mewakili kepentingan nasional di kancah internasional.

Pembangunan Daerah

Dalam konteks kuliah jurusan ilmu pemerintahan, Pembangunan Daerah merupakan aspek penting yang mempelajari strategi dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah. Pembangunan daerah mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program-program pembangunan yang dilaksanakan di tingkat lokal.

  • Perencanaan Pembangunan Daerah

    Melibatkan proses penyusunan rencana pembangunan daerah yang komprehensif dan partisipatif, melibatkan berbagai pemangku kepentingan di daerah.

  • Pengelolaan Sumber Daya Daerah

    Mempelajari bagaimana mengelola sumber daya alam, manusia, dan finansial di daerah secara optimal untuk mendukung pembangunan daerah.

  • Pemberdayaan Masyarakat

    Berfokus pada upaya meningkatkan kapasitas dan peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan daerah.

  • Evaluasi dan Monitoring Pembangunan Daerah

    Meliputi proses pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program-program pembangunan daerah untuk memastikan efektivitas dan efisiensi.

Pemahaman tentang Pembangunan Daerah sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis permasalahan pembangunan di daerah, merumuskan kebijakan pembangunan daerah yang efektif, serta mengelola dan mengevaluasi program-program pembangunan daerah. Pengetahuan ini akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, seperti perencanaan pembangunan daerah, manajemen pemerintahan daerah, dan pemberdayaan masyarakat.

Good Governance

Dalam konteks kuliah jurusan ilmu pemerintahan, Good Governance merupakan asas penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan efektif. Konsep ini menekankan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, partisipasi, dan supremasi hukum untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, responsif, dan melayani masyarakat.

  • Transparansi

    Keterbukaan dan aksesibilitas informasi tentang proses dan pengambilan keputusan pemerintahan, mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

  • Akuntabilitas

    Pertanggungjawaban penyelenggara negara atas kinerjanya, memastikan penggunaan sumber daya publik yang efisien dan efektif.

  • Partisipasi

    Keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan, meningkatkan legitimasi dan dukungan publik terhadap pemerintah.

  • Supremasi Hukum

    Ketaatan seluruh warga negara dan penyelenggara negara pada hukum yang berlaku, menciptakan kesetaraan di hadapan hukum dan mencegah kesewenang-wenangan.

Pemahaman tentang Good Governance sangat penting bagi lulusan ilmu pemerintahan karena membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menciptakan dan memelihara pemerintahan yang bersih, efektif, dan bertanggung jawab. Hal ini akan berdampak positif pada pembangunan nasional, kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Etika Pemerintahan

Etika pemerintahan merupakan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang harus dianut oleh penyelenggara negara dalam menjalankan tugasnya. Etika pemerintahan sangat penting dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan karena menjadi landasan bagi mahasiswa untuk memahami dan menganalisis perilaku etis dan tidak etis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Melalui pemahaman tentang etika pemerintahan, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam menilai kebijakan dan tindakan pemerintah.

Etika pemerintahan merupakan komponen kritis dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan karena memberikan kerangka kerja bagi mahasiswa untuk menilai integritas dan akuntabilitas pemerintah. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip seperti transparansi, akuntabilitas, dan konflik kepentingan. Prinsip-prinsip ini penting untuk memastikan bahwa pemerintah beroperasi secara etis dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang tantangan dan dilema etika yang dihadapi oleh pejabat pemerintah, seperti godaan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Pemahaman tentang etika pemerintahan memiliki aplikasi praktis yang luas. Lulusan ilmu pemerintahan dapat menerapkan prinsip-prinsip etika pemerintahan dalam karir mereka di sektor publik, seperti sebagai pegawai negeri sipil, politisi, atau peneliti. Mereka dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk mengidentifikasi dan mengatasi perilaku tidak etis, mempromosikan transparansi dan akuntabilitas, serta membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Dengan demikian, etika pemerintahan sangat penting dalam kuliah jurusan ilmu pemerintahan karena membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin etis di masa depan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

FAQ ini berisi beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mengklarifikasi konsep dasar, prospek karier, dan hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Kuliah Jurusan Psikologi: Prospek dan Karier

Pertanyaan 1: Apa saja mata kuliah yang dipelajari di jurusan ilmu pemerintahan?

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ilmu pemerintahan meliputi teori politik, sejarah pemerintahan, sistem pemerintahan, kebijakan publik, administrasi publik, hukum tata negara, politik internasional, pembangunan daerah, good governance, dan etika pemerintahan.

Pertanyaan 2: Apa saja prospek karier bagi lulusan ilmu pemerintahan?

Lulusan ilmu pemerintahan memiliki prospek karier yang luas, antara lain sebagai pegawai negeri sipil, politisi, peneliti, konsultan kebijakan publik, staf organisasi internasional, dan aktivis organisasi masyarakat sipil.

Pertanyaan 3: Apakah jurusan ilmu pemerintahan cocok untuk saya?

Jurusan ilmu pemerintahan cocok untuk kamu yang tertarik dengan isu-isu sosial-politik, memiliki jiwa kepemimpinan, dan ingin berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui jalur pemerintahan.

Pertanyaan 4: Apa saja universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ilmu pemerintahan?

Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ilmu pemerintahan antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya.

Pertanyaan 5: Apakah ada organisasi kemahasiswaan atau komunitas khusus untuk mahasiswa ilmu pemerintahan?

Di banyak universitas, terdapat organisasi kemahasiswaan khusus untuk mahasiswa ilmu pemerintahan, seperti Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) atau Ikatan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IMAP).

Pertanyaan 6: Apa saja keterampilan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa ilmu pemerintahan?

Keterampilan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa ilmu pemerintahan antara lain keterampilan analitis, berpikir kritis, komunikasi, penulisan, presentasi, dan kerja sama tim.

FAQ ini memberikan gambaran umum mengenai kuliah jurusan ilmu pemerintahan. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke bagian artikel selanjutnya.

Artikel selanjutnya akan membahas lebih mendalam tentang kurikulum, prospek karier, dan perkembangan terkini dalam ilmu pemerintahan.

Tips Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

Bagi mahasiswa ilmu pemerintahan, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan studi dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan:

Tip 1: Kuasai Teori Dasar
Pahami konsep-konsep dasar ilmu pemerintahan, seperti teori politik, sejarah pemerintahan, dan sistem pemerintahan. Ini menjadi landasan untuk memahami isu-isu kontemporer.

Tip 2: Kembangkan Kemampuan Analitis
Latih kemampuan berpikir kritis dan analitis untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis data, dan menarik kesimpulan yang valid.

Tip 3: Perluas Wawasan
Baca buku, artikel, dan berita tentang isu-isu pemerintahan dan politik terkini. Ikuti seminar dan diskusi untuk memperluas perspektif.

Tip 4: Tingkatkan Kemampuan Komunikasi
Asuh kemampuan komunikasi tertulis dan lisan yang baik. Keterampilan ini sangat penting untuk menyampaikan ide, analisis, dan rekomendasi.

Tip 5: Bangun Jaringan
Bergabunglah dengan organisasi kemahasiswaan atau komunitas yang relevan. Bangun koneksi dengan dosen, alumni, dan praktisi untuk memperluas peluang.

Tip 6: Terapkan Pengetahuan Praktis
Carilah kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang didapat dalam studi kasus, simulasi, atau magang. Pengalaman praktis akan mengasah keterampilan dan mempersiapkan Anda untuk dunia kerja.

Tip 7: Kembangkan Integritas
Jaga etika dan integritas dalam berpikir dan bertindak. Prinsip-prinsip good governance akan menjadi kompas dalam karier pemerintahan.

Dengan mengikuti tips ini, mahasiswa ilmu pemerintahan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi pemimpin yang kompeten dan berintegritas di masa depan.

Tips-tips ini juga menjadi dasar bagi pembahasan di bagian selanjutnya, yang akan mengulas prospek karier dan perkembangan terkini dalam ilmu pemerintahan.

Kesimpulan

Kuliah jurusan ilmu pemerintahan menawarkan landasan yang kuat untuk memahami sistem pemerintahan, kebijakan publik, dan permasalahan sosial-politik. Mahasiswa dibekali dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis untuk menganalisis, merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan pemerintahan. Prospek karier lulusan ilmu pemerintahan sangat luas, baik di sektor publik maupun non-profit.

Beberapa poin utama yang dibahas dalam artikel ini adalah:

  • Ilmu pemerintahan memberikan pemahaman komprehensif tentang berbagai aspek pemerintahan, dari teori hingga praktik.
  • Lulusan ilmu pemerintahan memiliki keterampilan analitis, komunikasi, dan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di bidang pemerintahan.
  • Etika dan integritas menjadi faktor penting dalam membangun pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan responsif.

Dalam era globalisasi dan kompleksitas permasalahan dunia, ilmu pemerintahan semakin berperan penting. Lulusan ilmu pemerintahan diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan pemerintahan yang efektif, demokratis, dan melayani masyarakat dengan baik.