Kampung Aneh, Sejarah Kampung di Aceh yang Difiksikan

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Ini merupakan karya mahasiswa yang luar biasa. Saya baru tentang sejarah kampung yang diceritakan dalam antologi ini. Ternyata banyak kampung-kampung di Aceh yang layak diangkat dalam karya sastra, Maka menulislah ”ujar Riky Syah R (Penyair Muda Indonesia Pilihan Majelis Sastra Asia Tenggara 2017) saat menjadi pemateri pada acara Bedah Buku Antologi Cerpen Kampung Aneh karya mahasiswa PBSID STKIP BBG angkatan 2015, di aula kampus setempat, Selasa (6/2/2018).

Riky Syah R menambahkan bahwa supaya karya atau buku yang ingin kita publikasikan harus sesuai dengan tata kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena bahasa merupakan bagian dari keterampilan seorang penulis. Selain itu, karya yang diceritakan harus unik supaya dilirik orang. Menurutnya, Ada dua kategori penerbit. Pertama, penerbit menerima naskah buku untuk diterbitkan namun harus dibiayai penulis. Kedua, penerbit menerima naskah buku namun dibiayai oleh penerbit namun harus melewati proses seleksi.

Hendra Kasmi, M.Pd., sang  kurator menyatakan bahwa Buku Antologi Cerpen Kampung Aneh merupakan hasil dari karya mahasiswa PBSID STKIP BBG angkatan 2015 yang mengambil Mata Kuliah Prosa Fiksi. Kebetulan beliau yang mengampu mata kuliah tersebut. Semoga akan banyak lagi produk karya yang dihasilkan dari program mata kuliah.

Suqya Rahmah, seorang penulis dalam antologi tersebut menyatakan bahwa karya yang ia garap diangkat dari realitas sejarah kampungnya. “Senang sekali, tidak menyangka bahwa karya saya dibukukan,”ujarnya. Kegiatan dipandu oleh Riska Sari (mahasiswa PBSID STKIP BBG angkatan 2013).

 

 BBG  NEWS Tujuh Nilai Dasar ESQ yang Harus Dimilki Mahasiswa BBG  NEWS Tim Sepak Bola STKIP BBG Melaju ke Babak Final BBG  NEWS STKIP BBG Wakili PT Wilayah Barat Beri Masukan Penyusunan Instrumen Akreditasi Prodi BBG  NEWS Untuk Palu dan Donggala, Mahasiswa PBI STKIP Galang Dana dan Tampilkan Kreasi BBG  NEWS Capaian Penelitian Dosen STKIP BBG Sudah Sangat Baik BBG  NEWS Majalah BBG News Edisi 11 Tahun 2018 BBG  NEWS Julian, Mahasiswa STKIP BBG Peserta Jambore Pemuda Indonesia BBG  NEWS Kabar Gembira Bagi yang Hobi Menulis Cerpen dan Menggarap Film Pendek BBG  NEWS Insiders STKIP BBG Rekrut Anggota Baru BBG  NEWS Azab Orang Yang Meninggalkan Salat BBG  NEWS Tujuh Nilai Dasar ESQ yang Harus Dimilki Mahasiswa BBG  NEWS Tim Sepak Bola STKIP BBG Melaju ke Babak Final BBG  NEWS STKIP BBG Wakili PT Wilayah Barat Beri Masukan Penyusunan Instrumen Akreditasi Prodi BBG  NEWS Untuk Palu dan Donggala, Mahasiswa PBI STKIP Galang Dana dan Tampilkan Kreasi BBG  NEWS Capaian Penelitian Dosen STKIP BBG Sudah Sangat Baik BBG  NEWS Majalah BBG News Edisi 11 Tahun 2018 BBG  NEWS Julian, Mahasiswa STKIP BBG Peserta Jambore Pemuda Indonesia BBG  NEWS Kabar Gembira Bagi yang Hobi Menulis Cerpen dan Menggarap Film Pendek BBG  NEWS Insiders STKIP BBG Rekrut Anggota Baru BBG  NEWS Azab Orang Yang Meninggalkan Salat BBG  NEWS Tujuh Nilai Dasar ESQ yang Harus Dimilki Mahasiswa BBG  NEWS Tim Sepak Bola STKIP BBG Melaju ke Babak Final BBG  NEWS STKIP BBG Wakili PT Wilayah Barat Beri Masukan Penyusunan Instrumen Akreditasi Prodi BBG  NEWS Untuk Palu dan Donggala, Mahasiswa PBI STKIP Galang Dana dan Tampilkan Kreasi BBG  NEWS Capaian Penelitian Dosen STKIP BBG Sudah Sangat Baik BBG  NEWS Majalah BBG News Edisi 11 Tahun 2018 BBG  NEWS Julian, Mahasiswa STKIP BBG Peserta Jambore Pemuda Indonesia BBG  NEWS Kabar Gembira Bagi yang Hobi Menulis Cerpen dan Menggarap Film Pendek BBG  NEWS Insiders STKIP BBG Rekrut Anggota Baru BBG  NEWS Azab Orang Yang Meninggalkan Salat