Mau Karyanya Dimuat di Media Massa? Ini Tipsnya

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Saya salut dengan STKIP BBG ini akan kebersihan, kekompakan, prestasi, dan lain sebagainya. Tingkatkan ini semua dengan semangat literasi yang luar biasa. Tuangkan kreativitas kalian dalam tulisan. Jika kalian ingin dimuat di Serambi Indonesia, tulislah apa adanya. Tidak perlu gunakan bahasa yang sulit dipahami orang banyak baik fiksi maupun non fiksi,”ujar Azhari Aiyub, Redaktur Tamu Budaya Serambi Indonesia sekaligus Sastrawan Nasional Peraih Penghargaan Free Award 2005 Belanda. Beliau menyampaikan hal tersebut saat menjadi pemateri Seminar Literasi yang diselenggarakan Prodi PBSID STKIP BBG. Kegiatan berlangsung di aula kampus kampus setempat, Kamis (30/11). Azhari menuturkan bahwa kunci utama dalam menulis adalah membaca. Membaca dan terus membaca. Mustahil bisa menulis tanpa membaca. Lalu menulis dan terus menulis.

“Buat komunitas yang jelas dengan jangka waktu tertentu. Bila perlu buat kontrak kerja supaya kelak ketika kalian selesai bisa diteruskan oleh yang lain. Bangunkan semangat literasi melalui teater dengan cara bentuk komunitas lalu bedah naskah bersama dan pentaskan karena literasi tidak hanya berhubungan bahasa tulis namun iklan, pertunjukan teater, dan lain sebagainya merupakan bagian dari literasi ”ujar Fauzan Santa, Pegiat Literasi Aceh sekaligus pemateri kedua.  Beliau menambahkan bahwa kemunduran literasi di Indonesia adalah karena kurangnya minat baca. Indonesia merupakan negara yang masuk daftar peminat baca terendah di dunia. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah maupun ahli literasi tetapi tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik.

Hamdani, ketua penyelenggara sangat berterima kasih kepada pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini, bahkan ada juga orang luar yang ikut membantu menggarap film yakni Jufri Wahab, alumni UIN Ar Raniry. “Kegiatan ini terselenggara atas usaha dari dosen dan mahasiswa PBSID STKIP BBG baik pikiran, tenaga, dan anggaran,”ujarnya.

Teuku Mahmud, M.Pd. Sekretaris Prodi PBSID menyatakan bahwa acara gebyar bahasa merupakan acara rutin setiap tahun. Kami sangat bangga dan senang hati dengan kegiatan ini mahasiswa sudah menerapkan budaya literasi. Selain seminar, juga ada lomba penulisan Cerpen bagi siswa se-Aceh. Semua karyanya  berkualitas sehingga kami sulit menentukan pemenangnya. “Saya mewakili ketua Prodi yang berhalangan hadir karena musibah berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar,”ujarnya.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si menyambut baik kegiatan ini. Sebenarnya kegiatan ini sudah dimulai sejak Oktober karena bulan bahasa memang jatuh pada bulan Oktober. Hal ini dibuktikan dengan pengumpulan naskah lomba yang sudah berlangsung selama sebulan. Sekarang acara puncaknya. “Kami berharap kepada pemateri, tolong libatkan mahasiswa kami jika ada event sastra di luar. Kami melihat banyak talenta yang dimiliki mahasiswa kampus ini. Harapannya kepada mahasiswa, harumkan kampus STKIP BBG di khalayak masyarakat melalui kreativitas kalian,”ujarnya sebelum membuka acara

Selain seminar, acara juga dimeriahkan dengan aneka penampilan seperti stand up komedi, musikalisasi puisi, pembacaan puisi, drama, dan penayangan film pendek perdana garapan mahasiswa PBSID. (yun)

 BBG  NEWS Himapora Cup Resmi Ditutup: Ini Pemenangnya BBG  NEWS Data Orang Tua Asuh Penerima Manfaat Beasiswa STKIP BBG 2017 BBG  NEWS Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula 2017 STKIP BBG BBG  NEWS Tidak Hanya Mahasiswa, Dosen STKIP BBG Juga Berkualitas BBG  NEWS STKIP BBG Kalahkan Unsyiah BBG  NEWS Ketua STKIP BBG Buka Himapora Cup BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Selesaikan Program Beasiswa Amerika BBG  NEWS Jurnal STKIP BBG Semakin Terkenal BBG  NEWS Trailer Film Pendek “Titah Ibu” BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Raih Medali Lagi Pada Kejuaraan Karate di Sumut BBG  NEWS Himapora Cup Resmi Ditutup: Ini Pemenangnya BBG  NEWS Data Orang Tua Asuh Penerima Manfaat Beasiswa STKIP BBG 2017 BBG  NEWS Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula 2017 STKIP BBG BBG  NEWS Tidak Hanya Mahasiswa, Dosen STKIP BBG Juga Berkualitas BBG  NEWS STKIP BBG Kalahkan Unsyiah BBG  NEWS Ketua STKIP BBG Buka Himapora Cup BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Selesaikan Program Beasiswa Amerika BBG  NEWS Jurnal STKIP BBG Semakin Terkenal BBG  NEWS Trailer Film Pendek “Titah Ibu” BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Raih Medali Lagi Pada Kejuaraan Karate di Sumut BBG  NEWS Himapora Cup Resmi Ditutup: Ini Pemenangnya BBG  NEWS Data Orang Tua Asuh Penerima Manfaat Beasiswa STKIP BBG 2017 BBG  NEWS Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula 2017 STKIP BBG BBG  NEWS Tidak Hanya Mahasiswa, Dosen STKIP BBG Juga Berkualitas BBG  NEWS STKIP BBG Kalahkan Unsyiah BBG  NEWS Ketua STKIP BBG Buka Himapora Cup BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Selesaikan Program Beasiswa Amerika BBG  NEWS Jurnal STKIP BBG Semakin Terkenal BBG  NEWS Trailer Film Pendek “Titah Ibu” BBG  NEWS Mahasiswa STKIP BBG Raih Medali Lagi Pada Kejuaraan Karate di Sumut